KESEHATAN
3 Maret 2018

Kotoran Telinga Pada Bayi, Perlukah Dibersihkan?

Perlukan membersihkan telinga bayi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Anak saya umur 2 bulan, telinga kanannya ada kotoran, haruskah saya bawa ke THT atau dibiarkan saja dok?

Jawab:

Telinga bayi memang tidak perlu dibersihkan karena telinga memiliki mekanisme tersendiri untuk mengeluarkan kotoran dari dalam liang telinga. Seiring dengan pergantian kulit dalam liang telinga, semua kotoran akan terdorong keluar dari liang telinga.

Melakukan pembersihan telinga secara manual (misalnya dengan mengorek telinga menggunakan pembersih telinga ataupun cotton bud) justru dapat mengganggu proses ini dan menyebabkan mekanisme pembersihan telinga alami ini menjadi tidak berfungsi lagi.

Selain itu, membersihkan telinga secara manual dapat menyebabkan kotoran terdorong masuk lebih dalam serta menimbulkan cedera atau perlukaan pada kulit di liang telinga yang membuat telinga rentan terkena infeksi.

Sedikit kotoran dalam liang telinga tidak akan berbahaya dan tidak akan mengganggu pendengaran anak Anda. Bila memang kotoran telinga terlihat besar dan menutupi lubang telinga, Anda dapat membawa anak anda ke dokter spesialis anak atau dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan dan pembersihan telinga bila memang dibutuhkan.

Namun bila kotoran hanya terlihat menempel di tepi-tepi liang telinga, maka tidak perlu dilakukan apapun karena kotoran ini akan keluar dengan sendirinya.

Dijawab oleh dr. Yulliza Kurniawaty L

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait