KESEHATAN
8 Februari 2018

Khasiat Jitu Si Bawang Putih Untuk Sakit Gigi

Cara alami untuk pertolongan pertama bagi gigi yang sakit
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Sakit gigi memang menyiksa, orang dewasa saja seringkali kesakitan dan tak tahan dengan nyeri, apalagi Si Kecil, Moms.

Salah satu cara yang sering digunakan orang zaman dulu untuk mengobati sakit gigi adalah menggunakan bawang putih. Ternyata, penggunaan bawang putih sebagai obat herbal bukan tanpa alasan.

Joe Lewis, praktisi kesehatan dan ahli diet dari Amerika menyebutkan bahwa bawang putih mengandung allicin, zat yang berkhasiat antiinflamasi termasuk mengurangi ngilu saat sakit gigi.

Untuk membuat obat sakit gigi alami dari bawang putih, cukup tumbuk satu sampai dua siung bawang putih segar. Tambahkan satu sendok teh garam. Tumbuk sampai benar-benar lembut.

Baca Juga : Malas Menambal Gigi Berlubang, Lama-Lama Bisa Menimbulkan Hal Ini!

Setelahnya, jadikan tumbukan bawang putih dan garam ini sebagai pasta gigi. Bila kering, Moms bisa menambahkan minyak zaitun untuk mengencerkannya kembali. Tempelkan dengan tangan ke bagian gigi yang sakit. Biarkan selama 30 menit.

Aplikasikan cara tersebut secara rutin sampai rasa sakit pada gigi bisa benar-benar hilang. Apabila rasa sakit masih terus berlanjut, segeralah ke dokter gigi.

Pergi ke dokter gigi memang merupakan cara yang paling tepat karena akan memberikan banyak informasi seputar kesehatan gigi Moms maupun si kecil.

Namun, perlu ditanamkan ke anak bahwa mengunjungi dokter gigi bukan hanya ketika gigi sakit, lebih baik memeriksa kesehatan gigi bersama setiap enam bulan sekali, sehingga risiko sakit gigipun bisa diminimalkan.

Sumber : Nestle

Artikel Terkait