KEHAMILAN
31 Juli 2020

9 Khasiat Buah Delima untuk Perencanaan Kehamilan

Bisa menguatkan sperma dan dinding rahim lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms sedang promil atau merencanakan kehamilan? Buah delima mungkin layak dicoba untuk membantu meningkatkan kesuburan Moms dan Dads.

Delima dianggap sebagai simbol kesuburan di banyak budaya. Bahkan hingga saat ini telah banyak penelitian yang membuktikan khasiat buah delima untuk kehamilan, kesehatan reproduksi dan kesuburan, baik pada pria ataupun wanita.

Khasiat Buah Delima untuk Kehamilan

Berikut ini adalah 6 khasiat buah delima untuk kehamilan:

1. Menutrisi dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Wajib Tahu! Ini XX Khasiat Buah Delima Untuk Perencanaan Kehamilan 1

Foto: vaya.in

Buah delima merupakan sumber karbohidrat, serat pangan, folat, serta vitamin C, E, K, B1, B2, B3, B5, dan B6. Selain itu, buah delima juga mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan seng.

Di mana semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh saat sedang program hamil.

“Apa pun yang Anda makan bisa masuk ke dalam sel telur dan itu bisa memengaruhi bisa atau tidaknya telur Anda dibuahi,” kata Claire Roberts, peneliti senior di Robinson Research Institute di University of Adelaide, Australia, seperti dikutip dari LiveScience.

“Kesehatan metabolisme adalah faktor lain yang juga berdampak pada kesuburan dan berkontribusi pada pengembangan komplikasi selama masa kehamilan,” tambahnya.

Baca Juga: Khasiat Menakjubkan Buah Delima dan Acai Berry untuk Kecantikan Kulit

2. Kaya Antioksidan yang Melindungi Kesehatan Reproduksi

Wajib Tahu! Ini XX Khasiat Buah Delima Untuk Perencanaan Kehamilan 2

Foto: parenting.firstcry.com

Dalam laman Fertility Tips disebutkan bahwa buah delima kaya akan antioksidan. Zat kimia ini memiliki kemampuan untuk mencegah dan menghilangkan penumpukan peradangan sistemik, yang sering kali memicu timbulnya cedera fisik ringan, nyeri, gangguan autoimun, alergi parah, diabetes, penyakit kardiovaskular hingga kanker.

Secara signifikan, peradangan juga dapat berdampak terhadap organ reproduksi dan menghambat fungsinya. Antioksidan menjadi penghalang yang kuat untuk mencegah infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan peradangan berbahaya.

Antioksidan dalam buah delima juga dipercaya dapat melindungi sel telur dan mencegahnya dari kerusakan atau infeksi.

3. Menurunkan Risiko Komplikasi Pada Penderita PCOS

Wajib Tahu! Ini XX Khasiat Buah Delima Untuk Perencanaan Kehamilan 3

Foto: womenfitness.net

Khasiat buah delima untuk kehamilan lainnya, menurut Thriving Hormone, berkaitan dengan keseimbangan hormon pada wanita. Buah delima sangat membantu dalam menjaga, menyeimbangkan, dan mengelola hormon. Ini sangat berperan penting dalam meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan.

Bahkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Biomedical and Pharmacology Journal menemukan bahwa konsumsi ekstrak buah delima dapat meningkatkan perubahan hormon seks wanita dengan mengurangi kosentrasi estrogen, testosteron bebas, dan hormon androstenedione pada pasien dengan PCOS (polycystic ovary syndrome).

Bahkan peneliti dari studi tersebut menganjurkan wanita dengan PCOS untuk mengonsumsi buah delima untuk membantu mengurangi komplikasi sindrom ovarium polikistik.

Baca Juga: Bahaya PCOS Bagi Wanita yang Sedang Program Hamil

4. Mengandung Asam Folat dan Meningkatkan Gairah Seks

Wajib Tahu! Ini XX Khasiat Buah Delima Untuk Perencanaan Kehamilan 4

Foto: pexels.com

Mengutip Fit For Fertility, khasiat buah delima dapat membantu merangsang gairah seks yang sehat pada wanita. Selain itu, buah berkulit merah ini juga kaya akan asam folat yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan pembuahan dan perkembangan janin yang sehat.

Asam folat yang ditemukan dalam buah delima diketahui mampu meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke rahim dan memperkuat lapisan rahim. Zat ini juga diketahui membantu menurunkan risiko gangguan ereksi pada pria.

Penelitian yang dilakukan Queen Margaret Univeristy, Ediburgh, telah menemukan hasil bahwa peningkatan dengan mengonsumsi jus delima dapat meningkatkan kadar testosteron pada responden penelitian.

