FASHION & BEAUTY
20 Februari 2020

4 Manfaat Bawang Putih untuk Rambut Lengkap dengan Resepnya, Yuk Coba!

Siapa sangka, bumbu dapur andalan ini ternyata baik juga untuk kesehatan rambut!
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Siapa bilang bawang putih hanya bisa digunakan untuk memasak. Memang, bawang putih adalah salah satu bumbu masak. Tapi, siapa sangka, bawang putih juga punya manfaat lain.

Manfaat Bawang Putih untuk Rambut

Konon, bawang putih punya khasiat untuk rambut lho Moms. Kok bisa? Yuk simak ulasan khasiat bawang putih di bawah ini.

1. Menjaga dari Bakteri dan Kuman

khasiat bawang putih untuk rambut - menjaga dari bakteri dan kuman.jpg

Khasiat bawang putih yang pertama adalah menjaga dari bakteri dan kuman. Bawang putih mentah mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B6 dan C, mangan, dan selenium. Semua nutrisi tersebut ternyata sangat berkhasiat bagi kesehatan rambut.

Sifat antimikroba dan antijamur alami yang ditemukan dalam bawang putih juga dapat berkontribusi bagi rambut. Sifat bawang putih tersebut dapat membantu membunuh bakteri dan melawan kuman yang menjadi penyebab rusaknya kulit kepala yang dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan

2. Menumbuhkan Rambut

khasiat bawang putih untuk rambut - menumbuhkan rambut.jpg

Khasiat bawang putih yang selanjutnya adalah menumbuhkan rambut. Sebuah penelitian yang diterbitkan Indian Journal of Dermatology, Vereonology, and Leprology mengungkap bahwa orang dengan Alopecia areata telah meningkatkan pertumbuhan kembali rambut mereka setelah menggunakan gel bawang putih.

Alopecia areata adalah kerontokan rambut yang disebabkan serangan sistem imunitas tubuh sendiri (autoimun) terhadap folikel yang umumnya terjadi pada kulit kepala.

Methylsulfonylmethane adalah sumber sulfur yang sangat mudah diserap dan banyak ditemukan dalam bawang terutama di lapisan luarnya. Bahan ini memfasilitasi pembentukan keratin untuk rambut dan menghasilkan pertumbuhan rambut.

"Ini juga membantu banyak dalam kondisi autoimun dari kerontokan rambut seperti Alopecia aereata,” ujar Dr. Deepali Bhardwaj, Ahli Kecantikan dan Dermatologist.

Bawang putih juga mentah dikenal kaya kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan produksi kolagen untuk merangsang pertumbuhan rambut. Meski demikian tentu diperlukan lebih banyak bukti ilmiah untuk memverifikasi manfaat bawang putih untuk pertumbuhan rambut.

3. Melindungi Kulit Kepala

khasiat bawang putih untuk rambut - melindungi kulit kepala.png

Khasiat bawang putih yang selanjutnya adalah melindungi kepala. Bawang putih melindungi keratinosit dari kerusakan akibat sinar UV dan menjanjikan sebagai bahan anti-penuaan. Keratinosit adalah sel-sel kulit yang menghasilkan keratin.

Sel-sel ini berada di lapisan luar kulit Moms, termasuk di kulit kepala dan di folikel rambut.

4. Mencegah Ketombe

khasiat bawang putih untuk rambut - mengatasi ketombe.jpg

Khasiat bawang putih yang selanjutnya adalah mencegah ketombe. Adanya selenium dalam bawang putih membantu meningkatkan sirkulasi dalam darah. Hal ini membantu membersihkan folikel rambut, menguatkan akar rambut serta mencegah penyumbatan dan kerontokan lebih lanjut.

Tak hanya itu, bawang putih juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengobati masalah rambut, seperti ketombe.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Menu Diet Keto untuk Pemula

Resep Kondisioner Rambut dari Bawang Putih

khasiat bawang putih untuk rambut - resep kondisioner bawang putih.jpg

Moms dapat membuat kondisioner bawang putih sendiri di rumah. Mudah banget! Untuk mengurangi risiko iritasi kulit, encerkan bawang putih dengan minyak, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, yang keduanya baik untuk rambut.

Bahan:

Cara membuat kondisioner:

  1. Hancurkan bawang putih dengan garpu atau blender.
  2. Panaskan minyak dalam wajan dengan api kecil dan tambahkan bawang putih saat minyaknya sudah hangat (jangan terlalu panas).
  3. Aduk bawang putih di sekitar wajan sampai wangi.
  4. Angkat panci dari api dan biarkan dingin.
  5. Saring dan buang sisa bawang putih.
  6. Simpan minyak bawang putih dalam stoples atau botol kaca.

Cara menggunakan kondisioner:

  1. Oles 2 sendok makan minyak dengan lembut ke kulit kepala.
  2. Pijat kulit kepala, lalu bungkus rambut dengan handuk selama 10-15 menit.
  3. Cuci rambut dengan sampo.

Baca Juga: 8 Obat Alami yang Mujarab Atasi Radang Tenggorokan

Itulah beberapa khasiat bawang putih lengkap dengan resepnya. Moms dapat melakukan hal ini dua kali dalam seminggu untuk hasil terbaik. Moms juga bisa lho membuat masker rambut bawang putih dengan menambahkan madu.

Untuk mendapat hasil optimal, Moms juga dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan rambut Moms sebelum melakukan home treatment di rumah. Selamat mencoba!

(DI/ERN)

Artikel Terkait