KESEHATAN
23 Oktober 2019

Ketahui Manfaat Pijatan untuk Ringankan Neuropati

Pijat tangan dan kaki bisa dilakukan sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Neuropati memiliki gejala yang khas berupa mati rasa, kesemutan, atau nyeri pada tangan dan kaki. Salah satu cara untuk meringankan gejala tersebut adalah dengan melakukan pijat tangan dan kaki.

Artikel Foundation for Peripheral Neuropathy juga mengatakan bahwa terapi pijat semakin banyak ditawarkan bersama dengan perawatan standar untuk berbagai kondisi dan situasi medis.

Instruktur Yoga di Cancer Wellness, Mary Beth Kealy, MSN, APNC, CCIT, E-RYT menjelaskan manfaat pijat tangan dan kaki untuk neuropati dan bagaimana cara melakukannya di rumah.

Baca Juga: Kenali Neuropati, Penyakit yang Disebabkan dari Kegiatan Sehari-hari

Pijatan Dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah

foot massage - familydoctor.org.jpg

Foto: Familydoctor.org

Kealy menyebutkan, cara terbaik untuk melancarkan aliran darah adalah dengan memijat.

"Intinya adalah mencoba meningkatkan sirkulasi di area yang mengalami neuropati,” jelasnya.

Kegiatan lain yang dapat merangsang aliran darah dalam tubuh di antaranya merajut dan berolahraga. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak otot bergerak, maka sirkulasi darah untuk menyehatkan ujung saraf pun semakin baik.

Bahkan, jika tidak memiliki neuropati, pijatan, olahraga, dan merajut bermanfaat untuk sirkulasi darah yang dapat mencegah neuropati

Bagaimana Caranya Melakukan Pijatan untuk Penderita Neuropati?

pijat tangan bola golf - rd.com.jpg

Foto: Rd.com

Kealy mengatakan, memijat tangan dan kaki beberapa kali dalam sehari bermanfaat bagi penderita neuropati. Namun, karena pijatan menggunakan tangan cukup melelahkan, ada beberapa teknik yang dapat dilakukan, yakni:

  • Isi ember atau wadah khusus rendaman kaki dengan air dan kelereng. Kemudian, rendam dan gerakkan telapak kaki untuk mendapatkan efek pijatan dari kelereng tersebut. Bisa pula menambahkan minyak esensial ke dalam rendaman tersebut.
  • Pijat tangan dan kaki dengan lotion.
  • Gerakkan telapak kaki dengan bantuan bola tenis pada bagian bawah. Sedangkan untuk tangan, dapat menggunakan bantuan bola golf.
  • "Minta bantuan pasangan, anggota keluarga, atau teman untuk melakukan pijatan pada tangan dan kaki. Pijat adalah sesuatu yang positif yang dapat bermanfaat untuk tubuh," tambah Kealy.

Baca Juga: 4 Treatment Tradisional Untuk Neuropati

Manfaat Pijatan untuk Penderita Neuropati

Hand and foot massage for neuropathy - piedmont.org.jpg

Foto: Piedmont.org

American Massage Therapy Association Consumer Survey Facts mencatat, sebanyak 75 persen responden mengklaim alasan utama mereka melakukan pijatan dalam 12 bulan terakhir dikarenakan kondisi medis (43 persen) dan stres (32 persen) yang berkaitan dengan kondisi kesehatan.

Selain itu, 87 persen orang menganggap pijat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Hasil lainnya, sebanyak 61 persen responden mengatakan dokter merekomendasikan mereka untuk dipijat.

Manfaat pijat untuk kesehatan di antaranya:

  • Mengurangi depresi dan kecemasan
  • Tingkatkan kekebalan dengan menstimulasi aliran getah bening, sistem pertahanan alami tubuh
  • Tingkatkan fleksibilitas sendi
  • Meningkatkan sirkulasi pompa oksigen dan nutrisi ke jaringan dan organ vital
  • Mengurangi kram
  • Melepaskan endorfin, asam amino yang bekerja sebagai penghilang rasa sakit alami tubuh

Baca Juga: Perlu Diwaspadai, Ini 4 Jenis Penyakit Neuropati yang Umum Terjadi

Pijatan tangan dan kaki untuk meringankan gejala neuropati dapat dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan orang lain. Nah, mudah bukan?

(SWN)

Artikel Terkait