KESEHATAN
6 September 2020

Agar Pengukuran Suhu Akurat, Ketahui 4 Tips Membeli Termometer Ini

Tips ini akan memberi panduan bagi Moms untuk membeli versi terbaik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Untuk beberapa orang, mungkin membeli baby monitor atau stroller berharga mahal tidak menjadi masalah, karena berharap dapat menjadi barang investasi. Tapi jarang ada yang melakukannya saat membeli termometer.

Padahal, pembelian termometer yang baik juga diperlukan. Moms harus mengetahui seperti apa tips membeli termometer.

“Ketika Anda tidak berbelanja untuk termometer bayi, anak dan balita terbaik, Anda sebenarnya sedang melewatkan termometer yang sarat dengan fitur,” kata Dr. Benjamin D. Hoffman, ketua American Academy of Pediatrics Committee on Injury, Violence and Toxic Prevention.

Dengan kata lain, perangkat termometer terbaik untuk Si Kecil memiliki satu tujuan: mengukur suhu anak secara akurat ketika demam, tanpa mengharuskan orang tua memiliki pelatihan medis untuk melakukannya.

Baca Juga: Demam, Normal, Rendah, Sudahkah Moms Memahami Perbedaan Suhu Tubuh Bayi?

Tips Membeli Termometer untuk Pengukuran Akurat

Dilansir dari Consumer Reports, memiliki termometer yang baik dan memberikan pembacaan yang suhu badan yang akurat adalah kuncinya.

Bagaimana dengan semua termometer inframerah atau yang dirancang untuk digunakan di telinga atau di dahi, atau perangkat yang dapat dipakai yang melacak suhu melalui bluetooth?

Jangan persulit diri. Moms harus menjadi seorang profesional untuk menggunakan termometer itu dengan benar. Karena jika tidak, Moms tidak akan mendapatkan hasil yang akurat.

"Termometer telinga tidak sebanding dengan biayanya. Itu membutuhkan akses yang jelas ke gendang telinga. Dan jika ada kotoran telinga, Anda tidak mendapatkan suhu yang akurat. Dan termometer dahi mengukur suhu kulit, yang bukan yang kita cari. Anda ingin mengukur suhu inti tubuh.,” jelas Benjamin.

Pada jurnal American Academy of Pediatrics (AAP), direkomendasikan mengambil suhu dubur pada bayi dan anak-anak di bawah 3, karena itu paling akurat. Suhu ketiak bisa lebih mudah, tetapi ini adalah yang paling tidak akurat.

Moms bisa menerapkan tips membeli termometer ini sebelum membeli satu untuk persediaan di rumah.

1. Perhatikan Fitur yang Dimiliki

Pertimbangkan 4 Tips Ini Sebelum Memberli Thermometer -1

Foto: Orami Photo Stock

Sesederhana termometer digital, beberapa jenis termometer memiliki lonceng dan peluit yang mungkin akan memunculkan rasa nyaman.

Seperti ujung yang lembut atau melengkung, atau bunyi "bip" yang memberi tahu Moms ketika suhu badan Si Kecil sudah berada di tempat yang tepat atau ketika termometer sudah selesai mengukur suhu.

Fitur yang dimiliki oleh termometer digital in adalah fitur dasar yang yarus dimiliki agar memudahkan Moms saat memantau suhu tubuh Si Kecil saat demam.

Cari tahu tentang fitur adalah tips membeli termometer pertama yang bisa dilakukan dengan mengecek label atau wadahnya.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Suhu Bayi Menurun yang Bikin Panik

2. Waktu Merespons

Pertimbangkan 4 Tips Ini Sebelum Memberli Thermometer -2

Foto: Orami Photo Stock

Pembacaan suhu dari termometer berbentuk tongkat digital dapat berlangsung dari 10 detik hingga lebih dari 80 detik, tergantung pada model yang dimiliki.

Pembacaan termometer inframerah hanya membutuhkan 1 hingga 3 detik, tetapi mungkin tidak lebih akurat daripada termometer tongkat digital yang murah.

Ini tergantung kebutuhan Moms. Namun ada baiknya sebagai tips membeli termometer untuk Si Kecil, pilih yang lebih akurat, karena berkaitan dengan tindakan yang harus dilakukan selanjutnya saat menemukan anak demam.

3. Pastikan Keamanan Produknya

Pertimbangkan 4 Tips Ini Sebelum Memberli Thermometer -3

Foto: Orami Phot Stock

Beberapa model dilengkapi dengan penutup probe, penutup pelindung, dan aksesori lainnya yang dapat menimbulkan bahaya tersedak untuk anak-anak.

Sebagai tips membeli termometer, jika model yang Moms beli termasuk yang memiliki komponen kecil, jauhkan dari tangan Si Kecil jika sedang tidak diawasi.

Tips ini akan mengurangi risiko pada Si Kecil saat komponen tersebut terlepas atau dimainkan.

Baca Juga: Calon Ibu Hamil Perlu Tahu, Ini Dia Cara Mengukur Suhu Basal Tubuh

4. Miliki Dua Termometer

Pertimbangkan 4 Tips Ini Sebelum Memberli Thermometer -4

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms membeli termometer berbentuk tongkat digital yang murah, tips membeli termometer lainnya adalah pertimbangkan untuk membeli dua: satu untuk mengambil suhu oral, dan satu lagi untuk mengambil suhu dubur.

Dengan begitu, Moms tidak perlu khawatir menyimpan tutup termometer sekali pakai. Beri label masing-masing dengan spidol permanen agar tidak tertukar saat akan memakainya kembali di kemudian hari.

Itu dia Moms, beberapa tips membeli termometer yang bisa diperhatikan. Apakah Moms telah melakukan keempat tips di atas?

Artikel Terkait