TRIMESTER 1
5 September 2019

Telinga Berdenging Saat Hamil, Kenapa Bisa Terjadi?

Telinga berdenging akan makin parah ketika Moms menjadi stres karena hal tersebut
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Selama Moms menjalani kehamilan, berbagai keluhan datang dan pergi. Mulai dari keluhan standar seperti mual dan muntah, hingga keluhan ekstrim seperti nyeri punggung.

Beberapa masalah atau salah satunya yaitu telinga berdenging (tinnitus), bisa dibilang jauh lebih menjengkelkan daripada yang lain.

Telinga berdenging saat hamil sering dianggap menjadi satu hal yang paling membuat frustasi.

Masalah telinga ini tidak jarang mengganggu konsentrasi saat mengobrol, membaca buku atau melakukan aktivitas lain.

David M. Kaylie, MD, MS, Dokter THT, Duke Otolaryngology South Durham, menjelaskan bahwa pada umumnya suara yang didengar oleh penderita yang mengalami telinga berdenging adalah bunyi dengung, dering, menderu, bersiul, atau mendesis dan sering dikaitkan dengan gangguan pendengaran. Beberapa orang mendengar suara yang lebih kompleks yang mungkin berbeda di setiap waktu.

"Suara-suara ini lebih dirasakan pada lingkungan yang tenang dan ketika orang tidak memikirkan atau berkonsentrasi pada hal lain. Dengan demikian, telinga berdenging cenderung paling mengganggu orang ketika mereka mencoba untuk tidur," katanya.

British Tinnitus Association juga menjelaskan bahwa telinga berdenging saat hamil cukup umum terjadi.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Otolaryngology menemukan bahwa hingga 25% orang yang hamil akan mengalami telinga berdenging pada suatu saat dalam kehamilan mereka.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil Yang Tidak Banyak Diketahui

Meskipun demikian, telinga berdenging selama kehamilan jelas merupakan rasa sakit yang harus dilalui. Mengapa dan bagaimana ini terjadi, serta apa yang dapat Moms lakukan untuk menghilangkannya? Berikut ini adalah beberapa fakta telinga berdenging saat hamil!

Terjadi Pada Wanita Hamil Trisemester Pertama

Arti di Balik Mimpi Hamil dan Pertandanya Bagi Kehidupan Anda

Masalah telinga berdenging muncul ketika bagian telinga, yang mengirimkan sinyal ke otak mengalami kerusakan.

Ini dapat mengakibatkan kondisi di mana otak tidak dapat mendengar suara dan dengan demikian, menghasilkan suara sendiri.

Suara-suara ini mungkin jatuh di telinga sebagai suara denging dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang ekstrim.

Dikutip dari parenting.firstcry.com, telinga berdenging secara umum dirasakan oleh populasi yang lebih tua atau orang-orang berusia 50 tahun atau lebih. Telinga berdenging lebih sering terjadi pada pria, daripada pada wanita.

Namun selama hamil, Moms juga mungkin mengalami telinga berdengung dan itu adalah fenomena yang sangat umum. Karena itu, jika Moms mendengar suara denging aneh maka itu bukan halusinasi.

Namun, Moms mungkin menderita tinnitus atau telinga berdenging. Telinga berdenging saat hamil biasa terjadi pada trimester pertama dan itu bisa bertahan hingga masa akhir kehamilan.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Telinga Berdenging yang Mengganggu

Penyebab Telinga Berdenging Saat Hamil

Telinga Berdenging

Banyak hal yang menyebabkan telinga berdenging saat hamil. Jika Moms menderita sinusitis selama kehamilan, ini dapat meningkatkan kemungkinan telinga berdenging.

Biasanya, jika telinga berdenging terjadi pada kehamilan sebelumnya, maka ada kemungkinan besar Moms akan menderita hal serupa pada kehamilan berikutnya.

Selain itu, kekurangan zat besi, stres, tekanan darah tinggi, dan peningkatan produksi progesteron selama kehamilan juga bisa menyebabkan telinga berdenging.

Bahkan, beberapa obat yang digunakan untuk depresi selama kehamilan juga dapat meningkatkan peluang Moms menderita denging telinga.

Dapat Sembuh Sendiri

telinga berdenging.jpg

Moms tidak perlu khawatir, karena telinga berdenging saat hamil bisa sembuh sendiri. Moms dapat pulih dari penyakit ini setelah melahirkan atau beberapa hari setelahnya. Telinga berdenging hanya masalah waktu.

Akan tetapi dalam banyak kasus, penyakit ini akan hilang. Jika tidak, Moms harus mencari bantuan medis untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Baca Juga: 8 Mitos Seputar Kista Ovarium yang Perlu Moms Ketahui

Pencegahan dan Meminimalisir Pemicu Bisa Dilakukan

Kelebihan Kafein Bisa Sebabkan Kuping Berdengung - kafein dan telinga berdengung.jpg

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan telinga berdenging saat hamil. Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi gejala telinga berdenging selama kehamilan:

1. Kelola Tingkat Stres

Moms mungkin berjuang dengan berbagai masalah selama kehamilan. Mulai dari kelelahan, sulit tidur, gelisah dan masalah-masalah lainnya, yang dapat menyebabkan stres dan kecemasan selama kehamilan.

Selain menciptakan komplikasi lain, stres juga dapat menyebabkan telinga berdenging. Karena itu, sangat penting untuk mengelola tingkat stres selama kehamilan.

2. Menjauhi Suara Bertekanan Tinggi

Suara keras atau bertekanan tinggi secara berkelanjutan, dapat memperburuk gejala telinga berdenging dan dapat menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan.

Cobalah hindari semua jenis suara bertekanan tinggi selama kehamilan.

3. Berolahraga

Pentingnya berolahraga selama hamil tidak diragukan lagi apapun kondisinya.

Ketika Moms berolahraga, itu memiliki efek positif pada tubuh dan pikiran. Sirkulasi darah yang meningkat juga membantu mengatasi gejala telinga berdenging.

Baca Juga: Telinga Berdenging, Waspada 6 Penyakit Ini!

4. Jaga Pola Makanan

Makanlah makanan yang sehat dan seimbang selama kehamilan agar merasa bugar dan berenergi.

Juga, batasi asupan garam yang mungkin menjadi pemicu tekanan darah tinggi dan dapat meningkatkan kemungkinan telinga berdenging yang Moms rasakan.

5. Musik Terapi

Moms dapat menggunakan beberapa musik santai untuk meredamkan suara latar yang mungkin didengar. Ini sangat efektif dalam membantu Moms tidur di malam hari.

6. Menjauh dari Makanan Pemicu

Beberapa pilihan makanan seperti minuman berkafein dan makanan dengan MSG, dapat lebih meningkatkan gejala telinga berdenging. Untuk meminimalisir efeknya, menjauhlah dari semua pemicu ini.

7. Gunakan Bahan Alami

Moms dapat menggunakan berbagai pengobatan atau bahan alami rumahan untuk mengendalikan atau mengurangi gejala telinga berdenging.

Jahe, bawang merah, dan cuka sari apel adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum memilih tindakan pengobatan dari rumah.

(RIE/ERW)

Artikel Terkait