KEHAMILAN
9 September 2019

Keputihan Bisa Jadi Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat

Dari sekian banyak tanda menjelang persalinan, keputihan adalah salah satunya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Saat ibu hamil memasuki trimester ketiga, rata-rata mulai mencari berbagai tanda-tanda akan melahirkan. Semua itu disertai dengan rasa takut dan cemas berlebihan. Ini tak jarang membuat ibu hamil stres dan akhirnya jatuh sakit karena kurang istirahat. Maklum, stres sering membuat orang susah tidur.

Saat menjelang kehamilan, tanda seperti keputihan juga ikut diperhatikan. Jika keputihan bisa menjadi tanda kehamilan di awal kehamilan, maka keputihan di akhir kehamilan bisa jadi memang akan tiba waktunya melahirkan.

Pertanyaanya, bagaimana keputihan bisa jadi tanda persalinan sudah dekat? Sila perhatikan tanda-tandanya!

Baca juga: Jangan Garuk Saat Keputihan Gatal!

Keputihan yang Sangat Kental dan Kimerahan

keputihan saat hamil tua 02.jpg

Keputihan menjelang persalinan biasanya memiliki tekstur yang lebih kental atau semi padat. Cairan pun tak berwarna putih, melainkan keruh kemerahan. Terkadang cairan keputihan bahkan berwarna coklat atau merah muda.

“Ini adalah tanda ketika lendir yang selama ini berada di bagian leher rahim membuka. Ketika leher rahim semakin longgar maka lendir ini akan keluar. Inilah tanda-tanda awal Anda akan segera menjalani persalinan,” ungkap Nicole Scott, MD, seorang obgin di Indiana University.

Keputihan dan Bayi Terasa di Bagian Bawah

Saat Anda siap melakukan persalinan , normalnya bayi Anda akan terlihat lebih di bawah. Posisi ini ditandai dengan ciri ciri janin sudah masuk panggul.

Keputihan dengan tanda ini memang sangat normal. Bayi Anda sedang berusaha untuk berubah posisi agar kepala dibagian bawah dan kaki diatas. Jika posisi ini bertahan terus maka ibu bisa memilih persalinan normal tanpa masalah.

Pembukaan Leher Rahim

Sebelum mengalami pembukaan saat melahirkan, Anda akan mengalami penipisan lapisan leher rahim. Kondisi ini terjadi selama beberapa minggu yang diawali dengan keputihan kenyal namun belum disertai darah.

Jika Anda pergi ke rumah sakit maka dokter bisa memeriksa apakah leher rahim sudah melonggar sehingga siap untuk melahirkan normal. Ini tanda yang sangat awal, namun biasanya belum disertai dengan kontraksi.

Baca Juga: Apa Arti Perbedaan Warna Keputihan Pada Kehamilan?

Keputihan Plus Mual dan Diare

Saat Anda mengalami keputihan kental dan kemerahan sebagai tanda persalinan, biasanya juga akan mengalami diare dan mual. Ini kondisi normal, sebenarnya tubuh sedang memproduksi hormon yang bisa membuat Anda melahirkan normal. Hormon ini akan merangsang gerakan usus yang lebih cepat sehingga membuat Anda ingin buang air besar.

Keputihan Plus Lelah

Manfaat Pijat Perineum untuk Ibu Hamil 04.jpg

Saat Anda keputihan normal, punggung akan terasa kurang nyaman. Namun, saat Anda mengalami keputihan menjelang melahirkan, akan terasa sangat lelah. Kondisi ini yang akan membuat Anda lebih sering tidur siang dan pada saat malam harinya tidak bisa tidur dengan baik.

Keputihan Plus Kram Perut

Kram perut ini dianggap hal wajar menjelang persalinan. Akan ada tekanan pada bagian perut bawah dan area panggul. Bahkan, sakit pada area sekitar dubur.

Ketika Anda sedang tidur atau istirahat sambil meluruskan kaki maka rasa sakit bisa menjalar ke paha dan bagian punggung bawah. Intinya selama proses ini bagian otot dan sendi sedang berupaya menyambut persalinan Anda.

Baca Juga: Ini Dia, Beda Keputihan Normal dan Tidak Normal

(RYO/DIN)

Artikel Terkait