GAYA HIDUP
29 September 2019

Ketahui 4 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh!

Kunyit asam bisa membantu menurunkan berat badan
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Orami

Jamu merupakan ramuan tradisional dari Indonesia yang menggabungkan rempah-rempah alami dan memberikan manfaat untuk tubuh.

Jamu kunir asem, atau kunyit asam, adalah salah satu dari jenis jamu yang punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat kunyit asam yang patut diketahui!

Baca Juga: 7 Manfaat Susu Kunyit untuk Ibu Hamil dan Cara Membuatnya

1. Membantu Obati Penyakit Peradangan

Haid Buruk dan Sakit Perut

Melansir The Culture Trip, kunyit asam punya sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengatasi penyakit peradangan, nyeri haid, dan tekanan darah tinggi.

Juara Skin Care menjelaskan, asam jawa bermanfaat sebagai obat topikal, karena memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

2. Menjaga Kebersihan Pencernaan

menjaga sistem pencernaan

Jamu kunyit asam juga menjadi jamu andalan yang bisa menurunkan berat badan.

Katharina Bleinis, pengajar yoga dan pemilik JAHMU Tonics mengatakan, hal ini karena manfaat dari kandungan asam Jawa pada kunyit asam.

"Asam Jawa pada kunyit asam bertindak sebagai pencahar alami yang membantu membersihkan usus, juga menciptakan enzim alami yang membersihkan darah," jelasnya, mengutip The Busy Woman Project.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta, Kunyit Asam Bisa Membuat Peranakan Kering

3. Punya Kandungan Anti-Kanker

Menyikat gigi secara teratur bisa kurangi penyakit Alzheimer ini penjelasannya - koneksi mulut ke otak.jpg

Kandungan antioksidan pada kunyit menjadikan herbal dengan zat anti-kanker yang terkenal di seluruh Asia, khususnya Asia Tenggara.

"Kunyit berkontribusi dalam penyembuhan dan melindungi tubuh dari penyakit yang tidak diinginkan," kata Katharina.

Mengutip Juara Skin Care, kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit, mulai dari kanker hingga penyakit Alzheimer.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik Pencegah Kanker Serviks

4. Bermanfaat untuk Kecantikan

Kulit Cerah dan Bersinar

Lebih lanjut, Katharina menceritakan bahwa jamu kunyit asam biasanya diminum oleh para putri kerajaan dan bermanfaat untuk kecantikan.

"Ada dongeng kuno Indonesia yang menyatakan bahwa semua putri di kerajaan itu akan minum tonik kunyit tradisional (mis. jamu kunyit asam) untuk menjaga kesehatan, kecantikan, dan umur panjang untuk melayani para raja kala itu," cerita Katahrina.

Kunyit juga bisa digunakan sebagai penyembuhan luka, dan untuk perawatan spa agar menjadikan kulit tampak bercahaya dan punya kilau yang indah.

Moms bisa membuat kunyit asam dengan menyeduh kunyit dan asam Jawa dalam jumlah yang sama. Untuk memberi rasa, bisa ditambahkan gula aren dan sedikit garam.

Artikel Terkait