BALITA DAN ANAK
15 Oktober 2019

Ketahui 5 Tipe Penyakit Jantung Pada Anak

Bukan hanya terjadi karena bawaan lahir
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bukan hanya dapat menimpa orang dewasa, rupanya ada pula berbagai tipe penyakit jantung anak yang terdeteksi sebelum Si Kecil berusia 12 tahun lho, Moms.

Seperti dikutip dari situs healthline.com, berbagai tipe penyakit jantung anak bisa terjadi akibat bawaan lahir, infeksi virus yang mempengaruhi jantung, maupun karena penyakit dan sindrom genetik.

Lalu, apa saja jenis tipe penyakit jantung anak yang harus diketahui oleh orang tua? Silakan baca sampai selesai untuk tahu sebagian diantaranya ya, Moms.

Penyakit Jantung Kongenital

Ketahui 5 Tipe Penyakit Jantung Pada Anak 1.jpg

Foto: fulldatabackup.com

Dalam studi yang dilansir oleh National Institutes of Health dijelaskan kalau penyakit jantung kongenital merujuk pada berbagai jenis kelainan jantung bawaan lahir, yang terjadi karena adanya kelainan struktur jantung atau pembuluh.

Diperkirakan sekitar 1% populasi penduduk dunia terlahir dengan tipe penyakit jantung anak ini. Jenisnya juga ada berbagai macam, yaitu:

  • Kelainan katup jantung, seperti penyempitan katup aorta yang menghambat aliran darah.
  • Hypoplastic left heart syndrome, dimana bagian kiri jantung berukuran kecil karena tidak berkembang dengan normal.
  • Kelainan yang ditandai dengan adanya lubang pada jantung, termasuk defek septum ventrikel, cacat septrum atrial, dan patent ducus arteriosus.
  • Tetralogy of fallot yang merupakan kombinasi dari empat kondisi, yaitu lubang pada septum ventrikel, penebalan pada bagian kanan jantung, penyempitan katup antara ventrikel kanan dan arteri pulmonnalis, dan posisi aorta abnormal.

Baca Juga: Kisah Anak-Anak yang Terlahir dengan Kelainan Jantung, Mengharukan!

Atherosclerosis

Ketahui 5 Tipe Penyakit Jantung Pada Anak 2.jpg

Foto: pacificpediatriccardiology.com

Rupanya bukan cuma orang dewasa saja yang pembuluh darahnya bisa tersumbat.

Menurut American Heart Association, artherosclerosis pada anak juga bisa terjadi akibat pembuluh darah tersumbat oleh kolesterol, lemak, zat buangan, dan material pembekuan dalam darah.

Beberapa faktor yang meningkatkan resiko artheosclerosis diantaranya adalah obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, serta sejarah penyakit jantung dalam keluarga.

Aritmia

Ketahui 5 Tipe Penyakit Jantung Pada Anak 3.jpg

Foto: blog.lifecell.in

Dikutip dari situs clevelandclinic.org, aritmia adalah kondisi dimana jantung berdetak tidak teratur. Sebagian kasus aritmia tidak berbahaya, namun ada pula yang serius dan bisa mengancam nyawa anak.

Aritmia pada anak bisa dikelompokkan menjadi tiga kategori utama, yaitu aritmia atrial, aritmia ventrikel, dan bradikardi.

Baca Juga: Kenali Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Penyakit Kawasaki

Ketahui 5 Tipe Penyakit Jantung Pada Anak 4.jpg

Foto: travelsandtwins.com

Menurut America Academy of Pediatrics, peradangan pada pembuluh darah akibat penyakit kawasaki adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung bawaan pada anak dibawah usia 5 tahun.

Diawali dengan demam diatas 38.9 derajat Celcius selama setidaknya lima hari, penyakit kawasaki juga ditandai dengan munculnya berbagai gejala seperti:

  • Ruam di seluruh tubuh, tapi terlihat parah di area popok.
  • Mata merah tanpa disertai kotoran, cairan, atau kerak.
  • Kelenjar getah bening yang bengkak dan terasa nyeri pada satu sisi leher.
  • Bibir sangat merah, membengkak, dan pecah-pecah; lidah tampak seperti strawberry dengan bercak merah yang terlihat kasar.
  • Pengelupasan jari tangan dan kaki (dua sampai tiga minggu setelah demam).

Baca Juga: Mengenal Penyakit Kawasaki yang Bahayakan Jantung Bayi

Myocarditis

Ketahui 5 Tipe Penyakit Jantung Pada Anak 5.jpg

Foto: kidshealthlinks.org

Tipe penyakit jantung anak yang satu ini disebabkan oleh virus yang menyerang otot jantung, sehingga terjadi peradangan serta mengganggu pengiriman sinyal yang dibutuhkan agar jantung berdetak secara normal.

Myocarditis dapat mempengaruhi kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh organ tubuh, namun gejalanya justru tampak ringan seperti napas pendek, rasa lelah, dan rasa tidak nyaman di dada.

Nah, apa Moms tahu saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung anak?

Artikel Terkait