KESEHATAN
19 Juni 2019

Ketahui Bahaya Minuman Berenergi, Ini 4 Minuman Alternatif yang Bisa Dipilih

Konsumsi kopi lebih baik dari minuman berenergi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika membutuhkan energi ekstra untuk melakukan aktivitas, ada orang yang memilih untuk mengonsumsi minuman berenergi.

Minuman berenergi dipasarkan sebagai minuman yang dapat memberikan stimulan, untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan energi.

Mengutip dari situs NHS, minuman berenergi mengandung kafein tingkat tinggi, dan meskipun bukan merupakan minuman beralkohol, orang-orang ada yang mencampurnya dengan minuman alkohol.

Baca Juga: 5 Tipe Kafein dan Pengaruhnya pada Produktivitas Kerja

Risiko Kesehatan Minuman Berenergi

minuman berenergi-1.jpg

The Guardian melaporkan ulasan baru oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengulas literatur tentang risiko kesehatan terkait minuman berenergi.

Ulasan tersebut dipicu oleh kekhawatiran yang diajukan oleh komunitas ilmiah dan di kalangan masyarakat umum tentang efek kesehatan dari minuman ini.

Para peneliti menemukan ada bahaya minuman berenergi. Mereka menggambarkan sejumlah risiko kesehatan potensial, terutama yang terkait dengan kandungan kafein tinggi dari minuman berenergi, serta risiko bila menggabungkannya dengan minuman alkohol.

Masih dari NHS, ada beberapa bahaya minuman berenergi untuk kesehatan, yang meliputi:

  • Overdosis kafein, yang dapat menyebabkan sejumlah gejala: jantung berdebar, tekanan darah tinggi, mual dan muntah, kejang-kejang dan, dalam beberapa kasus bahkan kematian
  • Diabetes tipe 2, karena konsumsi kafein yang tinggi mengurangi sensitivitas insulin
  • Keguguran, bayi dengan berat badan lahir rendah dan kasus lahir-mati pada wanita hamil
  • Efek sistem neurologis dan kardiovaskular pada anak-anak dan remaja
  • Perilaku mencari sensasi
  • Penggunaan dan ketergantungan pada zat berbahaya lainnya
  • Kesehatan gigi yang memburuk
  • Obesitas

Baca Juga: 5 Tipe Kafein dan Pengaruhnya pada Produktivitas Kerja

Pengganti Minuman Berenergi

Untuk menghindari bahaya minuman berenergi, ada baiknya Moms mencari alternatif minuman lain jika ingin memiliki cukup tenaga untuk beraktivitas, bisa mencoba beberapa minuman alami.

Apa saja? Yuk kita cari tahu di bawah ini!

1. Teh Hijau untuk Menghindari Bahaya Minuman Berenergi

imunitas teh hijau

Teh mengandung sedikit kafein, yang meningkatkan energi, namun juga memiliki zat-zat tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan sebagai bonus tambahan.

Teh hijau mengandung antioksidan dan mineral yang baik untuk kesehatan, dan juga menyediakan kafein yang sangat dibutuhkan untuk membantu saat harus produktif.

2. Teh Akar Jahe untuk Menghindari Bahaya Minuman Berenergi

teh akar jahe-1.jpg

Akar jahe bermanfaat bagi sistem kekebalan dan pencernaan, dan dapat membantu mencegah kanker dan penyakit Alzheimer, sebagai manfaat lainnya.

Meskipun tidak mengandung kafein, sehingga teh akar jahe tidak dapat memberikan dorongan energi langsung, tetapi berbagai manfaat kesehatannya dapat membantu mempertahankan tingkat energi dan tetap sehat dalam jangka panjang.

Selain itu, minum teh akar jahe dapat membantu meringankan nyeri otot dan memungkinkan tubuh lebih rileks, sehingga tetap tenang saat sedang bekerja.

Seduh akar jahe selama 5 menit atau lebih, bisa juga ditambahkan daun mint, lemon, madu, atau bumbu dan rempah lainnya.

Baca Juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

3. Jus Segar untuk Menghindari Bahaya Minuman Berenergi

jus sayuran

Kafein bukan satu-satunya cara tubuh menghasilkan energi. Tubuh memproduksinya dari makanan yang dikonsumsi.

Namun, ketimbang makan kudapan manis untuk menambah sedikit energi, sebaiknya buat jus hijau untuk membuat tubuh merasa kenyang dan tetap terjaga.

Buat jus segar dari sayuran hijau, yang mengandung zat besi dan vitamin A, C, dan K. Kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan protein yang sangat dibutuhkan dan membantu mempertahankan tingkat energi.

Atau, bisa juga membuat jus dari buah beri yang sarat dengan antioksidan. Tambahkan beberapa buah jeruk, kiwi, dan pisang, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, jaga asupan gula jika ingin menambahkan pemanis.

4. Kopi untuk Menghindari Bahaya Minuman Berenergi

ini aturan minum kopi pada ibu hamil 3

Dalam hal ini, kopi menjadi minuman yang lebih baik daripada minuman berenergi. Seduh kopi favorit untuk tetap membuat tubuh lebih berenergi selama waktu istirahat.

Namun, ketika mengonsumsi kopi, perhatikan juga jumlah pemanis yang dimasukkan dan pilih jenis kopi dengan kadar kafein yang dibutuhkan.

Itulah bahaya minuman berenergi yang perlu Moms ketahui. Jika membutuhkan energi lebih untuk beraktivitas, Moms juga bisa mengonsumsi minuman berenergi alami di atas. Selamat mencoba!

Artikel Terkait