PASCA MELAHIRKAN
20 Januari 2020

Kenapa Sering Ngompol Setelah Melahirkan?

Ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah, lho!
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Persalinan adalah proses yang menakjubkan bagi setiap Moms yang menjalaninya. Kebahagiaan atas kelahiran sang buah hati membuat segala perjuangan rasanya terbayarkan.

Namun, ada satu hal yang mungkin terjadi pada Moms setelah melahirkan yaitu mengompol.

Inkontinensia urine adalah kondisi yang sebabkan Moms dapat ngompol setelah melahirkan.

Menurut studi yang diterbitkan dalam Obstetrics & Gynecology, wanita yang melahirkan melalui persalinan normal cenderung mengalami inkontinensia urine dibandingkan wanita yang melahirkan melalui operasi caesar.

Banyak penyebab yang mendasarinya, dan terkadang kondisi ini tidak bisa dihindari. Apa saja? Ini ulasannya.

Penyebab Ngompol Setelah Melahirkan

Penyebab Sering Ngompol Usai Melahirkan-2.jpg

Foto: thehealthsite

Moms, kandung kemih layaknya seperti balon, dengan tombol di ujungnya yang disebut uretra. Normalnya, kandung kemih akan rileks untuk menampung urine saat diisi.

Semakin penuh kandung kemih, semakin banyak otot di sekitar uretra yang menekan untuk menahan urine.

“Saat wanita menjalani proses persalinan, ligamen dan otot yang mendukung kandung kemih dan uretra ini menjadi diregangkan. Selain itu, ada perubahan pada beberapa enzim dan hormon yang membuat ligamen menjadi melemah. Akibatnya, urine mungkin saja keluar, terutama ketika Moms sedang batuk, tertawa, berolahraga, bersin atau ketika mengangkat sesuatu,” ujar Dr. Margaret Roberts, direktur laboratorium neurofisiologi dari Chicago.

Sayangnya, menurut studi yang diterbitkan oleh US Department of Health & Human Services, hanya 25 persen wanita dengan inkontinensia urine yang mencari pertolongan.

Baca Juga: Kencing Berdarah Saat Hamil, Bahaya atau Tidak?

Ketika mengalami kondisi ini, kebanyakan wanita cenderung menjadi tidak nyaman dan percaya diri. Kebanyakan hanya menggunakan bantalan agar tidak bocor. Padahal kondisi ini harus segera diatasi agar kualitas hidup tetap berjalan dengan baik.

“Sebenarnya lebih baik tidak menggunakan bantalan khusus, melainkan harus segera ditangani baik dengan solusi bedah dan non-bedah. Tujuannya, untuk menghindari kondisi yang semakin parah. Hal ini benar-benar harus dipahami dengan baik serta tidak ada salahnya mencari pertolongan medis,” ungkap Dr. Emily Lukacz, dokter kandungan dari San Diego.

Mencegah Ngompol Setelah Melahirkan

Moms, perlu diketahui bahwa wanita yang hamil di atas 35 tahun atau obesitas memiliki risiko besar untuk mengalami inkontinensia urine dibandingkan yang tidak. Lalu, adakah cara untuk mencegahnya? Berikut beberapa hal yang bisa Moms ikuti, yaitu:

1. Lakukan Senam Kegel

Penyebab Sering Ngompol Usai Melahirkan-3.jpg

Foto: sharp

Pernahkah mendengar tentang senam kegel? Olahraga satu ini dikenal ampuh untuk mencegah terjadinya inkontinensia urine.

Alasannya, rutin melakukan senam kegel mampu meningkatkan kekuatan dan elastisitas otot-otot dasar panggul.

Cara yang bisa dilakukan adalah mengencangkan otot-otot di sekitar vagina dan uretra seolah-olah mencegah bocornya urine.

Letakkan satu tangan di perut bagian bawah dan pastikan Moms tidak mendorong atau mengencangkan otot perut.

“Lakukan senam kegel di mana saja dan kapan saja, asalkan dengan gerakan yang tepat. Senam kegel juga bahkan dapat membantu meminimalkan stres menjelang persalinan,” ujar Missy Lavender, pendiri dari Women’s Health Foundation.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

2. Batasi Pengonsumsian Kafein

Penyebab Sering Ngompol Usai Melahirkan-4.jpg

Foto: melur

Berbagai minuman dan makanan berkafein, seperti kopi, teh, minuman berkarbonasi, dan makanan pedas harus dibatasi.

Alasannya, kafein bersifat diuretik yang mampu mengiritasi kandung kemih dan membuatnya lebih mudah berkontraksi.

3. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Penyebab Sering Ngompol Usai Melahirkan-5.jpg

Foto: clinicaltools

Kelebihan berat badan memberikan tekanan konstan pada otot-otot dasar panggul. Sebelum merencanakan kehamilan, tidak ada salahnya untuk mencapai berat badan normal terlebih dulu. Hal ini untuk mencegah terjadinya obesitas.

Gaya hidup yang sehat, rutin berolahraga, dan pola makan yang tepat adalah cara terbaik untuk mencapai berat badan proporsional.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Itulah hal yang perlu diketahui tentang penyebab ngompol setelah melahirkan dan pencegahannya. Selalu jaga kesehatan tubuh Moms agar dapat merawat buah hati dengan maksimal, ya!

Artikel Terkait