KESEHATAN
22 Mei 2019

Ketahui Perbedaan dan Manfaat Omega-3, 6, dan 9, Ini Sumber Makanannya

Ketahui perbedaan dan manfaatnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan

Asam lemak omega-3, omega-6 dan omega-9 adalah lemak makanan yang penting. Menariknya, masing-masing memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh.

Namun, penting untuk mendapatkan keseimbangan asam lemak omega-3, -6 dan -9 dalam menu makanan. Ketidakseimbangan dapat berkontribusi pada sejumlah penyakit kronis.

Berikut penjelasan tentang manfaat omega-3, -6 dan -9, termasuk jenis makanan apa yang mengandung omega-3,-6,-9 tersebut!

Baca Juga: Berikan 3 Makanan Ini Sebagai Sumber Lemak Sehat Bagi Bayi

Manfaat Omega-3

manfaat omega 3.jpg

Asam lemak omega-3 adalah lemak tak jenuh ganda. Lemak ini tidak bisa dibuat oleh tubuh dan disebut sebagai "lemak esensial". Karenanya, hanya bisa didapatkan dari makanan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan setidaknya seseorang makan dua porsi ikan berminyak per minggu, yang kaya akan omega-3 EPA dan DHA.

Dari sekian banyak jenis lemak omega-3, berikut ini adalah tiga yang paling umum:

  1. Eicosapentaenoic acid (EPA): Fungsi utama asam lemak ini untuk menghasilkan bahan kimia yang disebut eicosanoids, yang membantu mengurangi peradangan. EPA juga membantu mengurangi gejala depresi.
  2. Docosahexaenoic acid (DHA): DHA membentuk sekitar 8 persen dari berat otak dan sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang normal.
  3. Asam alfa-linolenat (ALA): Asam lemak ini dapat dikonversi menjadi EPA dan DHA, meskipun prosesnya tidak terlalu efisien. ALA terutama digunakan oleh tubuh untuk energi.

Lemak omega-3 adalah bagian penting dari membran sel manusia. Mereka juga memiliki sejumlah fungsi penting lainnya, berikut manfaat omega-3:

  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mendukung kesehatan mental seperti mengurangi gejala depresi, skizofrenia, dan gangguan bipolar
  • Mengurangi berat dan ukuran pinggang
  • Mengurangi lemak hati
  • Mendukung perkembangan otak bayi
  • Memerangi peradangan yang dapat berkontribusi pada sejumlah penyakit kronis
  • Mencegah demensia bagi orang yang cenderung mengalami penurunan fungsi otak di usia tua dengan membantu meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Mencegah asma

Beberapa makanan yang mengandung asam omega-3:

  • Salmon
  • Ikan kembung
  • Sarden
  • Ikan teri
  • Biji chia
  • Kacang kenari
  • Biji rami

Baca Juga: Mengenal Ketogenic, Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak

Manfaat Omega-6

manfaat omega 6.jpg

Seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 juga merupakan asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak omega-6 juga hanya bisa didapatkan dari makanan.

Lemak ini digunakan sebagai energi, dan jenis yang paling umum adalah asam linoleat.

Zat ini penting dalam sistem kekebalan tubuh. Namun, ketika terlalu banyak diproduksi, dapat meningkatkan penyakit radang.

Beberapa asam lemak omega-6 telah menunjukkan manfaat dalam mengobati gejala penyakit kronis, seperti gejala rheumatoid arthritis (radang sendi kronis), efektif mengobati kanker payudara, bahkan mengurangi massa lemak tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung asam omega-6:

  • Minyak kedelai
  • Minyak jagung
  • Mayonaise
  • Kacang kenari
  • Biji bunga matahari
  • Almond
  • Kacang mete

Baca Juga: Selain Omega-3, 6 Nutrisi Ini Juga Bantu Sehatkan Jantung

Manfaat Omega-9

manfaat omega 9.jpg

Asam lemak omega-9 merupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Berbeda dari dua asam lemak sebelumnya, asam lemak omega-9 tidak sepenuhnya "esensial", yang berarti sebagian dapat diproduksi oleh tubuh.

Satu penelitian dari National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa memiliki pola makan yang tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi kolesterol "jahat" pada pasien diabetes.

Uji coba dengan tikus yang diberi makan tinggi asam lemak tak jenuh ganda meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan.

Beberapa makanan yang mengandung asam omega-9:

  • Minyak zaitun
  • Minyak kacang mete
  • Minyak almond
  • Minyak alpukat
  • Minyak kacang
  • Almond
  • Kacang mete
  • Kacang kenari

Itulah perbedaan manfaat omega-3, 6, dan 9. Mari konsumsi makanan-makanan di atas untuk mendapatkan kesehatan maksimal!

Artikel Terkait