KESEHATAN
14 September 2019

Kim Kardashian Terkena Lupus, Ini Pengertian Tentang Lupus yang Sebenarnya

Ini pengertian tentang penyakit lupus yang diidap Kim Kardashian!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Pada episode perdana musim 17, Keeping Up With The Kardashian, Kim Kardashian mendapat berita yang mengejutkan tentang kesehatannya. Setelah beberapa kali menemui dokter karena merasa kelelahan, mual, dan tangan yang kerap bengkak, Kim ternyata tes positif terserang penyakit lupus.

Berdasarkan penelitian dari The Lupus Foundation of America disebutkan kalau setidaknya ada 16.000 penderita lupus baru tiap tahunnya. Penelitian tersebut juga menyatakan lupus bisa berisiko pada perempuan, biasanya muncul di sekitar usia 15 tahun atau 44 tahun.

Meski belum ada klarifikasi apakah Kim benar-benar menderita lupus, Moms perlu tahu beberapa fakta tentang penyakit ini.

Baca Juga : Kim Kardashian Dikabarkan Mengidap Penyakit Lupus, Begini Ceritanya

Apa Itu Lupus?

Kim Kardashian Terkena Lupus, Ini Pengertian Tentang Lupus yang Sebenarnya

Foto: the cheat sheet

Lupus merupakan salah satu jenis penyakit yang termasuk ke dalam penyakit autoimun. Penyakit autoimun yang menyebabkan sel-sel tubuh rusak dan mengalami peradangan. Ini karena tubuh memproduksi antibody secara berlebih.

Berlebih bukan berarti baik, Moms. Seseorang yang memiliki lupus berarti antibody yang dimilikinya akan menyerang sel-sel tubuhnya sendiri sehingga penderita lupus bisa mengalami penyakit infeksi atau peradangan.

Apa Saja Tipe Penyakit Lupus?

Kim Kardashian Terkena Lupus, Ini Pengertian Tentang Lupus yang Sebenarnya

Foto the health journal

Penyakit lupus memiliki beberapa tipe, di antaranya,

Systematic Lupus Erthematosus (SLE)

Ini adalah jenis lupus yang paling sering terjadi. SLE juga tipe lupus yang bisa begitu mempengaruhi organ tubuh, termaksud sistem organ. Umumnya SLE menyebabkan peradangan kulit, masalah persendian, paru-paru, ginjal, darah, atau penyakit jantung.

Discoid Lupus Erthematosus

Jenis lupus yang satu ini paling sering menyerang jaringan kulit, ini yang menjadi penyebab penderita lupus sering memiliki ruam-ruam pada kulitnya.

Neonatal Lupus

Kalau jenis lupus yang satu ini biasanya menyerang bayi baru lahir. Walau sebagian besar yang lahir dari ibu yang memiliki penyakit lupus akan terlahir sehat, tetapi, 1% lainnya akan punya kemungkinan memiliki bayi dengan lupus neonatal.

Subacute Cutaneous Lupus Erythematosus

Pernah mendengar seseorang tidak bisa terkena sinar matahari karena paparannya bisa menjadi luka bakar pada kulit? Ya, itu merupakan lupus jenis ubacute Cutaneous Lupus Erythematosus yang membuat jaringan kulit terluka bahkan bisa terbakar.

Lupus Akibat Obat-obatan

Seperti namanya, lupus ini memang disebabkan dari beberapa efek obat-obatan. Efek dari obat itu bisa membuat seseorang yang mengonsumsinya terlihat seperti memiliki lupus. Namun, kondisii penderita bisa membaik seiring penggunaan obat dihentikan.

Baca Juga : Waspadai Gejala Lupus, Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

Apa Saja Penyebab Lupus?

Kim Kardashian Terkena Lupus, Ini Pengertian Tentang Lupus yang Sebenarnya

Foto: the doctor

Faktor Genetik

Seperti penyakit genetik lainnya, lupus bisa saja diturunkan bila ada seseorang dalam sebuah keluarga cenderung akan menurunkan lupus kepada anggota keluarga yang lain. Namun, belum tentu benar-benar menderita, kemungkinan masih positif memiliki risiko lupus.

Hormon

Lupus merupakan jenis penyakit yang mengganggu sistem autoimun (sistem kekebalan tubuh). seperti hormon yang dimiliki wanita, estrogen, yang dikenal sebagai hormon immuno-enhancing yang berarti sistem kekebalan tubuh wanita. Ini alasan mengapa wanita lebih berisiko menderita lupus.

Lingkungan

Lingkungan sekitar juga ikut berpengaruh sebagai penyebab lupus terjadi. Lingkungan yang berada di sekitar perokok atau lingkungan yang terpapar silika atau merkuri bisa memengaruhi kerontokan rambut.

Baca Juga : Ternyata 6 Selebritis Dunia Ini Mengidap Lupus

(NA/KM)

Artikel Terkait