SELEBRITI
11 September 2019

Kim Kardashian Dikabarkan Mengidap Penyakit Lupus, Begini Ceritanya

Ternyata, meskipun hasil tesnya positif, Kim belum tentu menderita penyakit lupus

Sumber: Instagram.com/kimkardashian

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kabar terbaru datang dari selebriti dunia, Kim Kardashian. Namun bukan berita sensasional kali ini, melainkan kabar tentang istri dari Kanye West ini yang ternyata didiagnosis positif mengidap penyakit lupus.

Kim Kardashian West membagi kisah tentang dirinya yang sedang menjalani pengobatan setelah antibodinya diuji positif mengidap penyakit lupus, dalam pemutaran Keeping Up The The Kardashians.

Dilansir dari People.com, Kim Kardashian mengidap penyakit lupus setelah munculnya sejumlah gejala. Akhir-akhir ini, Kim merasa tubuhnya sering kelelahan. Selain itu, tangannya kerap bengkak dan juga mati rasa.

Kim Kardashian West berspekulasi bahwa berdasarkan gejala yang dia alami, kemungkinan besar ia menderita radang sendi, hingga akhirnya ia memutuskan untuk mencari bantuan profesional.

Bagaimana kelanjutannya? Simak yuk Moms.

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Penyakit Lupus

Dinyatakan Positif saat Tes Darah

kim kardashian mengidap lupus

Foto: instagram.com/kimkardashian/

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, sang dokter akhirnya memberitahu bahwa hasil tes darah menunjukkan Kim Kardashian mengidap penyakit lupus dan radang sendi. Sontak selebriti berusia 38 tahun tersebut pun kaget dan menangis.

Menurut Mayo Clinic, penyakit lupus adalah penyakit autoimun sistemik yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri, menyebabkan peradangan dapat mempengaruhi sistem tubuh yang berbeda.

Rheumatoid arthritis juga adalah gangguan autoimun yang mempengaruhi lapisan sendi seseorang dan dapat menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan, menurut Mayo Clinic.

Baca Juga: 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Lupus

Belum Tentu Menderita Penyakit Lupus

62410694_178996909768576_9097661130623937140_n.jpg

Foto: instagram.com/kimkardashian/

Namun mengutip dari cnn.com, dokter masih menyatakan adanya kemungkinan salah diagnosis.

Kim Kardashian memang sering berbagi tentang masalah kesehatannya dengan para penggemar, termasuk bagaimana perjuangannya melawan psoriasis dan komplikasi kehamilan.

Dikutip dari Cheatseet.com, ada peluang Kim tidak terkena penyakit lupus meskipun hasil tesnya menunjukkan positif. Banyak orang dapat memiliki antibodi lupus dalam sistem kekebalan tubuh mereka tetapi sebenarnya tidak memiliki penyakit ini.

Hingga saat ini, Kim hanya didiagnosa positif memiliki antibodi lupus namun belum positif mengidap penyakit lupus.

Artikel Terkait