EVENT
19 Juni 2019

Buat Foto Produk Tambah Aesthetic, Ini Keseruan Workshop Photography Orami Community

Foto produk jualan jadi tambah menarik dan cantik!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat ini, banyak kalangan ibu-ibu muda yang berbisnis online dengan menggunakan platform seperti Instagram, atau Facebook. Bisnis online yang masih digemari hingga saat ini adalah produk makanan.

Agar suatu barang atau produk makanan tersebut laku, penting untuk memberikan visual menarik dengan estetika tidak berlebihan, yaitu dengan memotret foto dan menunjukkan produk yang dijual.

Pada Kopdar Orami Mompreneur kali ini, Orami mengajak para Moms dari grup WhatsApp Mompreneur Community ke acara Workshop Photography yang diadakan pada 15 Juni 2019, berlokasi di Kolega x MarkPlus Coworking Space, Jakarta Selatan.

Orami mengundang Rika Dinarjanti sebagai pembicara. Rika merupakan seorang fotografer dan juga pengelola akun Instagram @cekrek.asyik.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta, berasal dari kalangan ibu-ibu yang juga memiliki usaha bisnis online.

Baca Juga: Pekerjaan yang Cocok Untuk Pecinta Fotografi

Tiga Elemen Penting untuk Memulai

Buat Foto Produk Tambah Aesthetic, Ini Keseruan Workshop Photography Orami Community

Foto: Orami/Tengku Omar

Rika mengungkapkan bahwa untuk bisa membuat visual menarik melalui fotografi, ada tiga hal yang harus dimiliki: passion, konsep, komposisi dan warna.

Bagi Rika, "Paling penting adalah passion, tanpa passion, hampir mustahil melakukan sebuah hasil dengan sempurna," jelasnya.

Bila Moms sudah memiliki passion yang cukup besar, baru dari situ menentukan konsep foto yang diinginkan. Tentu saja ini menyesuaikan dengan jenis produk yang dijual.

"Hal pertama yang harus dipikirkan adalah konsep foto. Konsep ibarat kerangka dalam memulai proses foto, dari konsep lalu berkembang menjadi sebuah cerita di dalam foto, sesuai yang kita inginkan. Baik itu dari sisi cahaya, properti pendukung, dan elemen-elemen lain," jelas Rika.

Setelah itu, Rika menjelaskan tentang komposisi, "Komposisi 80 persen adalah elemen penting dalam memberi kesan pada setiap karya foto." Ia menambahkan bahwa komposisi adalah cermin kepribadian fotografer.

Beberapa komposisi tersebut termasuk Rule of Third, Segitiga, Garis Diagonal, Dead Centre, dan Rule of Odds.

"Komposisi dalam fotografi didukung oleh elemen atau unsur penting, yaitu: garis, bentuk, dan tekstur," jelasnya lagi.

Selanjutnya, penting untuk mempertimbangkan warna, yang juga merupakan komponen penting dalam fotografi. "Sebaiknya memahami beberapa pengaruh warna terhadap komposisi foto secara keseluruhan," jelas Rika.

Baca Juga: Hobi Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Praktik Langsung dengan Properti

workshop fotografi-3.JPG

Foto: Orami/Tengku Omar

Tak hanya itu, Rika juga menjelaskan beberapa hal teknis terkait fotografi, seperti prinsip dasar fotografi, pencahayaan, dan angle.

Usai Rika menjelaskan materi yang dibutuhkan pada acara workshop, ia mengajak para ibu mempraktikkan langsung tentang fotografi dengan menyajikan tiga set foto beserta contoh kuliner dan properti yang tersedia.

Para peserta langsung antusias, dan beberapa dari mereka bahkan membawa produk usahanya sendiri untuk dipotret bersama properti tersebut.

Usai puas memotret, para Momspreneur kembali menuju ke tempat duduknya dan mengedit foto yang telah dipotret tadi. Event Workshop Photography pun berjalan dengan lancar hingga akhir acara.

Bila Moms ingin ikut serta dalam kegiatan menarik oleh Orami, Moms bisa ikut bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Beberapa keuntungan bisa Moms dapatkan jika ikut bergabung, seperti informasi seputar diskon, event, tips inspiratif, kuis, dan juga live chat with expert seperti dokter kandungan, dokter anak, psikolog, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Jika Moms tertarik bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Nah, tunggu apalagi, yuk gabung di WhatsApp Group Orami Moms Community dan dapatkan banyak keuntungan, Moms!

Artikel Terkait