BAYI
21 Februari 2020

Kenapa Bayi Belum Tumbuh Gigi di Usia 1 Tahun?

Gizi buruk bisa menjadi penyebab bayi belum tumbuh gigi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pada umumnya, gigi pertama bayi akan tumbuh di usia yang berbeda-beda pada setiap bayi. Dalam kasus yang jarang terjadi, bayi sudah memiliki gigi pertama bahkan sejak mereka baru dilahirkan.

Namun ada pula bayi yang masih belum memiliki gigi setidaknya sampai mereka berusia 1 tahun. Apa yang menyebabkan bayi belum tumbuh gigi sampai usia tertentu? Apakah itu sesuatu yang normal?

Alasan Mengapa Bayi Belum Tumbuh Gigi

Gigi Pertama Bayi Tumbuh Pada Usia Sekitar 6 Bulan

Kenapa Bayi Belum Juga Tumbuh Gigi 1

Foto: popsugar.com

“Kebanyakan bayi umumnya mendapatkan gigi pertamanya saat berusia sekitar 6 bulan,” kata David Geller, dokter anak di Bedford, Massachusetts, seperti dikutip dari Baby Center.

Namun, ada pula bayi yang gigi pertamanya sudah tumbuh saat berusia 4 bulan (early teething) dan beberapa bayi belum tumbuh gigi sampai mereka berusia 17 bulan (late teething).

“Jika gigi pertama bayi tumbuh di kisaran usia itu, maka itu masih normal,” kata Gellner. Tetapi, Gellner menyarankan agar Moms segera menghubungi dokter jika gigi pertama Si Kecil masih belum juga tumbuh saat ia berusia 18 bulan.

Dokter mungkin akan melakukan tes darah untuk mendiagnosis masalah medis tertentu dan Si Kecil mungkin akan dirujuk ke dokter gigi anak.

Baca Juga: Perhatikan 5 Tanda Bayi yang Mau Tumbuh Gigi

Penyebab Non Medis Bayi Terlambat Tumbuh Gigi

Kenapa Bayi Belum Juga Tumbuh Gigi 2

Foto: thebumpwa.org.au

Dalam situs Livestrong disebutkan bahwa ada beberapa penyebab non-medis yang membuat bayi belum tumbuh gigi hingga usia tertentu, yaitu:

1. Faktor Keturunan

Terlambat tumbuh gigi juga seringkali terjadi secara turun temurun. Kondisi ini dapat diwarisi dari kedua sisi keluarga.

Oleh karena itu, penting untuk Moms memeriksa ada atau tidaknya kecenderungan genetik yang berkaitan dengan terlambat tumbuh gigi, baik dari pihak Moms ataupun Dads.

Baca Juga: Bagaimana Pertumbuhan Gigi Pada Bayi?

2. Nutrisi Yang Buruk

Dalam hal ini, terlambat tumbuh gigi hanya akan menjadi salah satu dari sekian banyak gejala kekurangan gizi pada bayi. Ketika bayi belum tumbuh gigi karena gizi buruk tubuhnya bahkan cenderung lebih lemah, lebih kecil dan lebih kurus.

Mengapa kekurangan gizi bisa terjadi pada bayi? Salah satu faktor penyebabnya adalah karena pemberian ASI yang tidak memadai dan suplementasi yang rendah dari susu formula bayi.

Bayi membutuhkan vitamin A, C, dan D serta kalsium dan fosfor. Kekurangan vitamin atau mineral, terutama vitamin D dan kalsium, dapat menyebabkan terlambat tumbuh gigi pada bayi.

Baca Juga: Kenali Proses Pertumbuhan Gigi Bayi

Bayi Belum Tumbuh Gigi Karena Kondisi Medis Tertentu

Kenapa Bayi Belum Juga Tumbuh Gigi 3

Foto: metroparent.com

Penyakit tertentu juga dapat menyebabkan bayi belum tumbuh gigi sampai usia tertentu.

Bahkan bentuk dan warna gigi yang tumbuh juga bisa terpengaruh. Adapaun beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan gigi bayi terlambat tumbuh antara lain:

  1. Sindrom Apert
  2. Disostosisleidocranial
  3. Down syndrome
  4. Displasia eksodermal
  5. Ellis-van Creveld syndrome
  6. Hypothyroidisme
  7. Hipoparatiroidisme
  8. Incontinentia pigmenti achromians
  9. Progeria

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Bayi Tumbuh Gigi

Mengingat ada banyak faktor yang menyebabkan bayi belum tumbuh gigi. Sangat disarankan agar Moms segera membawa Si Kecil ketika gigi pertamanya belum juga tumbuh saat berusia 1 tahun.

'Apalagi para dokter di seluruh dunia menyarankan agar pemeriksaan gigi pertama bayi dilakukan sebelum ulang tahun pertamanya, baik gigi pertamanya sudah tumbuh ataupun belum.

Jadi, apakah Moms sudah pernah mengajak Si Kecil ke dokter gigi?

Artikel Terkait