SELEBRITI
27 November 2019

Kontroversi Agnez Mo Soal Keturunan Indonesia, Ini Kronologinya

Seperti apa kronologi kejadiannya?

Sumber: instagram.com/agnezmo

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernyataan yang diungkapkan Agnez Mo tengah menjadi kontroversi karena dianggap tidak mengakui bahwa dirinya berkebangsaan Indonesia.

Pernyataan tentang darah atau keturunan yang muncul dalam sebuah potongan video wawancara Agnez Mo dengan Kevan Kenney dari talkshow Youtube Build Series milik Yahoo Entertainment ini sontak memicu kontroversi dari berbagai kalangan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Ternyata Menjadi Kunci Sukses Agnez Mo

Potongan video ini menjadi viral seketika. Menanggapi video ini, netizen dan beberapa artis pun angkat bicara. Ada yang mendukung Agnez Mo dan mencoba memaklumi isi potongan video tersebut, namun ada juga yang tidak.

Seperti apa kronologi kejadian ini sebenarnya? Lihat di bawah ini.

1. Membahas Single Terbaru

agnez mo

Foto: instagram.com/agnezmo

Video Agnez Mo yang viral dan menuai kontroversi tersebut merupakan sebuah cuplikan atau potongan video saja, yang Agnez Mo lakukan bersama Kevan Kenney dari Build Series, bukan sebuah video utuh.

Dalam video wawancara yang tayang pada Jumat, 22 November 2019 ini, sebenarnya membahas single terbaru Agnez Mo berjudul Diamond. Namun, Kevan juga bertanya kepada Agnez Mo soal keberagaman budaya Indonesia.

2. Keberagaman Indonesia

agnez mo

Foto: instagram.com/agnezmo

Menanggapi pertanyaan tersebut, Agnez Mo membenarkan bahwa Indonesia kaya akan keberagaman budaya.

Ia mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali pulau dengan pakaian tradisional yang berbeda, juga alat musiknya.

Bahkan musik yang dihasilkan pun beragam. Agnez Mo juga mengatakan bahwa dirinya sudah terbiasa tumbuh di antara budaya yang beragam itu sejak kecil.

Baca Juga: Enggak Nyangka, 6 Karakter Komik Ini Ternyata Orang Indonesia, Lho!

3. Pertanyaan Mengenai Mengapa Agnez Mo Berbeda

agnez mo

Foto: instagram.com/agnezmo

Layaknya sebuah wawancara, pertanyaan pun mulai dilanjutkan. Jawaban Agnez di sinilah yang dipotong dan kemudian menjadi viral.

Kevan bertanya tentang Agnez Mo yang ia pikir berbeda dari orang lain, dari wawancara yang ia baca sebelumnya. Menanggapi pertanyaan ini, Agnez Mo pun menjawab bahwa dirinya sebenarnya tidak memiliki darah Indonesia.

“Karena saya sebenarnya tidak memiliki darah Indonesia sama sekali. Jadi saya sebenarnya (berdarah) campuran Jerman, Jepang, China. Saya hanya lahir di Indonesia,” ucap Agnez Mo dalam wawancara tersebut.

Potongan hasil wawancara pada bagian inilah yang kemudian dipotong dan cuplikannya disebarluaskan banyak orang, karena menganggap Agnez Mo mengingkari dirinya sebagai orang Indonesia.

4. Ditanggapi Fadli Zon

agnez mo

Foto: tirto.id

Menjadi viral, Fadli Zon pun tidak ingin ketinggalan mengomentari hal ini. Dilansir dari laman Kompas, Fadli Zon mengatakan bahwa Agnez Mo seperti tidak mengakui bahwa ia terkenal dan memiliki nama besar di Indonesia.

Ia pun mengibaratkan Agnes seperti Malin Kundang yang durhaka kepada orang tua.

Baca Juga: Mantan Penyanyi Cilik Ramai-Ramai Remake Cover Album Masa Kecil Mereka, Siapa yang Paling Ngangenin?

5. Agnez Mo Angkat Bicara

agnez mo

Foto: instagram.com/agnezmo

Pembelaan diri tentu harus dilakukan oleh Agnez Mo agar kesalahpahaman ini tidak berlarut-larut.

Melalui akun Instagram-nya, @agnezmo, dirinya mengunggah cuplikan video yang memperlihatkan ketika ia mengatakan memasukkan unsur budaya Indonesia ke dalam musiknya, seperti contohnya mengenakan gaun batik dalam video musiknya.

Cuplikan video ini disertai dengan sebuah keterangan panjang dalam bahasa Inggris, yang meluruskan pernyataannya yang viral.

Intinya, ia menyayangkan ada orang yang memelintir ucapannya dan tidak memberikan hasil wawancara utuh dengan Build Series. Agnez Mo pun mengatakan bahwa ia memaafkan setiap orang yang salah memahami dirinya dan mendoakan mereka.

Semoga perkara ini cepat selesai ya Moms, dan jangan mudah percaya pada hal-hal yang belum tentu pasti kebenarannya.

Artikel Terkait