FASHION & BEAUTY
2 Juli 2019

Ketahui Tanda Kulit Dehidrasi, Beda dengan Jenis Kulit Kering

Kulit berminyak juga bisa mengalami dehidrasi
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak yang menganggap bahwa jika wajah kering, menandakan Moms memiliki jenis kulit kering. Padahal, bisa saja sebenarnya kulit wajah Moms mengalami dehidrasi.

"Mungkin sulit dipercaya, tetapi kulit yang dehidrasi sebenarnya jauh lebih umum terjadi daripada kulit kering," kata Elena Arboleda, kepala ahli kecantikan di Mario Badescu Skin Care, dikutip dari Huffington Post.

Ada perbedaan yang cukup besar antara kedua jenis kulit tersebut. Karenanya, penting ketahui perbedaan antara kulit kering dan dehidrasi.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kering yang Sering Tidak Kita Sadari

Kulit Dehidrasi Tanda Kekurangan Air

hero noda hitam di wajah

"Kulit dehidrasi bisa merupakan akibat dari tidak minum cukup air atau berbagai faktor eksternal seperti, sistem pemanas/pendingin dalam ruangan, paparan sinar matahari atau suhu dingin," jelas Arboleda.

Beberapa tanda kulit mengalami dehidrasi seperti kulit yang mengetat, penampilan pori-pori yang lebih kecil dan tekstur bersisik, atau kasar.

Arboleda percaya bahwa penting untuk memerhatikan pilihan gaya hidup atau faktor eksternal yang dapat menyebabkan kulit dehidrasi.

"Menjadi terhidrasi dengan baik tidak hanya penting untuk kulit Anda, tetapi untuk setiap organ dalam tubuh," katanya.

"Kulit juga menyukai lemak sehat: salmon, alpukat, minyak zaitun, makanan ini luar biasa untuk mengatasi kondisi kulit dehidrasi atau kekeringan," jelasnya.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering yang Harus Dicoba

Jenis Kulit Berminyak Juga Bisa Dehidrasi

acne-scar-treatment-1170x650.jpg

Kulit dehidrasi bukan jenis kulit, tetapi suatu kondisi yang ditentukan oleh jumlah kelembapan dalam kulit. Ini dapat disebabkan oleh perubahan cuaca, atau penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok.

Kathy Morrell, seorang ahli estetika dan penulis di Face Fitness, LTD, menjelaskan bahwa kulit yang mengalami dehidrasi dapat terasa kencang dan kering, karenanya banyak yang mengira sebagai jenis kulit kering.

"Hal ini berdampak pada produksi minyak yang berlebihan untuk mengimbangi dehidrasi, dan dapat menciptakan kondisi yang dikaitkan dengan jenis kulit berminyak, termasuk adanya noda dan jerawat," tambah Kathy.

Dengan kata lain, jenis kulit berminyak pun juga bisa mengalami dehidrasi.

Baca Juga: 10 Langkah Perawatan Wajah Untuk Si Kulit Berminyak

Kulit Dehidrasi Mengalami Kekurangan Minyak

krim wajah

"Seiring bertambahnya usia, penghalang lipid semakin berkurang, itulah sebabnya kulit kering jauh lebih umum terjadi pada orang tua," kata Arboleda.

Tanda-tanda kulit akan dehidrasi seperti rasa gatal-gatal, kemerahan dan, keabuan yang kebanyakan dialami oleh orang dengan warna kulit lebih gelap.

Untuk memperbaiki kondisi kulit dehidrasi, Arboleda menyarankan produk dengan bahan yang mengikat kelembapan seperti asam hyaluronic dan kolagen.

Sementara bagi Moms yang punya jenis kulit kering, pilih produk yang mengandung minyak dan lipid.

Jika Moms merasa kulit dehidrasi atau kekeringan, kunjungi dokter kulit atau ahli kecantikan agar mendapatkan perawatan kulit terbaik sesuai kebutuhan.

Artikel Terkait