NEWBORN
26 Agustus 2018

Kenalkan Bayi pada 3 Makanan Tinggi Serat ini Di Awal MPASI

Kenalkan makanan tinggi serat sejak dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Moms berencana memberikan makanan padat pertama pada Si Kecil dalam waktu dekat ini? Cobalah masukkan makanan tinggi serat dalam menu MPASI (makanan pendamping ASI) anak.

Dikutip dari Momjunction.com, makanan tinggi serat sangat baik diberikan kepada Si Kecil sejak dini. Makanan tinggi serat akan membantu sistem pencernaan Si Kecil tetap sehat.

Masalah konstipasi yang kerap dialami Si Kecil di masa awal MPASI pun bisa terselesaikan dengan makanan tinggi serat.

Kebanyakan makanan tinggi serat sudah bisa dikenalkan kepada Si Kecil sejak awal MPASI. Cari tahu yuk Moms apa saja makanan tinggi serat yang baik untuk Si Kecil!

Baca Juga : 3 Jenis MPASI Ini Paling Ideal Untuk Bayi

Buah-buahan

shutterstock 186853664

Buah-buahan adalah sumber serat yang baik dan aman untuk MPASI awal Si Kecil. Pada awal MPASI, kenalkan buah satu per satu.

Berikan Si Kecil kesempatan untuk merasakan cita rasa setiap buah. Setelah Si Kecil cukup terbiasa, Moms bisa mulai mencampur beberapa buah.

Apel dan pisang adalah sumber serat yang baik dan cukup digemari Si Kecil. Aprikot, prune, plum, persik, dan pir juga punya kandungan serat yang tinggi.

Cita rasa yang berbeda-beda ini bisa mempertajam indera pengecap Si Kecil.

Sayuran

shutterstock 243682498

Moms bisa segera mengenalkan sayuran pada Si Kecil di awal MPASI. Beberapa sayuran, seperti bayam, brokoli, dan kacang-kacangan sangat kaya akan serat.

Di awal MPASI, Si Kecil mungkin akan lebih menyukai buah yang bercita rasa manis ketimbang sayuran yang kurang enak. Jika hal itu terjadi, Moms bisa mencampurkan sayuran dan buah favorit Si Kecil.

Berikan Si Kecil sayur dalam bentuk puree di awal MPASI. Setelah gigi Si Kecil tumbuh, Moms juga bisa mengenalkan sayuran dalam bentuk potongan kecil yang telah ditumis atau dikukus. Untuk beberapa sayuran, Moms juga bisa mengenalkannya dalam bentuk mentah.

Baca Juga : Trik Menyiapkan Homemade MPASI Sehat

Biji-Bijian

shutterstock 426361852

Beras jadi jenis biji-bijian pertama yang umumnya dikenalkan di awal MPASI. Kendati seratnya terbilang rendah, beras bisa jadi pintu masuk untuk jenis biji-bijian lainnya.

Setelah Si Kecil menyukai beras, Moms bisa sedikit demi sedikit menggantinya dengan oats, barley, dan gandum untuk meningkatkan asupan seratnya.

Saat Si Kecil sudah tumbuh gigi, Moms bisa memberikannya crackers, pasta, roti, atau pancake sebagai kudapan.

Itulah tiga jenis makanan tinggi serat yang bisa Moms kenalkan pada Si Kecil sejak awal MPASI. Selamat mencoba!

(AND)

Artikel Terkait