BALITA DAN ANAK
21 Agustus 2019

Ketahui 4 Obat Gatal Alami untuk Mengatasi Biang Keringat Anak

Biang keringat anak dapat muncul secara tiba-tiba dan terlihat mengkhawatirkan
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms pasti sering khawatir bila menghadapi biang keringat anak untuk pertama kalinya karena dapat terlihat sangat merah dan berjerawat jika kelenjar keringat tersumbat, tapi bisa juga ringan dan hadir dalam benjolan kecil yang jelas.

Menurut Julia Orkin, seorang dokter anak di Rumah Sakit anak di Toronto, Si Kecil akan kemungkinan besar mengalami biang keringat anak jika hidup di iklim yang panas serta lembab.

"Anak-anak lebih mudah terkena bahkan jika mereka diberikan pakaian yang berlebihan atau tebal,” ucapnya.

Biang keringat anak dapat muncul di bagian mana saja, tetapi paling sering muncul di sekitar lipatan kulit seperti leher, dekat pangkal paha, dan di bawah lengan. Perlu diingat Moms, bahwa penting untuk tidak menggaruk biang keringat karena dapat menyebabkan lebih banyak iritasi serta kemungkinan infeksi.

Untuk meredakan dan menyembuhkan biang keringan ada, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Telinga Berdenging, Waspada 6 Penyakit Ini!

1.Oatmeal

5-oatmeal.jpg

Moms, oatmeal merupakan sumber terpercaya serta efektif untuk mengurangi gatal dan peradangan. Ini menjadikannya obat rumahan yang berguna untuk biang keringat.

Caranya, masukkan 1 atau 2 cangkir oatmeal ke dalam bak mandi hangat, dan rendam selama 20 menit. Pastikan airnya tidak panas sehingga tdak membuat iritasi lebih lanjut. Atau, bisa juga membuat pasta dengan oatmeal dan air kemudian oleskan ke kulit anak. Campurkan 1 sendok oatmeal dengan air dan campur hingga berbentuk pasta.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

2. Baking Soda

baking-soda-for-bath-in-wooden-bowl-with-wooden-spoon.jpg

Baking soda atau soda kue dapat menenangkan kulit yang gatal. Tentunya, benda ini Moms miliki di dapur. Sehingga, ini menjadikannya sebagai obat rumahan yang bagus untuk biang keringat.

Caranya, tambahkan 3 hingga 5 sendok makan soda kue ke dalam rendaman hangat kemudian rendam sekitar 20 menit.

3. Lidah Buaya

aloe (3)

Menurut Karen Gill, MD, lidah buaya adalah antiinflamasi dan antiseptik yang dapat mendinginkan kulit sekaligus mencegah infeksi. Tentunya dapat membantu meringankan pembengkakan dan rasa sakit dari biang keringat. Gunakan gel lidah buaya secara langsung pada biang keringat untuk menghilangkan rasa tidak nyaman.

4. Mandi Air dingin

bath-toys-hero.jpg

Moms, biang keringat biasanya akan mereda setelah kulit menjadi dingin. Mandi di air dingin pun bisa membantu. Mencuci kulit dengan lembut juga bisa menyumbat pori-pori. Hal ini penting karena pori-pori yang tersumbat berkontribusi terhadap biang keringat.

Tak lupa, pastikan Si kecil untuk mengeringkan kulit dengan benar setelah mandi. Karena, kulit yang dibiarkan basah bisa teriritasi.

Baca Juga: 9 Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Pantai

Itulah beberapa bahan yang bisa Moms olah untuk membantu meringankan biang keringat anak. Selamat mencoba!

(WAR/ERN)

Artikel Terkait