FASHION & BEAUTY
8 Desember 2017

Khasiat Menakjubkan Buah Delima dan Acai Berry untuk Kecantikan Kulit

Tak hanya bikin kulit halus, jantung sehat, paru-paru kuat, kulit kencang, semua itu adalah efek berry di dalam tubuh Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Moms pasti tak asing dengan keluarga berry. Tak hanya strawberry, blueberry, dan blackberry, tapi keluarga berry juga mencakup acai, sea buckthorn, dan delima (iya, delima sebenarnya termasuk dalam keluarga besar berry, juga lo!).

Manfaatnya juga banyak. Selain kaya antioksidan berkat warna-warninya (merah, oranye, ungu, kehitaman), keluarga berry ini juga ‘sibuk’ bekerja di dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan Moms. Jantung sehat, paru-paru kuat, kulit kencang, semua itu adalah efek berry di dalam tubuh Moms.

Di luar tubuh, si super fruit ini menjadi inspirasi bagi warna-warni make up yang cerah untuk berbagai jenis kulit. Yuk, kenalan lebih dekat dan cari inspirasi cantik dari keluarga berry berikut yang paling sesuai untuk Moms.

Sea Buckthorn

cantik luar dalam berkat 3 berry ini

Buah berry berwarna oranye keemasan ini mengandung asam lemak yang dapat meningkatkan imunitas. Salah satu keunggulannya adalah memberikan efek hangat, cerah, dan bercahaya pada kulit.

Penelitian juga membuktikan bahwa sea buckthorn adalah penyembuh eksim pada mereka yang menggunakan suplemen minyak sea buckthorn setiap hari selama empat bulan.

Dan karena kandungan vitamin E-nya yang berlimpah, ditambah lagi 90 persen kandungan minyak sea buckthorn adalah asam lemak yang dapat menenangkan kulit kering dan iritasi, buah berry ini pun kerap diolah menjadi obat topikal untuk penyembuhan luka.

Acai

berry2

Buah goji kering biasanya dicampur bersama dengan granola dan oatmeal. Atau dikonsumsi sebagai jus goji sebagai minuman kesehatan di pagi hari. Antioksidan pada buah goji kaya akan omega, yang dapat meningkatkan pertahanan kelembaban kulit, dan juga mengandung beta karoten, prekursor vitamin A (atau dikenal sebagai retinol anti keriput).

Tak heran jika buah ini diklaim dapat membuat kulit halus lembut dan bercahaya.

Buah goji juga sering digunakan menjadi ingredient unggulan pada banyak krim kulit. Warna ungu tua pada jenis buah berry ini menunjukkan tingkat antioksidan polifenol yang tinggi, yang dapat membantu memperlambat kerja enzim perusak kolagen, serta asam ferulat (ferulic acid) yang melindungi DNA dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Warna ungu tua pada goji juga menginspirasi beberapa merek kosmetik untuk mengaplikasikannya pada eyeliner yang akan memberi efek mata semakin tajam pada si pemilik bola mata warna biru, memberi nuansa kekuningan pada pemilik mata cokelat, dan menajamkan bintik-bintik kecokelatan pada mata hijau.

Atau pada lipstik, warna khas goji bisa disapukan di segala warna kulit. Ronanya akan memberikan semburat kilau pada deretan gigi yang tidak begitu putih.

Delima

berry 3

Buah delima biasanya dikonsumsi bagian bijinya dengan mencampurkannya ke dalam yogurt, atau dengan memasukkan seluruh bagian buah (minus kulitnya!) ke dalam juicer untuk mendapatkan minuman kaya antioksidan.

Ekstrak dari kulit dan biji buah delima dapat mempercepat perbaikan sel-sel kulit, bahkan tekstur dan warna kulit. Ditambah lagi, polifenol di dalamnya juga diketahui dapat membantu mencegah produksi melanin.

Tak suka dengan rasa delima yang kesat? Tenang, saat ini sudah banyak produk kecantikan berbahan dasar delima, misalnya firming day cream. Pada kosmetik, warna delima akan memberi rona warna pinkish pada bibir dan pipi.

(VAN)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait