GAYA HIDUP
8 Desember 2019

Keuntungan Jika Rumah Punya Sirkulasi Udara yang Baik

Rumahku adalah istanaku, jadi harus nyaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidak dapat dipungkiri bahwa udara segar sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap manusia. Bahkan ini merupakan salah satu alat yang kita butuhkan untuk bertahan hidup.

Setiap hari dan sepanjang hari, kita membutuhkan udara yang bersih dan murni untuk dihirup. Namun ini bukanlah masalah utamanya. Kita seringkali berada di dalam ruang yang berventilasi buruk, yang dapat merusak kesehatan kita.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghias Rumah Sebelum Natal Tiba

Memiliki udara yang bersih melalui sistem udara yang segar di rumah dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti asma, yang menurut U.S. Environmental Protection Agency, mempengaruhi 25 juta orang pada tahun tertentu, termasuk 7 juta anak-anak. Bahkan asma menjadi penyebab banyak orang mengunjungi rumah sakit.

Bahkan rumah kita saja mungkin tidak dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik. Padahal penting untuk memiliki kamar berventilasi baik di rumah dan di tempat kerja.

Apa manfaatnya memiliki sirkulasi udara yang baik di rumah?

1. Mengontrol Udara Kotor

sirkulasi udara di rumah baik

Foto: pidjar.com

Moms mungkin berpikir bahwa kualitas udara tempat tinggal kita tidak terlalu bagus, tetapi sering kali udara di dalam rumah terasa lebih kotor dibandingkan dengan udara di luar.

Sistem ventilasi yang baik akan membantu mengeluarkan penumpukan polutan, bakteri, uap air dan bau tak sedap seperti bau badan, bau apek, bau lembap, dan berbagai jenis bau lainnya.

2. Regulasi Udara

sirkulasi udara di rumah baik

Foto: bumitamaproperti.co.id

Kecuali jika Moms memiliki sistem ventilasi yang baik di rumah, Moms mungkin tidak dapat mengendalikan aliran udara di dalam gedung.

Manfaat dari memiliki sirkulasi udara yang baik di rumah, kita akan memiliki banyak udara segar di rumah, sehingga energi dalam tubuh pun bisa jadi lebih kuat dan besar. Itulah sebabnya ventilasi yang baik sangat masuk akal dalam banyak hal.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok untuk di Dalam Ruangan

3. Hentikan Kondensasi

sirkulasi udara di rumah baik

Foto: bergerpaints.com

Kondensasi dapat menyebabkan permukaan dinding berjamur dan busuk, yang mana merupakan sesuatu yang ingin kita semua hindari.

Kondisi lembap dan kondensasi dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti reaksi alergi dan masalah pernapasan. Sirkulasi udara yang baik di rumah dengan bantuan ventilasi akan membantu mengurangi risiko ini.

4. Membuat Rumah Terasa Adem

Ketika banyak orang berada di ruangan yang terbatas, rumah bisa menjadi panas dan tentunya pengap. Kamar berventilasi akan lebih nyaman sekaligus menjadikan rumah atau tempat kerja lebih produktif.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Gantung untuk Hiasan Teras Rumah, Cantik!

5. Manfaat Kesehatan

Sirkulasi udara yang buruk di rumah ditambah dengan ventilasi yang buruk dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk sakit kepala, alergi, asma, ruam dan sinusitis. Semua itu bisa dihindari dengan pemasangan sistem ventilasi, sehingga sirkulasi udara di rumah membaik.

Nah Moms, sekarang sudah tahu kan, betapa pentingnya sirkulasi udara yang baik di rumah. Jangan sampai kesehatan anak dan keluarga terganggu karena hal ini ya.

Artikel Terkait