KESEHATAN
11 September 2019

Ketahui 5 Kiat Meredakan Bisul Tanpa Harus Ke Dokter Berikut Ini

Bisulan terlalu lama jelas tidak nyaman. Bagaimana ya meredakannya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Bisul merupakan benjolan merah yang tumbuh di kulit. Rasanya sakit kalau disentuh, dan berisi nanah. Penyebabnya adalah bakteri yang menyerang folikel rambut atau kelenjar minyak di bawah kulit.

Lantas, bagaimana meredakan bisul? Apakah harus ke dokter?

Moms, berikut beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan tanpa harus ke dokter. Mari dicoba!

Baca juga : Berenang Saat Bisul, Bolehkah?

1. Jangan Pecahkan

Bobo.jpg

Ilustrasi: Bobo

Bisul akan sembuh dengan sendirinya jika benjolannya pecah. Tapi, jangan memecahkannya dengan paksa. Karena, bisa membuat infeksi semakin parah.

“Lebih baik, tunggu bisul pecah sendiri. Makan waktu, tapi tidak berisiko,”ungkap Jennifer Herrmann, MD, FAAD, dermatologis asal Amerika

2. Jangan Sentuh

Jangan sentuh atau bahkan memegang bisul. Karena saat tangan kotor, infeksi bisa semakin parah. Oleh karena itu, sebelum dan sesudah mengobati bisul, Moms sebaiknya cuci tangan dengan air dan sabun.

Baca Juga: Apakah Telur Menyebabkan Bisul? Ini Penjelasannya!

3. Tutupi Bisul

Benjolan bisul yang baru pecah bisa kembali mengalami infeksi jika tidak segera ditangani. Segera tutup bisul yang sudah pecah dengan kain kasa yang sudah diberikan alkohol dan sabun anti-bakteri. Maksudnya, agarkain kasa bersifat steril dan menghindari bisul dari adanya infeksi lain.

4. Rutin Ganti Perban

Seruji.jpg

Foto: Seruji.com

Untuk menutupi bisul yang sudah membesar, biasanya menggunakan perban yang telah disterilkan. Tujuannya menghindari infeksi tambahan. Jangan lupa Moms, ganti perban dua hingga tiga kali sehari.

Baca Juga: Serba-serbi Bisul di Badan

5. Kompres Bisul dengan Air Hangat

“Untuk dapat mengurangi rasa sakit pada benjolan bisul tersebut, Anda dapat mencobanya dengan mengompres bisul dengan air hangat,” jelas Dr Herrmann.

Selain itu, rutin mengompres bisul sehari tiga kali dapat mendorong bisul matang dan mengecil dengan sendirinya. Sudah siap mencoba?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait