KESEHATAN
23 September 2019

Kepala Botak Baik untuk Kesehatan, Ini 4 Alasannya

Setidaknya ada 4 alasan mengapa botak baik untuk kesehatan.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Rambut sering dianalogikan sebagai makhota. Ini dikarenakan bahwa rambut merupakan salah satu bagian yang selalu diperhatikan dan bisa menunjang penampilan.

Tak hanya untuk perempuan saja, bagi para pria kini pun memperhatikan rambutnya. Bahkan, tak jarang juga mereka melakukan perawatan rambut layaknya wanita.

Namun, bagi sebagian ada pula yang telah mengalami kebotakan dan ini bisa mengikis kepercayaan diri. Sehingga, banyak yang mencoba menumbuhkan rambut kembali dengan mengonsumsi obat-obatan, mengoleskan minyak ke kepala, atau menggunakan cara lainnya.

Ternyata, botak baik untuk kesehatan lo! Ini alasan mengapa kepala botak sehat untuk tubuh.

1. Risiko Kanker Prostat Lebih Rendah

1 - 4 Alasan Mengapa Kepala Botak Baik untuk Kesehatan.jpg

Foto: thehealthy.com

Sebuah studi 2010 oleh Fakultas Kedokteran Universitas Washington menemukan bahwa pria yang menjadi botak pada usia 30 tahun lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat.

Pria botak memiliki peluang 45% lebih kecil terkena kanker prostat dibandingkan pria berambut.

Baca Juga: Arswendo Atmowiloto Menderita Kanker Prostat, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

2. Tubuh Lebih Bugar

2 - 4 Alasan Mengapa Kepala Botak Baik untuk Kesehatan.jpg

Foto: thehealthy.com

Meskipun ada efek negatif pada kulit kepala, kadar testosteron yang tinggi dalam tubuh pria memiliki pengaruh positif, yaitu meningkatkan proses metabolisme.

Sehingga, ini membantu tubuh menjadi lebih bugar, mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal, dan mengembangkan otot-otot tubuh.

3. Meningkatkan Gairah Seksual

3 - 4 Alasan Mengapa Kepala Botak Baik untuk Kesehatan.jpg

Foto: rd.com

Bagi pria botak, ini menjadi hal yang menguntungkan untuk masalah di ranjang. Ya, kepala botak membuat wanita jauh lebih bersemangat.

Kontak antar kulit meningkatkan gairah seksual pada wanita. Ini akan membuat tubuh untuk melepaskan hormon oksitosin atau yang dikenal sebagai "hormon pelukan".

Oksitosin peka terhadap area-area tubuh yang sensitif, membuat seorang wanita bersemangat untuk terlibat dalam pemanasan sebelum melakukan penetrasi.

Baca Juga: Menurut Ahli, Make Up Sex atau Seks Setelah Bertengkar Justru Lebih Menggairahkan

4. Menambah Rasa Percaya Diri

4 - 4 Alasan Mengapa Kepala Botak Baik untuk Kesehatan.jpg

Foto: rd.com

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania menyebutkan bahwa orang cenderung menganggap pria botak lebih dominan, lebih kuat, dan lebih tinggi daripada mereka yang berambut. Hal ini bisa menambah rasa percaya diri kita.

Ya, para peserta penelitian menilai foto-foto pria dengan rambut dan pria dengan kepala yang dicukur sesuai dengan tingkat dominasi dan kesesuaian dan pria botak menduduki tingkat pertama.

Hasil ini menunjukkan bahwa budaya kita (penelitian di Amerika Serikat) cenderung memandang kebotakan sebagai tanda kedewasaan dan kepemimpinan pada pria, sama seperti menjadi tinggi atau memiliki suara yang dalam.

Bagaimana nih Moms? Lebih senang dengan pria botak atau pria berambut?

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng, Ini 7 Hal yang Jadi Penyebab Kebotakan

(SA)

Artikel Terkait