RUPA-RUPA
24 Januari 2020

5 Cara Mengolah Buah Bit Jadi Hidangan dan Kudapan Enak

Enak dijadikan jus yang bisa langsung diminum
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tahukah Moms tentang buah bit? Apakah Moms suka buah ini? Atau membenci buah ini? Namun karena manfaatnya yang banyak, sebaiknya Moms dan keluarga harus banyak mengonsumsi buah ini. Buah bit adalah salah satu harta di dunia nabati, dan kita tidak boleh melewatkan buah ini dalam menu makanan kita.

Mungkin karena tidak biasa dengan rasanya, Moms dan keluarga merasa aneh jika memakannya secara mentah atau tidak dijadikan minuman atau masakan dengan campuran lainnya.

Baca Juga: Lezatnya Sup dari Buah Bit untuk MPASI Si Kecil

Namun tenang saja, buah berwarna merah yang cantik ini sebenarnya sangt bisa dijadikan berbagai hidangan makanan atau minuman yang enak. Jika Moms bingung, beberapa cara mengolah buah bit di bawah ini bisa ditiru

Mengolah Buah Bit Jadi Kudapan

1. Keripik Bit

buah bit

Foto: hock.id

Buah bit yang berwarna merah, menjadikannya mirip dengan ubi merah. Nah jika memikirkan ubi merah, salah satu cara terbaik untuk menikmatinya selain direbus adalah dengan dijadikan keripik!

Cara yang sama bisa Moms terapkan pada buah bit. Cara makan buat bit lain selain dimakan begitu saja layaknya buah, Moms bisa lho membuat keripik buah bit. Selain bisa dijadikan makanan sehat, juga bisa dijadikan camilan dikala lapar. Dijamin Si Kecil pasti akan ketagihan memakan keripik buah bit.

2. Buah Bit Panggang

buah bit

Foto: cookpad.com

Cara makan buah bit lainnya yang bisa kita coba adalah dengan memanggangnya. Proses pemanggangan akan membantu mengeluarkan rasa manis buah bit, dan karamelisasi gula alami dari buah ini akan memberikan rasa yang lezat.

Bersihkan buah, lalu pastikan buah bit dibungkus dengan aluminium foil saat dipanggang agar tidak mengering. Panggang dengan suhu 400 derajat celcius selama 1 jam 15 menit. Setelah itu, kupas buah dan bumbui dengan cuka balsamic dan kulit jeruk secukupnya.

Baca Juga: MPASI Pertama Sebaiknya Buah atau Serealia?

3. Bit Serut untuk Salad

buah bit

Foto: cookpad.com

Salad identik sebagai makanan yang sehat. Nah agar menu salad Moms lebih bervariasi, bisa ditambahkan buah bit dalam campuran salad yang dibuat. Selain diiris dengan tipis, Moms bisa memarutnya agar mudah dimakan.

Sebagai saosnya, kita bisa menggunakan yogurt tanpa lemak. Setelahnya tambahi juga dengan cuka balsamic dan sejumput rempah segar. Buah bit mentah dapat dijadikan sebagai salad segar yang dipenuhi serat tanpa harus dimasak!

4. Puree dari Buah Bit

buah bit

Foto: makananbayi-sehat.com

Perlu Moms ketahui, puree adalah makanan yang dilembutkan baik itu dengan blender, grinder, ditekan-tekan, atau yang sejenis. Untuk memastikan bahwa puree yang dihasilkan benar-benar lembut, terkadang perlu disaring.

Kita juga bisa membuat puree dari buah bit, bahkan bit termasuk buah yang rendah kalori. Satu cangkir bit hanya mengandung 59 kalori. Siapkan buah bit panggang, pasta wijen tahini, jus bawang putih, dan lemon. Haluskan semuanya lalu bumbui secukupnya.

Puree ini bisa dijadikan sebagai bahan cocolan untuk makanan kita, seperti mentimun, roti tawar, dan lainnya.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Bubur atau Tim untuk MPASI Si Kecil?

5. Jus Buah Bit

buah bit

Foto: hellosehat.com

Cara makan buah bit yang paling mudah dan sederhana tentu dengan menjadikannya sebagai jus! Jus buah bit ini juga sebenarnya lezat dan kaya akan serat.

Satu cangkir jus bit mengandung sekitar 5g serat dan setengah jumlah gula dibandingkan dengan satu cangkir jus jeruk segar, yang juga hanya mengandung 1g serat. Dari segi rasa, bit cocok hampir dengan semua buah atau sayuran, serta menambah warna cerah pada minuman jus.

Resep klasiknya adalah jus yang terdiri dari buah apel, bit, dan wortel yang dicampur menjadi satu. Namun jika ingin rasa yang unik, Moms bisa mencoba campuran buah apel, buah bit, dan jahe untuk mendapatkan rasa yang sedikit pedas.

Ingat, jangan memisahkan serat dari jus, karena serat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, juga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Itu dia Moms beberapa cara pengolahan buah bit yang bisa Moms kreasikan jika tidak ingin memakannya begitu saja. Coba praktikkan di rumah ya!

(AWD)

Artikel Terkait