PERNIKAHAN & SEKS
16 Juli 2019

Kiat Agar Suami Mau Mendengarkan Istri

Lakukan dengan pendekatan yang lembut dan secara perlahan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dalam semua hubungan rumah tangga, tentu ada pasang surut, di mana dalam satu waktu bisa sangat harmonis dengan pasangan, di waktu lainnya bisa saja terjadi pertengkaran akibat suatu hal kecil sekalipun.

Kunci agar semua kesalahpahaman yang terjadi adalah komunikasi. Makanya sangat penting untuk menciptakan komunikasi yang baik antara suami dan istri dalam sebuah hubungan rumah tangga.

Namun dalam kehidupan pernikahan, tidak jarang terjadi suatu kondisi di mana seorang suami tidak mau atau jarang mendengarkan pendapat sang istri. Mungkin karena mereka merasa kepala keluarga lah yang harus memutuskan segala sesuatu, atau mungkin ada alasan lain. Hal ini kerap kali memicu pertengkaran.

Bagi Moms yang mengalami hal ini, pasti bingung mencari cara agar suami mau mendengarkan istrinya. Untuk membantu Moms, di bawah ini ada beberapa cara yang mungkin bisa dicoba. Yuk kita lihat.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Kecil yang Bisa Menguatkan Hubungan Pernikahan

1. Biarkan Suami Tahu Apa yang Diinginkan Istri

suami mau mendengarkan istri, mendengarkan istri

Foto: bluedotmagazine.com

Moms bisa mulai dengan membicarakan dengan suami mengenai apa yang kita inginkan. Misalnya beritahu pada mereka jika Moms membutuhkan pertolongan untuk mencuci piring. Katakan bahwa kita akan sangat senang jika suami mau membantu.

Sanjung dan berikan sedikit pujian, maka Moms akan melihat perubahan dari hal kecil ini. Beberapa orang mungkin menganggap ini sebagai hal yang manipulatif, tapi sebenarnya tidak. Moms hanya sedikit membujuk dengan cara yang halus, tanpa mengiming-imingi suami dengan imbalan apa pun.

2. Fokus pada Satu Sifat yang Ingin Diubah

suami mau mendengarkan istri, mendengarkan istri

Foto: focusonthefamily.com

Kuncinya agar suami mau mendengarkan istri adalah kesabaran. Ingat bahwa Moms sedang ingin mengubah perilaku suami dengan perlahan, layaknya mengajari seorang anak. Jika kita fokus pada satu masalah dan memberitahukannya pada pasangan, pastikan teknik yang digunakan benar dan kuat.

Moms bisa mencoba pujian verbal dan teknik yang berorientasi pada hukuman, seperti, "Tolong bantu membersihkan piring ya ayah, soalnya jika tidak dicuci, kita tidak akan punya piring untuk makan malam.”

Tetapi beri tahu dengan jelas bagaimana cara mencuci piring yang jelas. Karena apa yang kita pikirkan berbeda dengan yang pria pikirkan.

“Ketika saya selesai mencuci piring, istri saya kembali membilasnya karena ia merasa tidak bersih,” kata Neil Einbund, pakar psikologi.

Baca Juga: Perbincangan Wajib Suami dan Istri

3. Terima Konsekuensinya dan Jangan Menyerah

1140-household-chores-secret-living-longer.imgcache.rev4713b0902a29a6b8516711d725df6219.jpg

Foto: Aarp.org

Misalnya jika sudah memberitahu suami namun mereka tidak membantu kita untuk mencuci piring, biarkan piring tetap seperti itu sampai ia membersihkannya.

Meskipun akan memakan waktu yang lama, jangan pernah mencuci piring tersebut. Bila Moms yang mengerjakannya, di lain waktu pasangan kita akan merasa acuh kembali dengan pikiran pada akhirnya Moms yang akan mengerjakannya.

Jika terus seperti itu, maka untuk waktu-waktu lainnya mereka akan terus berlaku seperti itu dan tidak ada perubahan yang terjadi.

Baca Juga: Agar Pernikahan Langgeng, Ikuti 5 Tips Komunikasi dengan Pasangan Seperti Ini

4. Berikan Motivasi

suami mau mendengarkan istri, mendengarkan istri

Foto: footage.framepool.com

Jangan memaksa, bantu suami kita dengan mengingatkannya secara ringan. Beri suami pengertian bahwa hal ini akan jadi hal yang menyenangkan, bukan hal yang menyusahkan.

Jangan juga terus mengomelinya. Mengubah perilaku seseorang tidak bisa dilakukan dengan paksaan. Lakukan dengan pendekatan yang lembut, dijamin pasti suami mau mendengarkan istri.

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan agar suami mau mendengarkan istri. Selamat mencoba!

Artikel Terkait