PROGRAM HAMIL
21 Juli 2019

Sakit Gigi saat Hamil? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Simak yuk penyebab sakit gigi saat Moms sedang hamil
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat Moms hamil, selain pusing dan muntah-muntah, terkadang Moms juga bisa mengalami sakit gigi.

Berbagai upaya Moms lakukan saat sakit gigi saat hamil, mulai dari mengompres panas, kompres dingin, menggunakan cengkeh, bawang putih, air hangat, dan menjauhi makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

Namun, Moms sebaiknya perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab sakit gigi saat hamil. Apa saja? Simak, Moms!

1. Perubahan Hormon

pregnant mom stressed

Penyebab utama Moms sakit gigi saat hamil adalah terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh. Seperti peningkatan aliran darah ke hormon hiperaktif yang membuat pengaruh pada kondisi kehamilan.

Menurut American Pregnancy Association (APA), hormon kehamilan sebenarnya dapat mempengaruhi cara tubuh Moms merespons bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi periodontal.

Perubahan hormon, kebersihan mulut yang buruk, merokok, diabetes, dan makanan manis dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan masalah gigi yang mungkin Moms alami.

Bisa terjadi sebuah lonjakan hormon di seluruh tubuh selama masa kehamilan, serta peningkatan volume darah yang dapat menyebabkan gusi dari banyak ibu hamil membengkak, berdarah, dan teriritasi.

Maka dari itu, Moms diharuskan untuk rajin menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Moms juga bisa berkumur dengan menggunakan cairan kumur dan memakai benang gigi untuk membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi.

Baca Juga: Khasiat Jitu Si Bawang Putih Untuk Sakit Gigi

2. Gusi Terinfeksi

yay 18201410 digital

Sakit gigi saat hamil juga bisa disebabkan karena gusi yang terinfeksi atau biasa dikenal dengan radang gusi.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Natural Science, Biology and Medicine pada 2010, ibu hamil lebih rentan terhadap penyakit gusi, pendarahan, sakit gigi, dan gusi yang terinfeksi dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan saat masa kehamilan.

Bahkan, gusi yang terinfeksi ini bisa membahayakan kondisi janin. Dampaknya bisa bermacam-macam, mulai dari keguguran, berat lahir rendah, dan prematur.

Hal ini dibuktikan pada penelitian dalam jurnal Obstetrics and Gynecology, yang mengungkapkan bahwa kasus radang gusi atau gusi yang terinfeksi ini terbukti membahayakan janin. Penelitian ini menemukan kasus wanita 35 tahun yang melahirkan bayi tidak bernyawa saat 39 minggu masa kehamilan.

Baca Juga: Belum Perlu Ke Dokter, Ini 5 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dengan Bahan Dapur

3. Kurangnya Kalsium

pregnant teeth pain

Kurangnya kalsium juga menjadi penyebab sakit gigi saat hamil selanjutnya. Saat Moms dalam masa kehamilan, biasanya kebutuhan kalsium akan terbagi menjadi dua, satu untuk Ibu dan satu untuk bayi.

Namun biasanya, calon bayi akan mengambil terlebih dahulu kalsium pada tulang Ibu dan ketika sudah benar-benar kekurangan, barulah akan menuju ke gigi. Ketika gigi kekurangan kalsium, hal itulah yang menjadi penyebab sakit gigi saat hamil.

Solusinya, saat masa kehamilan, Moms harus meningkatkan asupan kalsium dua kali lipat dari biasanya. Moms bisa mendapatkannya dengan rutin mengonsumsi keju, susu, yoghurt.

Setelah mengetahui penyebab sakit gigi saat hamil di atas. Selanjutnya, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter untuk masalah sakit gigi saat hamil yang dialami. Cepat sembuh ya, Moms!

(IRN)

Artikel Terkait