TRIMESTER 1
29 Agustus 2019

Ketahui Cara Mengatasi Bau Mulut saat Hamil di Sini

Bagaimana cara mengatasi bau mulut saat hamil? Ini faktanya.
placeholder

Foto: babycentre.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Setiap dari kita mempunyai kewajiban untuk selalu memelihara kesehatan mulut dan gigi. Sedikit saja masalah yang terjadi pada rongga mulut, maka dapat mengganggu aktivitas dan membuat seluruh tubuh menjadi tidak nyaman. Menjaga kesehatan mulut dan gigi juga penting dilakukan oleh ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil rentan mengalami masalah dalam area rongga mulutnya.

Masalah seperti bau mulut tak sedap, gusi membengkak dan berdarah, serta plak gigi yang menempel kerap terjadi. Mengapa demikian? Seorang dokter bernama drg. Annisa Sabhrina menjelaskan kepada Moms tentang penyebab terjadinya masalah mulut dan gigi pada ibu hamil.

Peningkatan kadar hormon menjadi alasan Moms sering mengalami masalah pada rongga mulut. Iritasi gusi yang berasal dari faktor lokal seperti plak gigi juga dapat menyebabkan beberapa kondisi penyakit mulut dan gusi muncul pada trimester pertama kehamilan hingga setelah melahirkan,” ungkap drg. Annisa pada Kulwap Orami Community, Kamis (9/5) silam.

Peningkatan kadar estrogen pada saliva, proliferasi di mukosa mulut dapat menyebabkan rongga mulut menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk tumbuh. Jika bakteri terus berada di dalam rongga mulut dan tidak ditangani secara tepat, maka hal ini dapat menyebabkan karies atau lubang pada gigi. Tak dapat dihindari pula bau mulut saat hamil rentan terjadi.

Bau mulut tentunya membuat rasa yang tidak nyaman. Adapun beberapa gejala yang bisa Moms rasakan seperti terbentuk plak di mulut, mulut terasa lebih kering dari biasanya dan terasa pahit, dan adanya lapisan tebal di area lidah. Segera atasi bau mulut saat hamil dengan tindakan perawatan gigi yang tepat.

Baca Juga: Cegah Bau Mulut Saat Puasa, Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Benar?

Rutin Perawatan ke Dokter Gigi

Ketahui Cara Mengatasi Bau Mulut saat Hamil di Sini 01.jpg

Foto: momjunction.com

Kesehatan gigi perlu dirawat, terutama ketika Moms sedang menjalani masa kehamilan. Penting untuk mempunyai waktu rutin ke dokter gigi selama hamil agar menjadi tindakan preventif mencegah permasalahan pada rongga mulut. Setiap perawatan gigi yang dilakukan tentunya juga melihat berdasarkan usia kehamilannya masing-masing.

“Perawatan gigi seperti perawatan saluran akar, pembersihan karang gigi, dan pencabutan gigi bisa dilakukan saat hamil. Pengambilan radiologi juga bisa dilakukan, namun sebaiknya konsultasi kepada dokter kandungan dengan pilihan terbaik yaitu menunda hingga persalinan tiba,” ujar drg. Annisa yang praktik di RSIA Cinta Kasih, Ciputat ini.

Selain itu, perawatan gigi selama masa kehamilan juga mengutamakan kenyamanan Moms dan kesehatan janin di dalam kandungan. Maka, waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi adalah trimester kedua kehamilan. Karena biasanya pada trimester pertama, Moms masih sering merasa mual, sedangkan memasuki trimester ketiga kehamilan, biasanya posisi duduk di dental unit dalam waktu yang lama membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman.

Baca Juga: Bingung Menegur Suami Bau Badan atau Bau Mulut? Begini Caranya!

Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Ketahui Cara Mengatasi Bau Mulut saat Hamil di Sini 02.jpg

Foto: babycentre.com

Selain rutin perawatan ke dokter gigi, hal yang tak boleh Moms lupakan adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang selama masa kehamilan. Perbanyak asupan makanan dengan kandungan kalsium, karena ibu hamil harus tercukupi kadar kalsium hingga proses menyusui. Jika kadar kalsium tidak tercukupi, maka tubuh akan mengambil dari tulang ataupun gigi sehingga menjadi lebih mudah rapuh.

Batasi konsumsi makanan dan minuman manis dengan gula berlebih karena bisa mengganggu kesehatan rongga mulut. Selama masa kehamilan, pastikan juga Moms mendapatkan asupan cairan tubuh yang cukup sehingga terhindar dari dehidrasi. Hal ini juga dapat mencegah kondisi bau mulut saat hamil. Selamat mencoba, Moms!

Baca Juga: Bau Mulut Jangan Dibiarkan! Bisa Jadi Gejala 4 Penyakit Ini!

(DG)

Artikel Terkait