RUPA-RUPA
26 September 2020

Konsumsi 7 Minuman Ini untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk di Perjalanan

Selain kopi ada minuman apa lagi ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Melakukan perjalanan yang panjang, sering terasa melelahkan. Bahkan tidak jarang rasa lelah ini ditemani dengan rasa kantuk yang tidak tertahankan. Jika sudah begini, Moms dan Dads pasti mencari asupan minuman yang bisa membuat rasa kantuk ini hilang.

Tidak jarang minuman yang dipilih jatuh pada kopi. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa jenis minuman satu ini memang ampuh menghilangkan rasa ngantuk. Bahkan pada beberapa orang, kopi bisa membuat mereka tidak bisa tidur.

“Sebagian besar orang mengonsumsi banyak kopi di pagi hari untuk memulai hari mereka dengan energi yang penuh," kata Charles Czeisler, kepala divisi Gangguan Tidur dan Sirkadian, di Brigham and Women's Hospital.

Baca Juga: Mengantuk Saat Bekerja? Ini 4 Trik Mengatasinya Agar Kembali Segar

Minuman yang Menghilangkan Rasa Ngantuk

Namun sebenarnya ada lho beberapa minuman lain yang bisa menghilangkan rasa ngantuk dan membuat kita melek seketika. Apa saja jenis minuman tersebutt? Yuk kita simak Moms.

1. Air Lemon

menghilangkan rasa ngantuk

Foto: Orami Photo Stock

Selain kopi, minuman penghilang kantuk lainnya adalah air lemon. Jenis minuman ini merupakan pilihan yang murah dan tidak repot yang bisa bekerja dengan baik. Antioksidan dalam air lemon dapat meningkatkan warna kulit Moms, sehingga membuat kita merasa lebih muda tanpa perlu kafein.

Ini juga mengandung pektin, sejenis pati yang biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, untuk membuat kita kenyang lebih lama dan tidak akan merasa ngantuk.

2. Air Soda

menghilangkan rasa ngantuk

Foto: Orami Photo Stock

Air berkarbonasi adalah cara yang bagus untuk mengganti air biasa. Tambahkan sedikit lemon atau jeruk nipis untuk menambah rasa asemnya. Irisan jeruk dan mentimun atau daun mint juga merupakan tambahan yang bagus untuk air bersoda ini.

Jenis minuman ini akan membuat kita terhidrasi sehingga menjaga tingkat energi tetap tinggi. Karenanya rasa ngantuk akan hilang dan tubuh lebih waspada. Menyenangkan bukan minum minuman penghilang ngantuk selain kopi?

Baca Juga: 4 Resep Smoothie Penambah Energi, Bikin Moms Anti Ngantuk

3. Teh Hijau

menghilangkan rasa ngantuk

Foto: Orami Photo Stock

Selain kopi, teh juga menjadi penambah energi yang baik. Bahkan teh melepaskan kafein ke dalam tubuh lebih lambat daripada kopi, sehingga termasuk minuman yang menghilangkan rasa ngantuk dan memungkinkan kita untuk merasa lebih santai dan fokus.

Dilansir dari jurnal yang diterbitkan oleh Department of Experimental Psychology, University of Bristol, penelitian telah menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja pada kewaspadaan seseorang dan saat mengemudi saat mendapatkan tidur cukup dan kurang tidur.

Jenis minuman ini akan membantu kita menghindari kegugupan yang sering didapatkan dari kopi, terutama jika tubuh sangat sensitif terhadap kafein.

Teh hijau merupakan pilihan yang bagus karena mengandung L-theanine, asam amino yang akan membantu kita berkonsentrasi. Juga terbukti mampu mencegah kanker dan meningkatkan metabolisme.

4. Es Krim

menghilangkan rasa ngantuk

Foto: Orami Photo Stock

Sedang berada di tengah jalanan yang macet, ditambah dengan udara yang panas, wajarlah jika pikiran menjadi sangat suntuk. Selain menghadirkan rasa dingin yang segar di kerongkongan, es krim juga akan menyegarkan pikiran kita.

Rasa manis dan segar yang dimiliki es krim mampu membuat mata melek dan kembali bersemangat. Coba saja saat mulai ngantuk, mulai konsumsi es krim, dijamin mata akan melek segar seketika.

Baca Juga: Selalu Merasa Ngantuk Meski Tidur Cukup? Ini 5 Penyebab yang Mungkin Terjadi

5. Air Putih

menghilangkan rasa ngantuk

Foto: Orami Photo Stock

Tidak salah memang jika air putih dijadikan sebagai minuman utama yang harus dikonsumsi setiap hari. Air putih ini memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya sebagai minuman yang menghilangkan rasa ngantuk.

Salah satu alasan kenapa rasa kantuk menghampiri adalah karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk itulah, kita perlu mengisi ulang tubuh dengan cairan yang dibutuhkan.

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi air putih cukup setiap hari juga akan membantu detak jantung bekerja lebih baik, dan aliran darah menjadi lancar. Jadi minum air putih setiap hari ya!

6. Minum Cokelat Hitam

menghilangkan rasa ngantuk

Foto: Orami Photo Stock

Selain memberikan kita rasa senang dan bahagian, rupanya cokelat juga memiliki fungsi lain lho, yaitu menghilangkan rasa ngantuk. Namun cokelat yang dimaksud di sini adalah cokelat hitam ya Moms.

Dark chocolate atau cokelat hitam bisa Moms konsumsi saat mata mulai terasa sepat. Kandungan endorfin yang cukup tinggi pada cokelat hitam akan membuat tubuh kita menjadi lebih berenergi. Selain itu, kandungannya juga merangsang fungsi otak untuk bekerja dengan fokus lho! Moms pencinta cokelat bukan nih? Pastikan kadar coklatnya pas ya, supaya semakin nendang dan ampuh membuat kita semakin terjaga ya.

7. Smoothies

menghilangkan rasa ngantuk

Foto: Orami Photo Stock

Daripada Moms minum kopi melulu atau meminum minuman kemasan, cobalan untuk minum smoothies! Minuman yang terbuat dari buah-buahan ini lebih berkhasiat, sehat, segar, dan lezat. Kandungan gizi dari buahnya dan rasa manis alami akan sangat baik untuk tubuh kita.

Jadi gak cuma bikin melek, minum smoothies juga bisa menyehatkan dan membuat perut kita kenyang. Supaya semakin lezat dan bermanfaat, pas membuat smoothies, campurkan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, ya!

Itu dia Moms beberapa minuman yang bisa menghilangkan rasa ngantuk, selain kopi, si rajanya, Moms bisa mencoba berbagai minuman lainnya juga lho!

Artikel Terkait