BAYI
14 Agustus 2019

Ketahui 5 Perlengkapan Bayi yang Bisa Dibeli Bekas

Moms tidak perlu lagi membeli bak mandi yang baru untuk Si Kecil
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms tentu sudah memahami bahwa memiliki anak akan banyak menelan biaya. Mulai dari proses kehamilan, persalinan, dan biaya untuk mengurus anak sampai ia tumbuh dewasa.

Karenanya, wajar bila Moms dan pasangan perlu melakukan penghematan, salah satunya dengan membeli barang perlengkapan bayi bekas pakai, atau menggunakan kembali barang dari saudara tertuanya.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua barang bayi bisa digunakan kembali. Karena itu, ketahui barang perlengkapan bayi yang bisa dibeli bekas, dikutip dari What to Expect.

Baca Juga: 5 Perlengkapan Bayi Wajib Punya Ala Keluarga Kardashian

1. Pakaian Bayi

baju bayi.jpg

Membeli pakaian bayi baru mungkin menyenangkan bagi orang tua yang sedang menantikan kehadiran Si Kecil.

Namun, sebelum menghabiskan banyak uang untuk pakaian, tidak ada salahnya menggunakan kembali pakaian bayi yang tentunya masih layak pakai.

Karenanya, berhematlah dengan menggunakan kembali pakaian dari saudara kandung atau jika diberikan oleh teman atau kerabat dekat.

Pastikan bahwa pakaian tersebut tidak memiliki tali serut, atau kancing dan dasi yang longgar, karena ini bisa menimbulkan bahaya tersedak. Periksa juga label untuk memastikan pakaian tidur tahan api.

2. Popok Kain

popok kain

Banyak orang tidak mengetahui bahwa popok kain juga bisa digunakan kembali sehingga bisa membuat anggaran tidak melonjak saat membeli perlengkapan bayi baru.

Ini karena popok kain memiliki nilai jual kembali yang baik ketika sudah digunakan. Jika hendak memakai kembali popok kain, pastikan dicuci dengan bersih dan higienis.

Baca Juga: 5 Perlengkapan Bayi yang Sebetulnya Tidak Moms Perlukan

3. Mainan

mainan bayi

Moms mungkin akan sulit memprediksi mainan seperti apa yang bisa dinikmati Si Kecil karena masih belum mengetahui apa yang digemarinya.

Ketimbang membeli banyak mainan dan mengira-ngira, Moms bisa menggunakan mainan yang sebelumnya sudah dipakai saudara kandung untuk mencari tahu jika ada jenis mainan yang disuka.

Pastikan mainan tersebut tidak membuat bayi tersedak, dan hindari partikel mainan yang kecil dan perlu memakai elektronik, seperti baterai misalnya.

Pilih mainan sederhana dengan sedikit atau tanpa bagian yang bergerak, seperti balok, mainan kerincingan dan susun balok, yang merupakan pilihan mainan yang aman.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Mainan Bayi Ramah Lingkungan

4. Meja Ganti

meja ganti.jpg

Moms pasti dapat menghemat uang dengan membeli meja ganti yang digunakan dengan baik dan awet. Pastikan meja ganti tersebut memiliki pagar samping di keempat sisinya dan dilengkapi dengan tali pengaman.

Sebelum memakai meja ganti bekas, periksa juga bila ada bagian yang hilang seperti baut, atau cat yang mengelupas.

5. Bak Mandi

bak mandi bayi.jpg

Bak mandi bayi boleh digunakan kembali selama Moms memeriksa dan memastikan tidak ada jamur atau lumut yang tumbuh.

Karena bayi tumbuh dan berkembang lebih cepat, jadi Moms harus dapat menghemat uang pada peralatan bayi yang hampir tidak digunakan ketika ia tumbuh besar.

Artikel Terkait