DI ATAS 5 TAHUN
12 Juni 2019

Bisa Negatif dan Positif, Ketahui Dampak Video Game Bagi Karakter Anak

Dampingi anak saat bermain video game
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Dina

Apakah Moms termasuk orang tua yang memberikan fasilitas dan kebebasan kepada Si Kecil bermain video game?

Rupanya, game canggih yang menjadi hiburan favorit banyak anak di seluruh dunia ini bisa memberikan pengaruh positif dan negatif lho pada perkembangan karakter anak.

Sisi positif dan negatif dari kebiasaan bermain video game berteknologi tinggi wajib menjadi perhatian Moms mulai saat ini.

Sebagai suatu bentuk permainan yang dikembangkan untuk memberikan hiburan, dampak video game juga ada negatif dan positifnya sehingga bisa memengaruhi perkembangan si Kecil.

Baca Juga : 4 Alasan Anak Suka Main Game

Dampak Video Game yang Positif Bagi Anak

shutterstock 414175912

Berikut adalah dampak video game yang positif untuk karakter anak berdasarkan artikel berjudul “The Positive and Negative Effects of Video Games”:

1. Berpikir secara efektif

Misi dengan tingkat kesulitan berbeda akan membuat otak si Kecil bekerja secara efektif untuk berusaha melewati rintangan dan menjadi pemenang. Selain itu, misi tersebut juga membuat kinerja otak semakin meningkat.

2. Berpikir cepat

Game biasanya memberikan batasan waktu untuk para pemain dalam menyelesaikan rintangan. Hal ini dapat membantu pembentukan karakter anak yang mampu berpikir cepat dan tepat untuk menyelesaikan masalah.

3. Kreatif

Beberapa game dengan perintah dan sistem yang cukup rumit mendorong si Kecil untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah dan menyelesaikan misi.

4. Pantang menyerah

Meski memiliki tingkatan level yang semakin tinggi, sulit dan membutuhkan kemampuan yang harus ditingkatkan, buah hati akan merasa tertantang dan pantang menyerah untuk melewati level tersebut.

5. Pribadi yang teliti dan penuh konsentrasi

Game dapat melatih anak untuk berkonsentrasi pada suatu hal. Bagian-bagian detail yang sangat kompleks juga membuatnya terbiasa memahami hal-hal secara teliti.

Baca Juga : 4 Tips Memilih Video Game Untuk Anak

Dampak Video Game yang Negatif Bagi Anak

shutterstock 733157317

Selain memiliki manfaat positif untuk perkembangan karakter anak, dampak video game juga bisa negatif untuk perkembangan mental buah hati lho Bu, yaitu:

1. Perilaku agresif

Video game yang menampilkan kekerasan seperti membunuh, menembak, menendang, dan melukai orang lain untuk mencapai kemenangan dapat membuat si Kecil memiliki perilaku yang lebih agresif ketika berhadapan dengan kehidupan nyata.

Kekerasan yang dilihatnya setiap hari dianggap menjadi “hal biasa” yang memberikan kepuasan pada dirinya.

2. Anti-sosial

Anak yang menghabiskan waktunya untuk bermain game saja tidak memiliki banyak kesempatan untuk bergaul dengan teman-teman seusianya, sehingga ia akan lebih suka menyendiri dan menjadi individu yang anti-sosial.

3. Berbicara kasar

Kata-kata kasar bisa diperoleh si Kecil dari para pemain game online lain yang tersebar di dunia maya. Kata-kata ini akan mudah masuk ke dalam otak dan ditiru oleh buah hati yang menikmati game tersebut.

4. Depresi dan selalu cemas

Penelitian membuktikan bahwa anak yang kecanduan bermain game lebih mudah merasa depresi dan cemas dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya pengaruh positif dan negatif video game untuk perkembangan karakter anak, mulai saat ini Moms harus pandai-pandai mengatur waktu bagi buah hati yang ingin bermain video game.

Selain itu, jenis game yang dimainkan anak juga perlu diperhatikan, supaya si Kecil terhindar dari adegan kekerasan dan pornografi yang bisa memberikan pengaruh negatif pada perkembangannya.

Baca Juga: 6 Aplikasi dan Game Edukasi di Android untuk Anak

Jangan sampai game yang bertujuan untuk memberikan hiburan justru membawa dampak yang buruk bagi karakter anak Moms.

Sumber : Bilna

Artikel Terkait