3-12 BULAN
10 November 2019

Ketahui Kondisi Mata Bayi yang Sehat

Bagaimana kondisi kesehatan mata bayi yang tepat?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap orang tua pasti menginginkan kondisi bayi yang sehat dan bertumbuh serta berkembang secara optimal.

Selain pertambahan berat badan, ukuran lingkar kepala, dan kesehatan sistem pencernaannya, ada hal yang perlu Moms perhatikan juga adalah kesehatan mata bayi yang normal.

Perlu Moms ketahui, penglihatan bayi nyatanya berkembang dari waktu ke waktu, terutama selama enam bulan pertama kelahirannya.

Namun, Moms harus memerhatikan tanda-tanda bayi sebaiknya dibawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Baca Juga: 4 Penyebab Mengapa Mata Bayi Belekan

Kesehatan Mata Bayi Baru Lahir

kesehatan mata bayi

Saat bayi baru lahir, ia hampir tidak bisa melihat sama sekali dan penglihatannya masih kabur. Newborn hanya bisa melihat sekitar 20-25 cm jauh dari wajahnya.

Ketika usianya 1 bulan, maka bayi mulai memiliki kemampuan untuk melihat warna, menggunakan mata secara bersamaan, kemampuan untuk melacak objek, mengarahkan kepalanya ke arah cahaya.

Pada usia ini, Moms bisa menunjukkan kepadanya mainan berwarna cerah untuk melatih penglihatannya.

Hal yang perlu Moms perhatikan adalah fokus penglihatan anak mengikuti gerak sebelum memasuki usia 4 bulan. Hal ini diungkapkan juga oleh Dr. A. B. Naylor, dokter mata di Arkansas Children’s Hospital, dan menjelaskan tentang masalah pada kesehatan mata bayi yang perlu Moms waspadai.

“Hal terpenting yang harus diperhatikan orang tua dengan penglihatan bayi sebelum usia 4 bulan adalah cara bayi mengikuti objek saat benda-benda bergerak. Kondisi mata bayi yang sehat maka ia melakukan kontak mata dan mengikuti arah gerak benda. Namun, jika bayi tidak melakukan hal tersebut, ada baiknya segera mendiskusikannya dengan dokter,” ujar dr. Naylor, menjelaskan.

Baca Juga: Bayi Sakit Mata, Bagaimana Mengatasinya?

Adapun masalah mata bayi yang paling sering terjadi adalah mata malas. Kondisi ini terjadi ketika adanya ketidakselarasan di mata bayi.

Menurutnya, masalah mata malas terjadi ketika otak dan otot mata tidak terhubung dengan baik, sehingga mengakibatkan masalah pada penglihatan pada anak.

“Penanganan masalah ini bisa melalui rawat jalan hingga pembedahan jika diperlukan. Semua disesuaikan dengan tingkat keparahan dan usianya. Sebaiknya, segera bawa bayi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat,” lanjut dokter Naylor.

Koordinasi Mata Bayi

kesehatan mata bayi

Umumnya, sebelum memasuki usia 1 tahun, penglihatan bayi akan semakin jelas dan fokus. Saat ia berusia 9 bulan, bayi mulai belajar untuk berdiri.

Usia 10 bulan, bayi dapat memegang benda dengan ibu jari dan telunjuk. Untuk itu, Moms perlu melakukan stimulasi motorik agar ia dapat melakukan koordinasi antara mata dan juga tangan.

Pada usia 1 tahun, bayi akan merangkak dan mencoba berjalan. Moms harus mendorong bayi untuk merangkak daripada berjalan lebih awal agar membantunya mengembangkan koordinasi mata dan tangan dengan lebih baik.

Nyatanya, setelah berusia 1 tahun, ia semakin tertarik dan punya keingintahuan tentang lingkungan sekitar.

Anak mulai mengenali benda-benda dan gambar-gambar yang sudah dikenal dalam buku. Anak juga dapat belajar untuk mencoret-coret buku menggunakan krayon atau pensil.

Baca Juga: Kenali Penyebab Mata Kuning Bayi saat Menyusui

Selalu perhatikan kesehatan mata bayi, ya, Moms! Jika pupil mata anak terdapat sesuatu yang mengganjal berwarna putih atau abu-abu, mata sensitif terhadap cahaya, mata selalu berair, mata anak merah berhari-hari, maka ada baiknya segera memeriksakan kesehatan mata anak ke dokter.

Cara membersihkan mata bayi juga harus dilakukan berhati-hati, sebaiknya gunakan bola kapas dan bersihkan saat mata tertutup. Pastikan tangan Moms juga sudah bersih saat menyentuh area sekitar bayi, ya!

(DG)

Artikel Terkait