SHOPPING
29 April 2019

Kopdar Grup Orami Toddler Moms, Tekankan Pentingnya Stimulasi Anak di Periode Sensitifnya

Stimulasi Si Kecil usia dini sesuai periode sensitifnya, Moms!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Sebagai bagian dari tumbuh kembangnya, Moms perlu memahami bahwa Si Kecil juga memiliki masa di mana ia menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Menurut Ivy Maya Savitri, S.P, M.M, Founder Rumah Montessori dan Praktisi PAUD, periode sensitif atau masa peka anak usia dini merupakan masa sementara dalam kehidupan anak di mana Si Kecil menjadi sangat sensitif terhadap aspek tertentu.

Pada masa ini, Si Kecil menunjukkan pola atau tingkah laku seperti: melakukan suatu kegiatan berulang-ulang sampai satu keahlian terbentuk (misalnya: eksplorasi tubuh, oral, sensori, kognitif).

Selain itu, anak juga menunjukkan vitalitas dan kesenangan dalam melakukan kegiatan tersebut. Beberapa masa peka anak ini mungkin terjadi bersamaan, atau bisa juga berurutan.

Karenanya, penting bagi orangtua untuk melakukan stimulasi yang tepat pada anak sesuai dengan periode sensitifnya. 

Berangkat dari hal ini, Orami Moms Community mengadakan acara Kopdar Orami Toddler Moms pada Kamis (25/4/2019) yang mengundang narasumber Ivy Maya Savitri, S.P, M.M, Founder Rumah Montessori dan Praktisi PAUD.

Berlokasi di KamoE! Montessori Learning Center, Teraskota, BSD City, Ivy menjelaskan tentang bagaimana stimulasi yang tepat untuk anak menggunakan metode belajar yang tepat.

Penting juga untuk mengetahui bahwa ada juga pembagian masa peka, yang didasari menurut metode belajar Montessori.

Baca Juga: Belajar Jadi Ayah yang Selalu Dukung Ibu dalam Kopdar Grup Orami Newborn

Ketahui Masa Peka Anak Dalam Proses Tumbuh Kembangnya

lrm export 21743035323136 20190428 173930137

Saat menjadi pembicara, Ivy menjelaskan, "Ibu juga perlu memahami indikator tumbuh kembang anak, agar dapat distimulasi sesuai usia dan bisa dievaluasi jika diperlukan."

Ivy mengungkapkan, jika metode belajar Montessori berbeda dengan metode belajar sekolah pada umumnya, karena melibatkan indera tubuh dan mengajak anak untuk menjadi pembelajar yang mandiri.

"Pendidikan montessori itu menerapkan pendidikan yanng melibatkan seluruh indera tubuhnya, filosofinya, cara penyampaiannya, juga punya SOP sendiri. Metode ini ditekankan kepada kemandirian, kesenangan, dan kenikmatan dalam mempelajari sesuatu," jelas Ivy saat diwawancarai Orami.

Acara yang berlangsung dari jam 15.00 sampai 17.00 WIB ini dihadiri oleh para ibu-ibu dari anggota Orami Moms Toddler. 

Pemilihan tempat di KamoE! Montessori Learning Center dilakukan agar Si Kecil dapat bermain secara leluasa tanpa merasa dibatasi, sembari para ibu mendengarkan penjelasan dari narasumber mengenai masa peka anak.

Baca Juga: Kopdar Grup Orami Pregnant, Ajak Pasangan Quality Time Menonton Film

Pahami Faktor Si Kecil Alami Keterlambatan Saat Tumbuh Kembang

lrm export 21783142865621 20190428 174010245

Tak hanya itu, Ivy juga menjelaskan agar para orangtua mengetahui faktor seorang anak mengalami keterlambatan akan indikator tumbuh kembang anak.

"Masalah keterlambatan tumbuh kembang bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti pola asuh, kurangnya stimulasi, hambatan spesifik dari lahir, kecelakaan, dan lain sebagainya," ungkapnya.

Ia menambahkan, "Penting agar orangtua menerima anak apa adanya, hindari penolakan, dan berikan kasih sayang. Ini agar anak jadi percaya diri dan memiliki imej diri yang positif."

Usai talkshow, para Toddler Moms diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber. Para penanya mendapatkan bingkisan menarik persembahan Orami.

Jika Moms ingin ikut serta dalam kegiatan menarik oleh Orami, Moms bisa ikut bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Grup ini terbagi ke dalam tiga kategori yang dapat disesuaikan untuk masing-masing kebutuhan, yakni grup Pregnant, Newborn, dan Toddler.

Beberapa keuntungan bisa Moms dapatkan jika ikut bergabung, seperti informasi seputar diskon, event, tips inspiratif, kuis, dan juga live chat with expert seperti dokter kandungan, dokter anak, psikolog, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Bila Moms tertarik untuk bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 untuk informasi lebih lanjut.

Nah, tunggu apalagi, yuk gabung di WhatsApp Group Orami Moms Community dan dapatkan banyak keuntungan, Moms!

(AP)

Artikel Terkait