FASHION & BEAUTY
16 Juni 2019

Ketahui Cara Mencuci Jeans Agar Tahan Lama dan Warna Tidak Mudah Pudar

Agar jeans lebih awet dan warna tidak mudah pudar
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Nampaknya setiap orang memiliki prinsipnya masing-masing dalam membersihkan dan mencuci jeans. Ada dari mereka yang hanya mencuci ketika sudah benar-benar kotor, ada juga yang dicuci sehari sekali.

Namun, sebenarnya dalam merawat pakaian jeans, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai Moms asal langsung memasukkannya ke dalam mesin cuci, namun malah merusak jeans tersebut.

Disarankan untuk mencuci jeans setelah tiga hingga empat kali dipakai, agar jeans tetap bersih, pas, dan tampak baru selama mungkin. Ketahui cara mencuci jeans, dilansir dari Good Housekeeping.

Baca Juga: Barang Lain yang Dapat Dicuci dengan Mesin Cuci

Cara Terbaik Mencuci Jeans

mencuci jeans-3.jpg

Baru atau lama, Moms harus selalu membalikkan jeans sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Ini membantu meminimalkan abrasi yang menyebabkan pudar serta keausan di bagian, saku, dan tepi pinggang.

Penting untuk menaikkan ritsleting dan mengancingkan kancing, untuk membantu menjaga jeans tetap dalam kondisi bagus dan mencegah tersangkutnya pakaian lain yang dicuci.

Untuk celana jeans robek dengan lubang dan serat yang terurai, jepitkan celah atau tepiannya sehingga menjaga denim agar robekan tidak meluas.

Namun, bila celana jeans benar-benar robek, akan lebih bagus bila dicuci dengan tangan.

Gunakan deterjen yang dirancang untuk menjaga warna, deterjen ini mengandung bahan-bahan yang membantu kain menahan pewarna, dan menonaktifkan klorin dalam air yang dapat memudarkan warna.

Selain itu, cuci jeans dalam air dingin dengan pengaturan waktu pendek dan tingkat mencuci yang lembut.

Cara Terbaik Mengeringkan Jeans

mencuci jeans-2.jpg

Saat melakukan pengeringan jeans, pastikan untuk membalikkan dan mengeringkannya pada tingkat mencuci halus dan pengaturan panas rendah, kecuali label perawatan mengarahkan sebaliknya.

Jeans akan bertahan lebih lama bila Moms mengeluarkannya dari pengering saat kainnya sedikit lembap. Cukup ratakan kerutannya, gantung jeans dan biarkan mengering.

Mengeringkannya secara berlebihan di mesin dapat menyebabkan jeans menyusut dan suhu yang terlalu tinggi dapat mengering dan merusak spandex atau elastane (Lycra) pada kain yang membuatnya meregang.

Baca Juga: Cara Merawat Celana Jeans Yang Wajib Diketahui

Tips Lain Dalam Mencuci Jeans

Jangan Masukkan Jeans Dalam Mesin Cuci yang Penuh Pakaian

Semakin banyak garmen yang dimasukkan memang semakin cepat menyelesaikan cucian, tetapi semakin banyak keausan pada kain.

Ini karena tidak ada ruang untuk bergerak, ritsleting bisa tersangkut, dan jahitan bisa pecah. Pakaian harus bersirkulasi atau jatuh bebas, sehingga bisa dibersihkan dan dikeringkan secara menyeluruh, bersih, dan tidak kusut.

Baca Juga: 5 Inspirasi Mix and Match Jaket Jeans Agar Terlihat Stylish

Pisahkan Jeans Warna Terang dan Gelap

mencuci jeans.jpg

Moms mungkin berpikir bahwa aman untuk mencuci semua jeans bersama-sama, terlepas dari perbedaan warnanya.

Tetapi bila melakukannya, kemungkinan bisa menyebabkan lunturnya warna pakaian dari jeans gelap ke garmen jeans yang lebih terang. Cuci dan keringkan jeans secara terpisah, antara warna yang gelap dan terang.

(AP)

Artikel Terkait