FASHION & BEAUTY
16 Juni 2019

Perhatikan! Ini 5 Kesalahan Mencatok yang Dapat Merusak Rambut

Salah metode, rambut indah kita bisa rusak lho!
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Semua wanita pasti mengingingkan tubuh dan penampilan yang sempurna. Entah itu untuk tampilan busana, memiliki tubuh yang ideal, wajah yang mempesona hingga rambut yang indah dan berkilau.

Sayang tidak semua wanita lahir dengan kesempurnaan tersebut. Ada yang butuh usaha besar dalam mempercantik dirinya, misalnya saja dalam masalah rambut. Untuk mendapat rambut lurus dan indah, terkadang kita membutuhkan catokan.

Catokan banyak diandalkan kita para wanita sebagai alat untuk meluruskan rambut atau memberikan efek gelombang pada rambut yang terlalu lurus.

Akan tetapi banyak dari kita yang memakainya dengan ceroboh, padahal jika salah, risikonya rambut kita akan semakin rusak. Makanya Moms harus memerhatikan, ini dia beberapa kesalahan mencatok rambut!

Baca Juga: Ini 4 Produk Wajib Punya Untuk Rambut Sehat dan Berkilau

1. Rambut Belum Terlindungi dengan Sempurna

kesalahan catok rambut

Kesalahan mencatok rambut yang pertama dan bisa dibilang hal yang fatal adalah tidak mempersiapkan rambut dengan baik untuk dicatok, sehingga rambut cenderung kering, patah, dan rusak.

Sebelum menggunakannya, kita harus pastikan rambut ternutrisi dengan baik dulu sebelum menerima panas dari alat catok rambut.

Coba aplikasikan vitamin rambut, argan oil, atau keratin terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menjaga kekuatan dan kilau rambut sebelum dicatok. Diamkan sebentar agar menyerap terlebih dahulu, baru gunakan catokan rambut.

2. Suhu Alat Catok Terlalu Panas

kesalahan mencatok

Sudah menutrisi rambut dengan berbagai minyak dan vitamin, tidak berarti kita boleh menggunakan suhu terlalu tinggi. Mungkin banyak dari Moms yang berpikir semakin panas suhu, maka rambut akan semakin cepat lurus.

Tidak! Meski sudah dinutrisi, rambut tetap tidak boleh menerima suhu terlalu tinggi karena dapat dengan mudah kering dan patah. Gunakan dalam batasan suhu yang sewajarnya saja.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

3. Mencatok Rambut Saat Basah

kesalahan mencatok

Kesalahan mencatok rambut selanjutnya adalah melakukan catok saat rambut masih basah. Mungkin harapannya agar tidak perlu melakukan banyak pekerjaan seperti mengeringkan rambut dulu baru dicatok.

Nyatanya mencatok rambut saat basah akan membuat folikel rambut hangus dan akhirnya rusak. Ibaratnya seperti menyetrika baju yang basah, tentu baju tersebut akan susah disetrika dan hangus kan?

4. Mencatok Rambut Secara Berulang di Bagian yang Sama

kesalahan catok rambut

Nah, ini juga kesalahan mencatok rambut yang sering kita lakukan. Niatnya sih biar rambut lurusnya tahan lama, tapi akibatnya malah merusak rambut.

Itu sebabnya untuk mencatok rambut, kita harus membagi rambut kita dalam beberapa bagian kecil. Ambil bagian yang akan dicatok, lalu biarkan tergerai, ambil lagi dan biarkan lagi. Dengan begitu bagian yang dicatok pun tidak akan sama.

Jadi Moms jangan lagi mencatok rambut dalam bagian yang besar atau secara keseluruhan ya. Pastikan membagi rambut dalam beberapa bagian kecil.

Baca Juga: Hati-Hati, 4 Masalah Pada Rambut Ini Bisa Terjadi Pada Balita!

5. Menggunakan Hair Spray Sebelum Mencatok Rambut

kesalahan mencatok

Kesalahan mencatok rambut terakhir adalah menggunakan hair spray sebelum dicatok. Alih-alih menutrisi rambut, hair spray yang mengandung alkohol jutru akan merusak rambut saat terkena panas.

Sebaiknya gunakan vitamin rambut di awal sebelum catok, baru menggunakan hair spray setelah catok agar bentuknya bertahan lama.

Ternyata kesalahan-kesalahan yang kita anggap sepele ini justru dapat merusak rambut. Makanya, perhatikan lagi kesehatan rambut sudah terjaga sebelum mencatok ya!

Artikel Terkait