BALITA DAN ANAK
9 September 2020

Konjungtivitis pada Anak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit ini umum terjadi pada anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms mungkin menemukan kondisi di mana Si Kecil memiliki mata yang merah. Hal ini bisa saja dikarenakan adanya konjungtivitis pada anak, yang merupakan infeksi mata yang umum terjadi.

Jika Moms ingin mengetahui apa yang menjadi penyebab dan cara mengatasi kondisi mata ini, berikut penjelasan dari dr. Junaedi, Sp.M, Dokter Spesialis Mata RS Pondok Indah - Puri Indah.

Baca Juga: Mata Anak Merah, Apa Sebabnya?

Penyebab Konjungtivitis pada Anak

penyebab konjungtivitis pada anak

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip The Royal Children's Hospital Melbourne, konjungtivitis adalah peradangan (bengkak dan kemerahan) pada konjungtiva, yang merupakan selaput bening yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata.

Terkadang konjungtivitis disebut 'mata merah muda', karena mata tampak merah muda atau merah. Ini merupakan infeksi mata yang umum, terutama pada anak balita.

"Konjungtivitis pada anak adalah penyakit infeksi, yang bila terjadi pada anak dapat disebabkan oleh bakteri atau virus secara umum," jelas dr. Junaedi.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa infeksi mata ini juga dipicu oleh adanya alergi pada mata yang sensitif terhadap panas dan debu, yang dapat terjadi pada beberapa anak, terutama anak laki-laki.

Baca Juga: 3 Penyebab Konjungtivitis pada Bayi, Waspada!

Cara Mengatasi Konjungtivitis pada Anak

cara mengatasi konjungtivitis pada anak

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Paediatrics & Child Health, disebutkan bahwa beberapa bakteri patogen dapat menyebabkan konjungtivitis pada anak.

Pada konjungtivitis purulen akut dan tidak rumit, sekitar 50 persen kasus disebabkan oleh Haemophilus influenzae yang tidak dapat disembuhkan, sekitar 25 persen kasus disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae, dan kurang dari 5 persen kasus disebabkan oleh bakteri Moraxella catarrhalis.

Ada beberapa cara mengatasi konjungtivitis pada anak yang bisa dilakukan, menurut dr. Junaedi. Salah satunya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh sebaik mungkin.

Selain itu, penting juga untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu alergi muncul.

"Seandainya Si Kecil sudah terinfeksi, tentu perlu melakukan beberapa terapi penanganan, baik terapi jenis antibiotik, antivirus, dan antiinflamasi sesuai dengan gejala klinis yang muncul," jelasnya.

Namun, ia menekankan bahwa sekali lagi yang perlu diingat, adalah daya tahan tubuh anak harus baik, dan salah satu yang menunjang daya tahan tubuh adalah tidur malam yang cukup.

Itu dia Moms, informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi konjungtivitis pada anak.

Baca Juga: Ketahui 5 Tips Memilih Kacamata untuk Anak Ini

Artikel Terkait