KESEHATAN
6 September 2019

Kista Ganglion yang Sering Timbul di Tangan, Apa Bahayanya?

Sering dijumpai di pergelangan tangan, apakah kista ganglion berbahaya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Ganglion sebenarnya tumor jinak. Kista ini terdapat di atas sendi atau selubung penutup tendon (jaringan yang menghubungkan otot ke tulang).

Umumnya ditemukan di bagian atas pergelangan tangan, sisi telapak pergelangan tangan, pangkal jari di sisi telapak, dan bagian atas sendi ujung jari.

Kista ganglion sering terasa seperti benjolan halus di bawah kulit dan penampilannya menyerupai balon air bertangkai.

“Benjolan kista berisi cairan bertekstur seperti gel kental lengket, tidak berwarna namun jernih,”jelas dr Dennis Cardone, Kepala Kedokteran Olahraga dan Perawatan Primer di NYU Langone Medical Center, New York.

Ukuran benjolnya pun beragam. Bisa sekecil kacang polong hingga sebesar bola golf. Ukuran ini juga yang membuat tekstur kista beragam, mulai dari padat atau kenyal.

Jika tidak menyebabkan sakit atau tidak nyaman, benjolan dapat dibiarkan dan kempis tanpa pengobatan. Kendati prosesnya makan waktu bertahun-tahun.

Kista ganglion bisa menyebabkan sakit jika posisinya menekan saraf di dekatnya. Kadang, wilayah di sekitar kista bisa merasa mati rasa. Kista juga dapat mempengaruhi gerakan persendian dan kekuatan genggaman.

Baca Juga: 4 Penyebab Kista yang Wajib Wanita Ketahui

Penyebab Kista Ganglion

Kista Ateroma

Foto: shutterstock.com

“Sampai saat ini, tidak ada yang tahu apa penyebab tumbuhnya kista ganglion,” jelas dr. Cardone.

Ada teori yang mengatakan bahwa trauma menyebabkan jaringan sendi jadi pecah, dan membentuk kista-kista kecil yang kemudian bergabung menjadi sebuah massa yang lebih besar dan nyata.

Teori lain melibatkan cacat dalam kapsul sendi atau selubung tendon yang memungkinkan jaringan sendi menonjol keluar.

Toh, hingga saat ini belum ada teori yang sudah disahkan sebagai penyebab ganglion.

Baca Juga: Benjol di Lutut, Hati-Hati Terkena Kista Baker

Faktor yang Membuat Orang Dekat dengan Kista Ganglion

Usia dan jenis kelamin

Ganglion dapat menyerang siapa saja, tapi paling sering ditemukan pada wanita berusia 20-30 tahunan.

Cedera

Sendi atau tendon yang pernah terluka di masa lalu lebih mungkin untuk mengembangkan kista.

Sendi yang aus karena penggunaan berlebih

Orang yang terlalu sering menggunakan sendi tertentu lebih mungkin untuk memiliki benjolan kista. Pesenam perempuan, khususnya, sangat rentan terserang ganglion.

Osteoarthritis

Orang yang memiliki arthritis pada persendian jari yang paling dekat kuku, berada pada lebih risiko tinggi terkena kista di dekat persendian tersebut.

Ciri dan Gejala Ganglion

Lokasinya selalu di dekat persendian. Terutama di bagian luar pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Tapi, ada beberapa kasus kista ganglion muncul di daerah lutut.

Bentuknya cenderung oval atau bulat sempurna. Berdiameter antara 1-3 cm, dan mungkin terasa lunak atau sangat keras saat disentuh. Beberapa malah berukuran amat kecil sehingga tidak dapat dirasakan.

Ukuran kista bisa berubah. Seringnya membesar seiring penggunaan persendian yang berulang. Benjolan dapat timbul-tenggelam tiba-tiba, namun dapat kembali lagi di waktu lain.

Biasanya, ganglion tidak sakit saat disentuh. Tapi, saat benjolan mengenai syaraf, bahkan saat ukuran kistanya kecil, dapat menyebabkan nyeri, kesemutan, mati rasa, atau lemah otot.

Untuk meneliti ganglion, dokter biasanya akan menyinari benjolan untuk dapat melihat apakah isinya transparan atau buram. Cairan ganglion akan tampak jelas jernih dan kental.

Baca Juga: Menemukan Kista Ovarium Saat Hamil, Tindakan Apa yang Harus Dilakukan?

Pengobatan Kista Ganglion

Kista ganglion kering

Pada umumnya, jika benjolan tidak menimbulkan sakit, ganglion dapat mengempis spontan.

Masalahnya adalah jika kista menyakitkan. Moms harus membatasi aktivitas menggunakan persendian tersebut. Apabila rasa sakitnya tak tertahan, ada beberapa pilihan pengobatan yang tersedia.

“Pasien bisa menggunakan alat bantu ortopedi dan jika perlu diresepkan obat antiradang untuk mengurangi rasa sakit. Dan, jika sangat mengganggu, bisa dilanjutkan dengan prosedur medis yang lain,” terang dr Cardone, seraya menyebutkan aspirasi atau pengeluaran cairan dengan jarum suntik dan bedah pengangkatan kista sebagai solusi lanjut.

Itulah serba-serbi tentang kista ganglion yang mengganggu persendian Moms. Semoga Moms dihindarkan dari penyakit ini, ya.

(HEN/DIN)

Artikel Terkait