KESEHATAN
10 Juli 2019

Kerjasama Prodia & Abbott untuk Hasil Laboratorium yang Cepat dan Akurat

Semakin canggih, tidak ada alasan untuk menunda
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat ini, semakin banyak masyarakat usia dewasa yang menyadari betapa pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin, dan peningkatan jumlah masyarakat dewasa yang melakukan pemeriksaan kesehatan selama beberapa tahun terakhir ini telah tercatat dengan baik.

Hal ini disebabkan tes diagnostik telah memainkan peran penting dalam berbagai aspek kesehatan dan memandu kurang lebih 70% dari keputusan-keputusan klinis yang penting. Menurut American Association for Clinical Chemistry (AACC), penyakit berisiko tinggi membutuhkan laboratorium dengan fasilitas keselamatan dan keamanan tingkat tinggi.

Maka dari itu, saat ini sudah semakin banyak institusi kesehatan yang menyadari bahwa kesiapan laboratorium merupakan hal penentu diagnosis dan bukan hanya sebagai pendukung diagnosis saja.

Baca Juga: Apa Itu Preimplantation Genetic Diagnosis (PGD)?

Penggunaan Total Laboratory Automation (TLA)

Foto 4.jpeg

Salah satu faktor kesuksesan dalam mencegah penyebaran suatu penyakit adalah dengan mendapatkan diagnosis medical check up dengan cepat, tepat, dan akurat. Sehingga tindakan selanjutnya dapat diambil baik itu ditujukan untuk pencegahan maupun pengobatan.

Maka dari itu, Moms diharuskan memilih laboratorium klinik yang tepat dengan fasilitas lengkap, pelayanan berkualitas, teknologi mutakhir, dan kepatuhan terhadap peraturan serta terakreditasi.

Kemitraan antara Abbott dan Prodia menghadirkan sistem automasi laboratorium yang dapat membantu dokter dalam memberikan diagnosis yang akurat. Kemitraan keduanya berupa penggunaan Total Laboratory Automation (TLA) di laboratorium untuk memproses tes diagnostik medical check up yang dapat membantu memberikan kepastian pada pasien bahwa mereka akan menerima hasil yang akurat dan tepat waktu terkait dengan kondisi kesehatan mereka.

Baca Juga: Jangan Andalkan Internet, Ini Bahaya Mendiagnosis Kesehatan Mental Sendiri

Apa Manfaat dan Fungsi dari TLA?

Foto 3.jpeg

TLA berguna untuk meningkatkan waktu penyelesaian hasil pemeriksaan (turnaround time) medical check up yang lebih cepat. Selain itu, penggunaan TLA ini juga dapat mengurangi potensi kesalahan manusia (human error), karena semuanya telah ditangani menggunakan mesin otomatis.

Seperti yang dikatakan oleh I Putu Edi Mahadi, selaku General Manager Abbott Indonesia Diagnostics Division yang ditemui pada acara media gathering di kawasan Senen (9/7), mengungkapkan bahwa TLA dapat memberikan hasil tes yang akurat dan tepat waktu untuk diagnosis yang lebih baik.

“Dengan jumlah sampel yang sudah diuji Prodia sekitar 1 juta dalam 5 tahun mendatang, dan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang bergantung pada hasil tes diagnostik untuk keputusan kesehatan, kemitraan strategis automasi laboratorium antara Prodia dan Abbott memberikan jaminan dan kecepatan yang bisa diandalkan oleh para profesional medis,” ujarnya.

Nah, jika sudah mengetahui kecanggihan, keakuratan, dan kecepatan laboratorium tes diagnostik di zaman sekarang ini, maka tidak ada alasan lagi untuk menunda medical check up ya Moms.

Artikel Terkait