KESEHATAN
18 Juli 2020

5 Kesalahan Saat Sarapan yang Bisa Bikin Kita Gemuk, Moms Perlu Tahu!

Sarapan bisa membantu mengontrol kenaikan berat badan, tapi kesalahan saat sarapan juga bisa menaikkan berat badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Beberapa orang percaya bahwa sarapan salah satu hal terpenting untuk mendorong penurunan berat badan. Karena, sarapan bisa memberi energi di pagi hari yang membantu menghindari makan berlebihan di siang hari.

Hal itulah yang dipercaya banyak orang bahwa sarapan membantu menurunkan berat badan. Tetapi dilansir dari Medical News Today, hanya ada sedikit bukti untuk mendukung gagasan bahwa sarapan dapat membantu penurunan berat badan.

Adapun tips sarapan yang baik adalah konsumsi makanan padat gizi. Makanan-makanan ini menawarkan lebih banyak nilai gizi per kalori dan membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Kesalahan Saat Sarapan yang Membuat Berat Badan Naik

Moms, juga perlu tahu beberapa kesalahan saat sarapan yang menyebabkan kenaikan berat badan seperti yang dilansir dari The Healthy, antara lain:

Baca Juga: Terburu-Buru di Pagi Hari? Coba 7 Menu Sarapan Praktis Ini!

1. Melewatkan Sarapan dan Hanya Minum Kopi

5 Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Berat Badan Naik - 1 minum kopi.jpg

Foto: shutterstock.com

Jika Moms melewatkan sarapan dan hanya minum kopi di pagi hari, hal itu bisa mendorong Moms makan berlebbihan di siang hari.

"Melewatkan makan dapat menurunkan tingkat energi, meningkatkan hasrat di kemudian hari dan menyebabkan metabolisme melambat ," kata Krissy Kendall, PhD, editor sains di Body Building.

Moms membutuhkan asupan protein di pagi hari, seprti telur rebus agar merasa kenyang lebih lama. Sehingga Moms tidak akan makan berlebihan di siang hari.

2. Minum Kopi dengan Campuran Lain

5 Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Berat Badan Naik - 2 minum kopi dengan campuran lain.jpg

Foto: shutterstock.com

Banyak orang kebiasaan minum kopi dengan campuran lain, seperti gula, krim atau susu. Semua tambahan itu bisa menyebabkan peningkatan berat badan.

"Skim dari basis susu yang digunakan sebagai campiran minuman itu bisa 2 persen kalori, termasuk susu murni," kata Anna King, ahli diet klinis di Indiana University Health.

Baca Juga: 5 Resep Sarapan yang Bisa Dibuat Dalam Waktu 5 Menit

3. Konsumsi Banyak Gula

5 Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Berat Badan Naik - 3 konsumsi banyak gula.jpg

Foto: shutterstock.com

Kebanyakan orang mengonsumsi muffin, kue kering dan sereal untuk sarapan. Padahal makanan tersebut mengandung banyak zat tambahan, pengawet dan gula.

Makanan-makanan itu justru akan membuatmu mudah lelah dan bisa meningkatkan berat badan. Jika Moms mengonsumsi makanan dengan kandungan gula pada pagi, maka Moms akan kehilangan manfaat protein sepanjang hari.

Adapun asupan protein harian yang dibutuhkan, yaitu 56 gram untuk pria dan 46 gram untuk wanita. Anda bisa mengonsumsi telur, ayam, kacang-kacangan dan sayuran.

4. Hanya Mengonsumsi Karbohidrat

5 Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Berat Badan Naik - 4 karbohidrat.jpg

Foto: shutterstock.com

Muffin, panekuk dan sereal adalah makanan yang sering dikonsumsi untuk sarapan. Tetapi, bila Moms kekurangan serat, sarapan yang mengandung karbohidrat bisa membuat gemuk.

Karena, serat berfungsi memperlambat pencernaan, memberikan energi jangka panjang beberapa jam dan menjaga nafsu makan.

Dengan begitu, Moms tidak akan makan berlebihan yang menyebabkan kenaikan berat badan. Menurut Institute of Medicine, wanita membutuhkan 25 gram serat per hari dan pria 38 gram per hari.

5. Hanya Minum Jus

5 Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Berat Badan Naik - 5 hanya meminum jus.jpg

Foto: shutterstock.com

Minum jus salah satu cara yang enak untuk meningkatkan asupan buah dan sayuran. Tetapi, Moms tidak bisa mengonsumsinya sebagai menu sarapan tanpa konsumsi makanan lain.

Dilansir dari The Vegetarian Resources Group, jus tidak memiliki protein dan serat, sehingga bisa memicu rasa lapar dan kelelahan dalam waktu cepat.

Moms bisa mengonsumsinya bila diimbangi dengan protein tanpa lemak, seperti telur atau yogurt.

Itulah kesalahan sarapan yang membuat Moms naik berat badannya. Lebih selektif, ya, Moms!

Baca Juga: Apa Sarapan yang Harus Kita Makan Berdasarkan Zodiak?

Artikel Terkait