KESEHATAN
12 Juni 2019

Ketahui 5 Cara Alami Mengatasi Mata Bintitan

Mengompres daerah mata yang terkena bintitan juga bisa menolong lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Tanya :

Sudah 7 bulan mata kiri saya terkena bintitan/hordeolum.

Sejak pertama kali terkena itu pada bulan oktober 201, saya langsung memeriksakan kepada dokter di daerah rumah, telah diberikan berbagai macam obat namun bukan salep sebagai olesan, tetapi semacam bentuk pil. Kata beliau, ditunggu sampai 2minggu ternyata masih tetap tidak hilang.

Lalu saya periksa kembali (berkali-kali) sampai sekitar bulan januari. Namun, dokter tersebut mengatakan sudah tidak ada obatnya jika seperti ini, disarankan operasi kecil (meskipun katanya jika sudah operasi kemungkinan masih tumbuh bintitan tersebut).

Jika saya tidak berkenan untuk operasi kecil, adakah saran obat/salep yang dapat membuat bintitan saya sembuh? Karena kadang-kadang kambuh dan bintintan dimata saya sangat besar.

Jawab :

Hordeolum adalah pembengkakan pada kelenjar minyak dan kelenjar keringat yang berada di area sekitar folikel bulu mata.

Bila terjadi sumbatan pada kelenjar-kelenjar ini maka bisa terjadi perkembangan bakteri sehingga timbul infeksi dan peradangan yang membuat kelopak mata menjadi bengkak, merah, gatal dan nyeri.

Pada umumnya penyebab hordeolum yaitu:

  • Kebersihan area sekitar kelopak mata yang kurang terjaga
  • Kerap kali menggunakan kosmetik misalnya mascara, bulu mata palsu, lensa kontak dll.
  • Tidak membersihkan kosmetik dengan bersih ketika akan tidur.
  • Terdapat peradangan kronis pada kelopak mata (blefaritis) atau penyakit kulit rosaseae dan memudahkan infeksi bakteri.
  • Sering mengucek mata dengan tangan yang tidak dicuci bersih sebelumnya.

Cara untuk mengatasi hordeolum yaitu:

1. Kompres hangat dan basah selama 5 sampai 10 menit, 3-6 kali sehari untuk membantu daerah yang terkena untuk lebih cepat sembuh. Hal ini juga dapat membantu membuka pori-pori tersumbat sehingga dapat menguras dan mengeluarkan isi benjolannya.

2. Biarkan hordelum terbuka sendiri. Jangan memencet atau membukanya, kecuali memang dibantu oleh dokter mata.

3. Jangan memakai make-up mata atau kontak lensa sampai daerah telah sembuh

4. Rajin mencuci wajah terutama di daerah kelopak mata dan sekitar bulu mata apabila setelah menggunakan make up seperti eyeliner, eyeshadow, mascara, bulu mata palsu.

5. Bila tidak kunjung kempes maka sebaiknya dibawa ke dokter mata, mungkin akan diberikan obat antibiotik salep atau antibiotik tetes atau bila perlu didrainase (insisi atau dilakukan penorehan).

Oleh karena hordeolum yang anda alami seringkali kambuh silakan memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Perlu diingat perubahan gaya hidup dengan senantiasa menjaga kebersihan area mata juga disarankan.

Dijawab oleh : dr. Ni Putu Tesi Maratni

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait