SELEBRITI
21 September 2019

Kim Kardashian Didiagnosis Lupus, Ini Kisah 5 Artis yang Juga Mengidap Lupus

Kim Kardashian sempat merasa depresi ringan ketika tahu didiagnosis lupus
placeholder

Foto: instagram.com/kimkardashian, instagram.com/ladygaga

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Publik figur Kim Kardashian mengidap lupus. Hal ini seperti ia ungkapkan saat diwwancara oleh Today Show.

"Ketika Anda didiagnosis (penyakit autoimun), saya tidak menyadari akan menjadi salah satu dari orang-orang itu, tetapi sebelum saya tahu apa itu, di kepala Anda akan memikirkan setiap kemungkinan terburuk dari apa yang akan terjadi dan bagaimana Anda akan menjalani hidup," jelas Kim Kardashian.

Ia mengakui bahwa kabar ini juga membuatnya mengalami depresi ringan.

"Anda benar-benar masuk ke dalam depresi ringan ini. Aku bisa keluar dari situ, tapi benar-benar menakutkan ketika harus melalui itu," lanjutnya.

Kini, istri Kanye West tersebut mengaku kondisinya membaik. Ia juga telah menemukan tim dokter yang tepat.

"Saya mampu menemukan seorang dokter luar biasa, Dokter Wallace, dan kami menemukan apa masalahnya," terangnya.

Ia melanjutkan, "Sayangnya saya harus tetap minum obat untuk menghentikan gejalanya. Saya mencoba segalanya secara alami untuk waktu yang lama, dan kami memilih cara yang terbaik."

Mengutip Health.com, lupus adalah penyakit autoimun kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organnya sendiri.

Gejalanya bervariasi pada setiap orang, dan dapat meliputi kelelahan, nyeri sendi, pembengkakan, ruam, dan demam.

Tidak hanya Kim Kardashian, berikut ini selebriti yang mengidap lupus, dikutip dari Health.

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Penyakit Lupus

1. Selena Gomez

selena gomez.jpg

Foto: instagram.com/selenagomez

Di tahun 2014, aktris dan penyanyi Selena Gomez sempat 'menghilang' dari peredaran media, karena ia sedang menjalani perawatan lupus.

"Saya didiagnosis mengidap lupus, dan saya menjalani kemoterapi. Itulah yang benar-benar merupakan istirahat saya. Saya bisa mengalami stroke," katanya dalam wawancara Billboard pada Oktober 2015.

Selena Gomez juga sempat mengunggah foto di Instagram yang mendokumentasikan transplantasi ginjal yang dibutuhkannya karena penyakit lupus.

2. Lady Gaga

lady gaga.jpg

Foto: instagram.com/ladygaga

Pada 2010, Lady Gaga mengatakan kepada Larry King bahwa ia memiliki "borderline positive" untuk lupus.

"Jadi sampai sekarang, saya tidak memilikinya (lupus). Tapi saya harus merawat diri sendiri," jelasnya saat diwawancara Larry King.

Lady Gaga menambahkan bahwa bibinya meninggal karena lupus.

Risiko mengidap lupus lebih tinggi ketika ada anggota keluarga yang memilikinya, tetapi masih ada kemungkinan lupus menjadi tidak aktif selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Waspadai Gejala Lupus, Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

3. Nick Cannon

nick cannon.jpg

Foto: instagram.com/nickcannon

Pada Januari 2012, publik figur dan komedian Nick Cannon dirawat di rumah sakit karena gagal ginjal, dan beberapa minggu setelahnya ia dirawat karena pembekuan darah di paru-parunya.

Dokter mendiagnosis dia mengidap lupus, dan sejak itu, dia terus terang berbicara tentang bagaimana hidup dengan kondisi tersebut.

Nick menjabat sebagai Grand Marshal untuk Yayasan Lupus dari "America's Walk to End Lupus Now" di Washington, DC, pada tahun 2014.

"Saya memiliki lupus, tetapi lupus tidak memiliki saya," katanya dalam sebuah wawancara dengan Lupus Foundation.

"Saya salah satu dari orang-orang yang ingin mengibarkan bendera dan berkata, 'Anda bisa memenangkan pertarungan ini'," tegasnya.

4. Seal

seal.jpg

Foto: instagram.com/seal

Bekas luka yang tampak di wajah penyanyi ini adalah hasil dari lupus erythematosus diskoid, sejenis lupus yang hanya melibatkan kulit.

Lupus diskoid biasanya menyebabkan luka pada wajah dan kulit kepala, tetapi dapat memengaruhi kulit di bagian tubuh mana saja. Kondisi ini juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Orang dengan lupus diskoid sering sensitif terhadap sinar ultraviolet, dan perlu berhati-hati dengan paparan sinar matahari.

Baca Juga: Mengenal Autoimun, Penyakit yang Diderita Raditya Dika

5. Toni Braxton

toni braxton.jpg

Foto: instagram.com/tonibraxton

Penyanyi Toni Braxton, didiagnosis menderita lupus pada 2008, membuat sebuah tweet pada November 2011.

"Obat lupus sebenarnya menyebabkan sebagian besar wanita bertambah berat badannya. Tapi kami masih luar biasa! Saya akan mengatasinya," tulisnya.

Dawn Isherwood, pendidik kesehatan di Lupus Foundation of America mengatakan, "Wanita berwarna lebih berisiko 2-3 kali untuk terkena lupus dibandingkan wanita kulit putih."

Artikel Terkait