PROGRAM HAMIL
4 Juni 2020

5 Kondisi Kesehatan Yang Dapat Sebabkan Wanita Sulit Hamil, Waspadalah!

Bahkan ada yang saling berkaitan lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Endometriosis, PCOS, penyakit radang panggul, dan gangguan tiroid memang telah diketahui sebagai beberapa kondisi yang menyebabkan sulit hamil.

Namun, ada lagi beberapa jenis penyakit yang menyebabkan Moms sulit hamil.

Kondisi Kesehatan yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Sebagaimana beberapa kondisi medis tersebut, sejumlah kondisi kesehatan di bawah ini ternyata juga dapat mempengaruhi kesuburan dan peluang hamil.

Berikut ini adalah kondisi-kondisi tersebut.

Baca Juga: Sebabkan Sulit Hamil, Apa Itu Antibodi Antisperma?

1. Gangguan Autoimun

Kondisi Kesehatan Yang Dapat Sebabkan Wanita Sulit Hamil 3

Foto: scitecheuropa.eu

“Ada berbagai macam penyakit autoimun dan beberapa diantaranya, seperti lupus, dapat mempengaruhi kesuburan dengan cara mengganggu siklus menstruasi dan ovulasi,” kata Meike Uhler, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi di Fertility Center of Illinois, seperti dikutip dari Womens Health Magazine.

Sama halnya seperti yang disampaikan oleh Dr. Uhler, Infertility Texas menyebut bahwa kondisi seperti rheumatoid arthritis dan lupus dapat merusak kesuburan dengan berbagai cara.

Misalnya, dengan menurunkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan sperma atau telur yang sehat, merusak kemampuan telur untuk melekat di rahim, merusak struktur tubuh, atau bahkan menyebabkan tubuh wanita menyerang embrio yang baru ditanam di dalam rahim.

Baca Juga: 3 Penyakit Autoimun pada Anak, Yuk Cari Tahu!

2. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Kondisi Kesehatan Yang Dapat Sebabkan Wanita Sulit Hamil 2

Foto: freepik.com

“Gonore perlu dikhawatirkan karena dapat menyumbat saluran tuba dan mencegahnya lewatnya sel telur,” ungkap Sandra Carson, M.D., direktur divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Women and Infant Hospital di Providence, Rhode Island, kepada Parents.

“Chlamydia adalah masalah besar (lainnya) karena sangat cepat menyebabkan bekas luka panggul yang mengganggu kemampuan tuba falopi yang menjadi tempat berjalannya sel telur dari ovarium.”

Baca Juga: Ketahui 8 Jenis Penyakit Menular Seksual, Tak Hanya HIV/AIDS!

3. Penyakit Radang Usus

Kondisi Kesehatan Yang Dapat Sebabkan Wanita Sulit Hamil 1

Foto: pixabay.com

Dikutip dari Bustle, Joshua Hurwitz, spesialis OB / GYN serta endokrinologi reproduksi dan fertilitas, menyebut bahwa beberapa penyakit radang usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa merupakan kondisi yang menyebabkan sulit hamil.

“Berkonsultasilah dengan OB / GYN Anda dan dokter Anda kan membantu mengelola kondisi ini sehingga Anda bisa segera hamil,” kata Dr. Hurwitz.

“Jangan menunda untuk mendapatkan perawatan, karena semakin cepat Anda merawat kondisi ini, hasilnya akan semakin baik,” katanya.

Baca Juga: Tunda Dulu Program Hamil Saat Radang Usus Melanda!

4. Kanker

Kondisi Kesehatan Yang Dapat Sebabkan Wanita Sulit Hamil 4

Foto: pixabay.com

Terri Woodard, M.D., ketua MD Anderson Oncofertility Consult Center, melalui laman situs MD Anderson Cancer Center, menjelaskan bahwa beberapa pengobatan kanker memang dapat mempengaruhi kesuburan.

Menurutnya, jenis pengobatan kanker yang dapat mempengaruhi kesuburan diantaranya adalah operasi yang melibatkan pengangkatan organ reproduksi, beberapa jenis kemoterapi, dan radiasi yang dilakukan untuk bagian perut serta panggul.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Ketika Anak Menderita Kanker

5. Periodontitis

Kondisi Kesehatan Yang Dapat Sebabkan Wanita Sulit Hamil 5

Foto: pixabay.com

Periodontitis kronis telah terbukti dapat menyebabkan wanita lebih sulit hamil, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Medical & Health Science Research.

Para peneliti menduga hal tersebut dapat terjadi karena periodontitis dapat meningkatkan risiko beberapa kondisi medis tertentu, khususnya endometriosis dan PCOS.

Periodontitis sendiri adalah peradangan pada gusi dan struktur pendukung gigi yang disebabkan oleh bakteri periodental dan peradangan lokal yang dipicu oleh bakteri tersebut.

Jadi, itulah berbagai kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi kesuburan dan peluang hamil Moms. Jika Moms memiliki satu atau lebih kondisi yang menyebabkan sulit hamil di atas, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Baca Juga: Benarkah Endometriosis Menyebabkan Wanita Sulit Hamil?

Artikel Terkait