FASHION & BEAUTY
6 September 2019

5 Kesalahan Riasan Mata yang Bikin Wajah Jadi Lebih Tua

Moms pasti pernah melakukan kesalahan-kesalahan ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Penggunaan makeup sesungguhnya untuk memberikan tampilan yang luar biasa. Membuat wajah yang kusam menjadi menawan, bibir yang pucat jadi berwarna, bahkan mata yang sayu menjadi lebih berenergi.

Namun seiring berjalannya waktu, usaha untuk terlihat lebih muda menjadi sulit. Apalagi jika berbicara tentang riasan mata. Kenapa begitu?

Moms mungkin membuat beberapa kesalahan riasan mata tanpa menyadarinya. Apalagi mata adalah salah satu bagian dari wajah yang mudah sekali terlihat keriput.

Apa saja kesalahan riasan mata yang membuat wajah tampak lebih tua? Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: 6 Tips Mengaplikasikan Eyeliner Agar Tidak Berantakan

1. Jangan Pakai Eyeliner yang Terlalu Gelap

kesalahan riasan mata

Foto: self.com

Jika kulit di sekitar mata mulai menipis, kehilangan elastisitas dan kurang terisi, hindari kesalahan riasan mata yang satu ini.

Pilihlah eyeliner yang menonjolkan warna mata. Untuk mata cokelat dan gelap seperti orang Indonesia, eyeshadow biru tua atau coklat muda akan terlihat menarik.

Natalie Gontcharova, seorang penata rias mengatakan pada Good Housekeeping, bahwa ada hal lain yang bisa dilakukan.

“Jika Anda ingin mendefinisikan kelopak mata bawah Anda, gunakan pensil tipis atau gunakan eyeshadow cokelat muda," katanya.

Selain itu, jangan menggunakan eyeliner di kelopak mata bawah. Hal tersebut hanya tidak hanya membuat mata terlihat lebih kecil, tetapi juga membuat wajah tampak lebih tua, bahkan memberikan kesan kulit kusam.

2. Tidak Memaksimalkan Tampilan Alis

kesalahan riasan mata

Foto: wikihow.com

Fungsi alis adalah untuk membingkai wajah. Jika alis alami mulai menipis, Moms dapat mengandalkan pensil alis untuk mendapatkan hasil alis yang diinginkan.

Tidak perlu terlalu tegas. Cukup sisir merata saja mengikuti bentuk alis alami. Hindari memakai pensil alis berwarna hitam karena tidak terlihat natural.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Pensil Alis di Bawah Rp 50 Ribu, Wajib Punya!

Jika Moms melewatkan mengaplikasikan alis dalam daily makeup, tampilan wajah akan terlihat lebih tua. Tidak ingin mengalaminya kesalahan riasan mata ini kan Moms?

3. Salah Memilih Concealer

kesalahan riasan mata

Foto: cosmopolitan.com

Jika Moms secara alami memiliki kantung mata, menggunakan concealer dengan warna merah muda akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Untuk Moms yang memiliki warna kulit lebih gelap, pilihlah concealer dengan warna kuning oranye. Pilih satu atau dua warna lebih terang dari warna kulit agar tidak terlihat terlalu menonjol.

Jika salah memilih concealer, kantung mata malah akan tampak mencolok. Padahal fungsi concealer salah satunya adalah menyamarkan noda, termasuk kantung mata.

4. Hindari Smokey Eyes

kesalahan riasan mata

Foto: today.com

Karena bukan lagi saatnya menerapkan makeup gothic, mulai kini minimalkan konsep riasan smokey eyes ya Moms.

Mengaplikasikan riasan gelap di mata akan menjadikannya berantakan dalam beberapa jam pemakaian. Eyeshadow akan terlihat dalam lipatan mata dan malah terlihat mengerikan.

Baca Juga: Malas Membersihkan Makeup Memicu Timbulnya Kutu Bulu Mata?

5. Melewatkan Primer

kesalahan riasan mata

Foto: beautysha.com

Nah, ini dia kesalahan riasan mata yang paling sering diremehkan. Riasan mata yang mengendap di setiap lipatan dan garis halus mata mungkin Moms alami bukan?

Di situlah eye primer akan berfungsi optimal. Pilihlah primer yang dikemas dengan bahan-bahan yang melembapkan seperti asam hialuronat untuk mengisi kulit dan memudahkan dalam mengaplikasikan concealer dan eyeshadow. Primer juga akan membuat riasan mata tahan lama.

Beberapa kesalahan riasan mata tersebut memang sering kita jumpai. Bila menghindarinya, tentunya wajah dan riasan akan tampak semakin menarik!

(FAR)

Artikel Terkait