FASHION & BEAUTY
3 September 2019

Khasiat Baking Soda untuk Ketiak Mulus dan Bersih

Ternyata, baking soda bisa membantu warna ketiak, leher, dan selangkangan kembali cerah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Ketiak memang tidak untuk dipamerkan. Namun, ketiak yang menghitam tetap saja membuat hati gundah. Biasanya, ini terjadi akibat proses menghilangkan bulu ketiak dengan menggunakan pisau cukur atau krim hair removal.

"Selain itu, penyebab umum dari ketiak menghitam adalah penggunaan deodoran dan body spray yang mengandung bahan-bahan penyebab terjadinya kondisi aconthosis nigricans ini," ungkap Dr Keith Roach, pengasuh kolom Kesehatan di Detroit News.

Satu lagi yang bisa menyebabkan ketiak menghitam adalah keringat berlebih yang menyebabkan bakteri terperangkap di kulit ketiak dan mengakibatkan pigmentasi daerah ketiak.

Dapatkah area kulit yang menghitam dikembalikan seperti semula? Jangan khawatir, racikan baking soda ternyata bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan segala permasalahan itu. Yuk, kita perhatikan caranya!

Baca juga: Ketiak Menghitam saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya!

Baking Soda Scrub untuk Ketiak

Khasiat Baking Soda untuk Ketiak Mulus dan Bersih 3

Foto: medicalnewstoday.com

Moms dapat membuat scrub ini di rumah. Cukup dengan menambahkan sedikit air di baking soda dan membuatnya menjadi kental.

Gunakan pasta untuk menggosok ketiak. Cara ini akan membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di ketiak sehingga kulit di area tersebut bisa kembali cerah.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Body Scrub Untuk Kecantikan Kulit

Jenis-jenis Baking Soda Scrub

Untuk hasil yang lebih ampuh, kita bisa juga membuat baking soda scrub dengan beberapa bahan campuran. Simak beberapa di antaranya!

  • Lemon Baking Soda Scrub

Untuk memutihkan area ketiak, cukup ambil dua sendok makan baking soda dan campurkan ke dalam air perasan lemon. Aduk hingga membentuk pasta, lantas balurkan ke area ketiak. Gosok perlahan selama 15 menit dan bersihkan dengan air.

  • Mentimun Baking Soda Scrub

Mentimun yang ditambah baking soda bisa membantu proses pemutihan ketiak.

Keduanya bisa membantu hilangkan sel kulit mati dengan mudah.

Caranya, ambil ekstrak jus dari satu buah mentimun. Kemudian tambahkan baking soda.

Aduk hingga rata dan balurkan ke area ketiak. Diamkan beberapa saat, kemudian cuci dengan air dingin hingga bersih.

  • Minyak Kelapa Baking Soda Scrub

Baking soda dan minyak kelapa bisa bekerja sebagai scrub alami pada kulit. Siapkan 2-3 sendok baking soda, tambahkan sedikit minyak kelapa. Aduk campuran tersebut. Balurkan secara merata di area ketiak, tunggu beberapa saat. Kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

Baking Soda Deodorant untuk Ketiak

Khasiat Baking Soda untuk Ketiak Mulus dan Bersih 2

Foto: freepik.com

Moms cukup menaburi ketiak dengan baking soda seperti memakai bedak. Cara ini dapat mengurangi kelembapan ketiak dan mencegah bau badan.

"Cara ini mengubah pH ketiak dan membantu menjaganya tetap kering, dan kedua hal itu membantu menghilangkan bau," ungkap dr. Roach.

Baking Soda Mask untuk Pembersih Ketiak

Khasiat Baking Soda untuk Ketiak Mulus dan Bersih 4 freepik.jpg

Foto: freepik.com

Campur baking soda dengan cuka. Bisa menggunakan cuka putih atau cuka apel. Buatlah campuran ini menjadi pasta, lalu balurkan pada ketiak. Diamkan hingga beberapa saat. Lakukan setiap kali sebelum mandi.

Baca juga: 5 Penyebab Ketiak Hitam yang Bikin Tak Percaya Diri, Yuk Kita Hindari

(HEN/DIN)

Artikel Terkait