Sebanyak 60 subjek penelitian, baik pria dan wanita, telah berpartisipasi dalam waktu dua minggu. Air liur mereka diteliti untuk mengecek kadar testosteron dan dicatat tingkat testosteron mereka meningkat sebesar 24%.

5. Meningkatkan Kekuatan dan Pergerakkan Sperma

Wajib Tahu! Ini XX Khasiat Buah Delima Untuk Perencanaan Kehamilan 5

Foto: tradevistas.org

Buah delima bukan hanya baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan Moms. Dads sebaiknya juga mengonsumsi buah yang satu ini untuk lebih meningkatkan peluang kehamilan.

Pasalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan di PLOSOne menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam buah delima dapat meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, konsumsi buah delima sebelum ejakulasi diketahui dapat membantu meningkatkan kekuatan dan pergerakan sperma (motilitas sperma).

Studi lain yang dipublikasikan pada Clinical Nutrition tahun 2008, mengatakan bahwa delima mempunyai peranan penting dalam hal meningkatkan kualitas sperma, kepadatan spermatogenik, serta aktivitas antioksidan, serta kadar testosteron.

Baca Juga: 6 Cara agar Sperma Sehat dan Siap Membuahi

6. Meningkatkan Jumlah Sperma

Wajib Tahu! Ini XX Khasiat Buah Delima Untuk Perencanaan Kehamilan 6

Foto: carolinacountry.com

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008 dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa pemberian jus buah delima setiap hari memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah sperma pria, meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh, dan memungkinkan organ intim pria untuk menerima lebih banyak darah yang kaya akan oksigen.

Penelitian lain pada Journal of Urology 2005, menemukan fakta bahwa buah delima dapat meningkatkan kesuburan karena dapat menaikkan kualitas serta mobilitas sperma.

Kandungan yang terdapat dalam buah delima dapat membuat otot penis menjadi lebih rileks, melebar, serta menaikkan aliran darah.

Diperkuat pada penelitian oleh C.P. Forest, pada International Journal of Impotence Reseach tahun 2007, mengungkapkan khasiat delima pada kualitas sperma. Dinyatakan bahwa jus delima bisa meningkatkan ereksi pada pria yang menderita disfungsi ereksi.

Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Pria Disfungsi Ereksi di Malam Pengantin

7. Meningkatkan Aliran Darah ke Rahim

khasiat buah delima

Foto: Orami Stock Photos

Buah delima kaya akan kandungan antioksidan, di mana kandungan antioksidan ini dipercaya bisa mempunyai pengaruh tinggi pada kesuburan baik laki-laki dan perempuan.

Tetapi, untuk perempuan, kandungan antioksidan ini sangat baik dalam melancarkan aliran darah menuju rahim. Hasilnya menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi rutin buah delima, dapat meningkatkan presentasi kehamilan.

8. Membuat Dinding Rahim Kuat

khasiat buah delima

Foto: Orami Stock Photos

Masa kehamilan membutuhkan banyak perhatian penting, salah satunya adalah kondisi kesiapan Moms. Di mana kondisi dinding rahim Moms harus siap diisi oleh calon buah hati selama 9 bulan ke depan.

Dengan Moms rutin mengonsumsi buah delima, maka akan membuat dinding rahim Moms menjadi lebih kuat.

Sehingga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya keguguran pada ibu hamil.

Baca Juga: Mengenal Plasenta Bayi dan Manfaatnya Bagi Janin Dalam Rahim

9. Menjaga Kesehatan Prostat

khasiat buah delima

Foto: Orami Stock Photos

Buah delima mengandung senyawa anti-inflamasi alami yang dapat mencegah peradangan yang menyebabkan pembesaran prostat pada pria.

Kelenjar prostat sangat penting untuk kesehatan reproduksi karena menghasilkan cairan yang memberi dan melindung sperma.

Polifenol pada buah delima juga mengurangi risiko kanker prostat, sehingga dapat meningkatkan kesehatan reproduksi pada pria.

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesuburan Pria

Buah delima bisa Moms olah menjadi santapan yang nikmat dan juga bisa dijadikan topping untuk yoghurt, oatmeal, salad, dan quinoa bowls.

Meskipun khasiat buah delima untuk kehamilan sangatlah banyak, hal terbaik yang perlu Moms dan Dads lakukan terlebih dahulu adalah berkonsultasi dengan dokter. Terutama jika Moms dan Dads menderita diabetes atau penyakit yang sedang dalam pengobatan lainnya.

Artikel Terkait