KEHAMILAN
2 November 2019

KRL Luncurkan Pin Khusus Ibu Hamil, Ketahui Cara Mendapatkannya

Untuk mendapatkan pin Moms perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ibu hamil adalah salah satu penumpang yang berhak mendapatkan kursi prioritas di transportasi umum, tidak terkecuali di KRL.

Karena hal ini, PT KCI meluncurkan pin khusus ibu hamil, yang dapat membantu penumpang lain mengetahui jika ada ibu hamil dan bisa langsung diberikan tempat duduk di KRL.

VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba, menjelaskan bahwa ibu hamil dengan pin KRL tidak hanya dapat diberikan kursi prioritas, tetapi juga kursi umum.

"Tidak hanya kursi prioritas, namun juga kursi umum. Petugas juga akan sigap ketika ibu hamil membutuhkan kursi di dalam KRL," terangnya seperti dikutip dari Liputan6.com.

Baca Juga: Ini 6 Dampak Buruk Berdiri Lama di Kendaraan Umum Saat Hamil

Cara Mendapatkan Pin Khusus Ibu Hamil

pin ibu hamil krl.jpeg

Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com

Ada beberapa proses yang perlu dilakukan bagi para Moms yang sedang hamil untuk mendapatkan pin khusus ibu sebagai pengguna jasa KRL.

Pertama, ibu hamil terlebih dahulu menyiapkan beberapa data pribadi berikut ini:

  • Nama
  • Tanggal lahir
  • Alamat
  • No. KTP
  • No. KMT
  • No. Telp/HP
  • E-mail
  • Foto diri
  • Surat RS/Bidan tentang usia kehamilan atau prediksi kehamilan

Baca Juga: Hati-hati, Darah Tinggi Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan!

Karena pendaftaran secara online sudah ditutup, para ibu hamil bisa langsung mendaftar ke petugas passenger service di Stasiun KRL: Bekasi, Bogor, Juanda, Duri, Sudirman, dan Tanah Abang.

Moms juga bisa juga dengan mendaftarkan diri di komunitas yang ada di jalur KRL, seperti Bekasi, Depok-Bogor, Nambo, Serpong, dan Duri-Tangerang.

Jika sudah mendaftarkan diri, para ibu hamil bisa mengambil pin di komunitas atau stasiun yang telah disepakati pada saat mengisi formulir dan proses verifikasi.

Pin khusus ini akan memudahkan ibu hamil mendapatkan tempat duduk, dan membantu penumpang dan petugas KRL untuk mengetahui ibu hamil yang usia kehamilannya masih trimester pertama.

Baca Juga: Nyaman Naik Angkutan Umum Dengan 4 Tips Ini

Ibu Hamil Masih Sulit Mendapatkan Kursi di KRL

ibu hamil

Peluncuran pin khusus ibu hamil ini dilakukan tepat di Hari Pelanggan Nasional, Rabu, 4 September 2019.

Kehadiran pin khusus ibu hamil ini diawali dari pembicaraan antara PT KCI dengan komunitas kereta. Banyak ibu hamil muda yang secara fisik tidak terlihat hamil dan kesulitan mendapatkan kursi, bahkan kursi prioritas.

"Pin khusus ibu hamil ini bermula dari diskusi yang dilakukan PT KCI dengan komunitas KRL karena banyaknya keluhan ibu hamil yang tidak mendapatkan kursi, terutama untuk ibu hamil pada trimester pertama," jelas Anne mengutip Liputan6.com.

Nah, bagi para Moms yang sedang hamil sudah tidak perlu khawatir lagi karena tidak mendapatkan tempat duduk di KRL, ya!

Artikel Terkait