BAYI
6 Desember 2019

Ketahui 5 Manfaat Musik Klasik untuk Bayi

Musik klasik yang menenangkan juga bisa membuat kualitas tidur bayi membaik
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap orang suka mendengarkan musik, baik itu pop, jazz, rock, dan yang lainnya. Nah, ternyata pada bayi yang mendengarkan musik klasik dapat memberikan beberapa manfaat lho, Moms!

Manfaat Musik Klasik untuk Bayi

Mengutip The Guardian, menurut studi oleh Institute of Education, memainkan musik Mozart dan Beethoven pada anak-anak meningkatkan keterampilan mendengarkan, konsentrasi, dan disiplin diri.

"Musik memainkan peran penting dalam semua aspek tumbuh kembang anak-anak," jelas dr. Rob Hicks, dokter umum sekaligus komunikator kesehatan, melansir Classic FM.

"Bayi dalam kandungan bisa merespons musik. Setelah bayi lahir, musik dapat membantu proses ikatan dengan orang tua. Ketika bayi Anda tumbuh, musik menjadi kegiatan pembelajaran yang baik," lanjutnya.

Ketahui beberapa manfaat mendengarkan musik klasik untuk bayi berikut ini, Moms!

Baca Juga: 4 Manfaat Istimewa Musik Untuk Perkembangan Anak

1. Membantu Proses Tumbuh Kembang Bayi

tumbuh kembang anak

Musik klasik untuk bayi memiliki irama yang menenangkan. Jenis musik ini yang juga akan memberikan efek menenangkan pada bayi. Termasuk ketika ia masih di dalam kandungan.

"Ketika bayi berada dalam kandungan dan terpapar musik, mereka dapat mengingat musik ini setelah mereka lahir," jelas dr. Rob.

2. Membantu Perkembangan Otak Bayi

3 Cara Stimulasi yang Bisa Membantu Mencerdaskan Otak Bayi-1.jpg

Mendengarkan musik yang menenangkan, seperti musik klasik untuk bayi, mungkin terbukti bermanfaat untuk perkembangan otak, dan kemampuan bahasa bayi.

Ini karena bayi yang mendengarkan musik klasik secara teratur mengembangkan keterampilan daya ingat yang lebih baik.

"Studi menunjukkan bahwa memainkan musik untuk bayi sejak di dalam kandungan, dan saat kanak-kanak, membantu perkembangan otak. Beberapa percaya bahwa paparan musik di dalam rahim juga berkontribusi pada peningkatan kemampuan intelektual," terang dr. Rob.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Perkembangan Balita

3. Membantu Si Kecil Tidur Lebih Baik

bayi kejang saat tidur

Tidak hanya memberikan manfaat untuk perkembangan otak dan proses tumbuh kembang Si Kecil, musik klasik juga dapat membantu bayi agar ia tidur dengan lebih baik.

Efek santai dan menenangkan dari musik klasik untuk bayi dapat membuatnya tidur dengan lebih baik. Jika kualitas tidur bayi lebih baik, hal ini akan memengaruhi perkembangan Si Kecil Secara keseluruhan.

"Memutar musik klasik yang lebih lambat paling baik digunakan untuk waktu tidur dan untuk membantu menenangkan keadaan selama waktu istirahat di siang hari," kata dr. Rob.

Ia melanjutkan, "Jenis musik ini membantu menenangkan anak-anak."

4. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental Bayi

waspadai gangguan kesehatan mental dibalik 5 kebiasaan tantrum balita ini 4

Kesehatan fisik dan mental berjalan seiringan. Seperti bayi memerlukan nutrisi tepat untuk menjaga kesehatan fisiknya, mereka juga butuh 'nutrisi' untuk memelihara kesehatan mentalnya.

Mengutip Parents First Cry, musik klasik untuk bayi dapat membuatnya merasa senang dan tenang. Hal ini membantu melepaskan hormon endorfin dalam tubuh.

Endorfin membantu merilekskan otak, sehingga meningkatkan kesehatan mental bayi.

Baca Juga: 6 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

5. Membantu Perkembangan Bayi

5 perilaku menyebalkan balita yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya 5

Musik klasik untuk bayi dapat membantu perkembangannya dengan baik. Musik klasik juga memiliki efek merangsang pada tubuh dan pikiran.

Hal ini dapat memengaruhi peningkatan kesehatan fisik dan emosional, dan membantu perkembangan bayi dan balita yang baru lahir.

"Mendengarkan musik yang ceria dapat merangsang produksi antibodi, yang dapat melawan infeksi," terang dr. Rob.

Ia melanjutkan, " Musik dengan ritme teratur dapat membantu perkembangan bayi baru lahir, balita, dan anak-anak pra-sekolah dengan menyempurnakan keterampilan motorik mereka."

Artikel Terkait