SELEBRITI
29 Juli 2020

5 Kontroversi Parenting Shandy Aulia, Bagaimana Penjelasan dari Sisi Kesehatannya?

Unggahan foto dirinya memberikan madu untuk putrinya yang berusia 4 bulan salah satunya
placeholder

Foto: instagram.com/shandyaulia

placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika sebelumnya Shandy Aulia kerap menuai kritik karena gaya berpakaiannya yang dinilai terlalu seksi, kini pemeran Tita dalam film Eiffel I'm in Love itu kembali menuai kontroversi karena unggahan foto dirinya memberikan madu untuk putrinya yang berusia 4 bulan, Claire Herbowo.

Tindakan tersebut sontak menimbulkan kehebohan oleh netizen. Sebab, meskipun madu kaya manfaat, tapi madu berbahaya apabila diberikan pada bayi yang belum genap berusia 1 tahun.

Hal ini karena madu mengandung bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan botulisme sehingga membahayakan bagi kesehatan usus bayi.

Baca Juga: Madu untuk Bayi, Bolehkah?

Kontroversi Shandy Aulia dengan Anaknya

Tak hanya kali ini tindakan Shandy Aulia menuang kontroversi banyak netizen. Sedikitnya, ada lima kontroversi lain yang pernah dilakukan oleh Shandy Aulia tapi menghebohkan banyak orang.

1. Memberikan MPASI pada Putrinya yang Berusia 4 Bulan

5 kontroversi Shandy Aulia

Foto: instagram.com/shandyaulia

Pada channel Youtubenya, Shandy Aulia membagikan momen ketika dirinya memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk buah hatinya.

Hal ini lantas menuai perdebatan netizen karena menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mpasi seharusnya dilakukan pada bayi yang berusia 6 bulan.

Hal senada juga diutarakan oleh dr. I.G.A.N Partiwi, SpA, MARS dalam laman situs pribadinya menyebut bahwa pada usia 6-9 bulan, sistem pencernaan bayi sudah siap menerima makanan padat yang disaring.

Selain itu, pada usia ini, sistem kekebalan tubuh bayi juga sudah lebih baik sehingga tidak rentan terkena alergen (pemicu alergi) dari makanan yang dikonsumsi.

Meski begitu, Shandy Aulia menjelaskan bahwa ia sudah berkonsultasi dengan dokter pribadinya sebelum memberikan MPASI pada Claire.

Menurutnya, hal ini dilakukan karena daya mengecap Claire sudah baik.

Baca Juga: Shandy Aulia Berikan MPASI untuk Claire Herbowo, Ini Bahaya MPASI Dini

2. Potret Anak Berdiri di Usia 4 Bulan

5 kontroversi Shandy Aulia

Foto: instagram.com/shandyaulia

Kontroversi lainnya datang ketika Shandy Aulia mengunggah foto anaknya yang sedang berdiri sambil berpegangan pada tangan Shandy di akun Instagram pribadinya. Hal ini lantas membuat netizen heran.

Sebab, banyak netizen yang berpendapat bahwa bayi berusia 4 bulan tidak boleh diberdirikan.

Menurut Profesor Hermundur Sigmundsson dari Departemen Psikologi Universitas Sains dan Teknologi Norwegia menyebut bahwa biasanya bayi mulai berdiri dan berpegangan pada usia 6,5 hingga 8,5 bulan, lalu pada usia 8-10 bulan bayi mulai mengangkat tubuh ke posisi berdiri.

Barulah pada rentang usia 9-11,5 bulan bayi mulai belajar berdiri selama 2 detik dan pada usia 10,5 - 14 bulan bayi mulai bisa berdiri tanpa bantuan.

Meski begitu, Sigmund mengungkapkan bahwa sebagian bayi mampu berdiri dengan bantuan pada usia 2-4,5 bulan. Bahkan beberapa bayi yang mengikuti kursus renang bisa berdiri lebih cepat dibandingkan bayi biasanya.

Baca Juga: Shandy Aulia Umumkan Kehamilan, Ini Faktanya!

3. Tetap Langsing Meski Hamil 8 Bulan

5 kontroversi Shandy Aulia

Foto: instagram.com/shandyaulia

Kehamilan Shandy Aulia tak luput dari komentar netizen. Banyak netizen yang heran melihat kondisi tubuh Shandy Aulia yang tetap langsing meskipun sedang hamil 8 bulan.

Shandy mengaku bahwa selama hamil, berat badannya naik 9 kg menjadi 55kg dari sebelumnya 46 kg.

Shandy pun menjelaskan bahwa setiap ibu hamil memiliki genetik yang berbeda sehingga tidak perlu membanding-bandingkan kondisi dengan orang lain.

Terkait hal ini, menurut Pusat Pencegahan dan Perlindungan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut bahwa selama kehamilan ibu hamil normalnya bertambah berat badan antara 9 hingga 14 kilogram.

Baca Juga: 6 Momen Ibu-Anak Shandy Aulia dan Claire Herbowo

4. Anak Shandy Aulia Disebut Kurus

5 kontroversi Shandy Aulia

Foto: instagram.com/shandyaulia

Salah seorang netizen mengomentari jawaban Shandy Aulia pada kolom QnA Instagram Story mengenai tinggi dan berat badan putrinya.

Netizen tersebut menyebut bahwa tinggi dan berat badan Claire tidak sesuai dengan bayi seusianya dan dinilai terlalu kurus.

Membaca hal itu, Shandy Aulia pun geram. Ia menyebut bahwa netizenlah yang kekurangan gizi hingga berkomentar demikian.

Sementara itu, menurut Healthline, rata-rata berat badan bayi perempuan berusia 3 bulan hingga 6 bulan ialah 5,2 kg hingga 7 kg.

Sehingga berat badan Claire yang mencapai 5,7 kg di usia 4 bulan sudah sesuai dengan rata-rata berat bayi di dunia.

Baca Juga:5 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil

5. Olahraga Pilates saat Trimester Pertama

5 kontroversi Shandy Aulia

Foto: instagram.com/shandyaulia

Saat memasuki usia kehamilan 3 bulan, Shandy Aulia memilih pilates sebagai olahraga favorit selama masa kehamilan. Shandy merasa bahwa pilates memberikan manfaat yang luar biasa untuknya selama hamil di bulan ketiga.

Meski begitu, banyak warganet yang mengkhawatirkan kondisi tubuh Shandy Aulia. Menurut netizen, olahraga pilates terlalu berbahaya bagi ibu hamil.

Meski demikian, jika pilates dilakukan dengan cara yang tepat dan waktu yang sesuai maka akan memberikan manfaat bagi tubuh.

Mulai dari memperkuat otot, mengontrol berat badan, mencegah varises, kaki bengkak, sakit pinggang hingga berpengaruh baik untuk mood ibu hamil.

Itulah lima kontroversi mengenai Shandy Aulia dari masa kehamilan hingga melahirkan putri cantiknya. Semoga sehat selalu, ya Shandy dan Si Kecil.

Baca Juga: Shandy Aulia Lakukan Pemotretan dengan Tema Karantina di Rumah

Artikel Terkait