JALAN-JALAN
26 Maret 2020

Kental Nuansa Tionghoa, Ini 5 Kawasan Pecinan di Indonesia

Bisa menikmati kuliner lezat juga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pernahkan Moms mendengar tentang Pecinan? Pecinan atau Kampung Cina merupakan sebuah wilayah yang mayoritas masyarakat yang menempatinya merupakan masyarakat Tionghoa. Biasa kawasan pecinan di suatu daerah ini dikenal juga dengan sebutan Chinatown.

Di Indonesia sendiri ada beberapa kawasan Pecinan yang terkenal bahkan dijadikan sebagai tempat wisata karena daya tarik dan keunikannya.

Baca Juga: Ini 5 Tempat Seru untuk Menyaksikan Perayaan Imlek di Jabodetabek

Nah, menjelang Imlek, mungkin Moms dan keluarga ingin berwisata ke salah satu kawasan Pecinan di Indonesia. Jika iya, yuk langsung lihat rekomendasi tempatnya di bawah ini, Moms.

1. Kota Lama Jakarta

kawasan pecinan

Foto: liburanpedia.com

Ibukota sendiri juga memiliki kawasan Pecinan yang bisa dikunjungi. Bahkan kawasan Pecinan ini dinilai cukup besar dan luas. Letaknya di kawasan Jl Panciran Raya , Jl Asemka hingga Glodok.

Saat berkunjung ke sini, kita akan disambut oleh bangunan-bangunan dan ornamen khas Tionghoa. Tidak hanya itu, mereka juga menjual berbagai kuliner khas China yang lezat dan nikmat.

Di sini kita bisa menikmati suasana khas Tiongkok yang kental sembari menikmati berbagai kudapan enaknya.

2. Chinatown Bandung

kawasan pecinan

Foto: traveloka.com

Bukan hanya Jakarta saja, Bandung juga memiliki kawasan Pecinan yang dikenal dengan nama Chinatown Bandung. Kawasan Pecinan di Bandung ini memang baru dibuka pada 4 Agustus 2017, sebagai salah satu tempat wisata di Bandung.

Sebelumnya Chinatown Bandung ini merupakan kampung biasa yang dihuni oleh warga Tionghoa. Namun disulap menjadi sebuah tempat wisata yang menarik. Konsepnya tentu nuansa kawasan Pecinan zaman dulu, termasuk tempat makan dan segala ornamennya.

Baca Juga: 4 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Taman Kota Bandung

3. Kota Lama Semarang

kawasan pecinan

Foto: travelingyuk.com

Tidak hanya Jakarta saja yang memiliki kawasan Pecinan, Jawa Tengah, tepatnya di kota Semarang juga memiliki kawasan Pecinan lho.

Jika tinggal di kota Semarang, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi kawasan Pecinan di Kota Lama Semarang. Bagi pencinta kuliner, di tempat ini ada sebuah pasar yang menyediakan street food terbaik di Indonesia.

Pecinan Kota Lama Semarang terbentang dari jalan Benteng, Gajah Mada, MT Haryono, Jagalan dan kawasan di dekat Simpang Lima Semarang. Jangan lupa berkunjung ya!

4. Pecinan Tanjung Pinang

kawasan pecinan

Foto: thecolourofindonesia.com

Jangan sedih, Riau juga memiliki satu kawasan Pecinan yang bisa dikunjungi bernama Pecinan Tanjung Pinang. Bahkan kawasan Pecinan di Riau ini cukup besar di Sumatera lho.

Di sini, ada sebuah klenteng bernama Vihara Bahtera yang memiliki ornamen Naga yang sangat unik. Di dalam klenteng ini ada patung Dewi Kwan Im yang sudah dibangun sejak 1857.

Baca Juga: 5 Tips Saat Anak Pergi Karyawisata Tanpa Ditemani Orangtua Agar Mandiri

Sama dengan kawasan Pecinan lainnya, di kawasan ini, aneka kuliner Tionghoa dijajakan dengan harga yang cukup terjangkau. Saat malam hari bahkan kita bisa jalan-jalan ke tempat ini untuk sekedar jajan di malam hari atau ngobrol-ngobrol saja.

5. Pecinan Kya Kya Surabaya

kawasan pecinan

Foto: vice.com

Kini kita beralih ke Jawa Timur. Di sini kawasan Pecinan yang terkenal adalah Pecinan Kya Kya di Surabaya. Kawasan Kya Kya merupakan pasar yang menjual banyak sekali kuliner khas Tionghoa yang masih asli dan diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya, menarik ya.

Jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk memanjakan lidah kita dengan menikmati aneka makanan khas Tionghoa yang lezat.

Itu dia beberapa kawasan Pecinan di Indonesia yang bisa dikunjungi. Mulai dari Jakarta hingga Surabaya. Jangan lupa mampir ya.

Artikel Terkait