TRIMESTER 2
4 Oktober 2019

Ketahui 7 Cara Aman Mengatasi Mata Ikan pada Ibu Hamil

Pencegahan dan penyembuhan mata ikan bisa dilakukan di rumah
Artikel ditulis oleh Nadia
Disunting oleh Dina Vionetta

Selama kehamilan, kaki mungkin akan terasa sakit karena menanggung beban berat dalam perut. Di akhir kehamilan, masalah kaki bengkak lebih sering ditemui.

Namun, ada pula Moms yang berjuang dengan masalah lain pada kaki, yakni mata ikan. Oleh sebab itu, perawatan kaki saat hamil memerlukan perhatian ekstra. Terutama jika Moms memiliki mata ikan.

Mata ikan adalah gangguan kesehatan yang biasanya menyerang telapak kaki. Mata ikan berbentuk bulat dan memiliki mata berupa titik kecil seperti halnya mata seekor ikan.

Mata ikan akan menimbulkan rasa sakit jika tertekan. Jika dibiarkan, mata ikan akan membesar bahkan beranak. Oleh karena itu, kondisi ini tidak boleh dibiarkan.

Di bawah ini Orami sudah merangkum cara mudah untuk mencegah dan menyembuhkan mata ikan pada ibu hamil. Dilansir dari laman American Pregnancy, ada 7 cara yang bisa Moms praktikan di rumah.

1. Rendam Kaki dalam Air Hangat

01 RENDAM KAKI - sumber medicalnewstoday.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Cara ini berguna untuk melunakkan kaki kapalan dan mata ikan. Selain itu, air hangat berfungsi menstabilkan suhu badan. Sebab, mata ikan mudah tumbuh pada kaki yang dingin.

Baca Juga:

2. Gunakan Kaus Kaki

02 GUNAKAN KAOS KAKI - sumber primecompression.jpg

Foto: primecompression.com

Sederhana tapi penting. Menggunakan kaus kaki di dalam rumah dapat membantu menghindari kuman masuk ke serat kulit telapak kaki. Jika perlu, Moms gunakan pula sandal rumah. Sehingga kuman tidak mudah menempel di kaki.

3. Hindari Berlama-lama Mandi

03 HINDARI MANDI BERLAMA-LAMA - sumber thebump.jpg

Foto: thebump.com

Rutinitas mandi saat hamil memang menyenangkan. Saat mandi, Moms bisa melepaskan kepenatan dalam menjalani kehamilan.

Namun dikutip dari situs The Bump, wanita hamil hendaklah mandi tidak lebih dari 10 menit. Kaki yang lembab dan dingin sangat disukai bakteri yang menyebabkan mata ikan.

Maka hindarilah mandi berlama-lama hingga telapak kaki keriput. Mandi sewajarnya saja ya, Moms!

Baca Juga: Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

4. Manfaatkan Bawang Putih

04 MANFAATKAN BAWANG PUTIH - sumber thespruceeats.jpg

Foto: thespruceeats.com

Bawang putih teruji klinis efektif membuang jaringan mata ikan dari tubuh. Caranya hanya dengan menggosok bawang putih pada mata ikan setiap malam.

Gosok selama satu menit, atau tempelkan potongan kecil bawang putih, lalu tutup menggunakan perban.

5. Cuka Sari Apel

05 CUKA SARI APEL - sumber bodyandsoul.jpg

Foto: bodyandsoul.com

Cuka sari apel dapat melembutkan dan menyingkirkan mata ikan di kaki. Sifatnya mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan melunakkan mata ikan. Cuka sari apel juga bersifat antibakteri dan dapat membunuh bakteri di area mata ikan.

Caranya, rendamlah kaki yang terkena mata ikan dalam larutan cuka sari apel selama 25 menit kemudian gosok dengan batu apung.

Bungkus kulit kaki yang terdapat mata ikan dengan perban yang telah dibasahi dengan cuka sari apel. Moms akan melihat perbedaannya setelah rutin melakukan ini selama seminggu.

Baca Juga: 4 Efek Samping Mengonsumsi Cuka Apel secara Berlebihan

6. Pepaya

06 PEPAYA - sumber organicfacts.jpg

Foto: organicfacts.com

Selain menyegarkan, buah pepaya juga menjadi salah satu cara alami mengobati mata ikan. Pepaya dikenal memiliki khasiat untuk pengelupasan kulit, berkat enzim papain yang ditemukan dalam pepaya. Tentu sangat cocok untuk menghilangkan mata ikan di kaki.

Caranya, oleskan setengah sendok teh jus pepaya mentah pada mata ikan dengan bantuan kapas. Biarkan hingga semalaman dan bersihkan keesokan harinya. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin tiap malam sampai mata ikan benar-benar menghilang.

7. Bawang Bombay

07 BAWANG BOMBAY - sumber ocado.jpg

Foto: ocado.com

Satu lagi bumbu dapur yang dapat mengobati mata ikan di kaki. Sifat antioksidan pada bawang dapat meningkatkan proses penyembuhan dan menghambat pertumbuhan mata ikan. Cara ini telah terbukti dapat mengurangi bekas luka pada kulit karena mata ikan.

Caranya, tempelkan irisan bawang pada mata ikan kemudian perban menggunakan kain kasa. Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan harinya. Lakukan cara ini setiap hari dan lihat hasilnya selama seminggu.

Itulah 7 cara mudah mencegah dan menyembuhkan mata ikan. Dalam kasus yang parah, biasanya dokter akan merekomendasikan bedah minor untuk mengangkat mata ikan.

Terkait dengan hal ini, Moms dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai opsi perawatan lainnya.

Baca Juga: Benarkah Jus Bawang Bombay Bisa Mengatasi Rambut Rontok?

(CIL)

Artikel Terkait